Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

10 Jurus Rahasia Sukses Memulai Bisnis Online

Jurus Rahasia Sukses Memulai Bisnis Online - Menjadi seorang internet marketing yang sukses dalam menjalankan bisnis online, ada beberapa jurus rahasia yang perlu Anda kuasai. Jurus ini sebagai rahasia terbesar beberapa internet marketing sukses yang jarang-jarang diketahui oleh banyak pelaku bisnis online karena kebanyakan dari mereka hanya tahu rahasia-rahasia yang bersifat praktis.

Asumsinya, Bila ada sebagian orang yang sukses mengantongi ratusan dollar setiap hari hanya dengan berjualan affiliate marketing di amazon, kenapa masih banyak orang yang tidak berhasil saat menjalankan bisnis yang serupa? Walau sebenarnya sama menggunkan internet dalam menjalankan bisnis, sama-sama makan nasi - okelah, kemungkinan bule makan spageti - , sama hidup di planet bumi, sama manusia, sama punyai otak, tetapi mengapa hasilnya dapat berlainan?

Tentu saja ini membuktikan bahwa Karakter dan Mindsetnya yang berbeda!

10 Jurus Rahasia Sukses Memulai Bisnis Online

10 Jurus Rahasia Sukses Memulai Bisnis Online

Nah berikut ini adalah 3 Jurus rahasia bisnis Online yang dimiliki oleh SEMUA internet marketer sukses yang akan menentukan karakter dan mindset Anda kedepannya sebagai seorang pebisnis online. 

1. Mempunyai Guru (Mentor) 

Inilah jurus yang pertama. Carilah seorang mentor yang mampu membimbing Anda untuk menjalankan internet marketing dengan benar. Jika kita mempunyai mentor yang tepat, tentunya kita juga akan lebih mudah belajar dan mendalami internet marketing. Kita bisa tahu step by step yang benar tanpa harus mengalami kegagalan terlebih dahulu seperti yang pernah dialami mentor kita atau orang lain. Semakin Anda menemukan mentor yang hebat, Anda juga akan semakin hebat. Apalagi ada istilah “murid bisa lebih hebat dari pada gurunya”. Yang perlu Anda lakukan sederhana, cukup ikuti apa petunjuk yang diberikan oleh mentor Anda! Jangan ngeyel. 

2. Mempunyai Rekan (Partner) 

Sir Edmund Hillary tercatat adalah pendaki gunung yang pertama kali menaklukan puncak Everst. Tapi tahukah Anda, ternyata Sir Edmund Hillary tidak menaklukan puncak Everest sendirian. Dia dibantu seorang pemandu Sherpa yaitu Tenzing Norgay, plus 150 pendaki profesional ditambah 750 orang pendukung perbekalan! Sekuat apapun fisik kita dan sehebat apapun kemampuan kita dalam mendaki gunung kita tidak mungkin bisa menaklukan puncak gunung sendirian saja. Hal yang sama juga berlaku pada pencapaian puncak sukses.

Kita tidak mungkin ke puncak sukses seorang diri. Kesuksesan kita tidak pernah lepas dari dukungan, bantuan dan pertolongan para “Sherpa” yaitu orang-orang yang bekerja sama dengan kita dalam satu tim. Bahakan sering kali orang-orang-orang yang berada dibalik layar dan tidak terlihat ternyata memberi kontribusi yang sangat penting untuk kesuksesan kita. 

3. Mempunyai Rival (Saingan) 

Jurus terakhir inilah yang terdengar sedikit ekstrim. Eits, jangan salah paham dahulu! Mempunyai rival disini bukan berarti cari-cari musuh, namun yang kita cari adalah dampak positifnya setelah kita mempunyai saingan. Memang apa sih dampak postifnya? 
  • Agar tidak kalah dalam persaingan, kita menjadi lebih berani mencoba sesuatu yang baru, banyak berinovasi dan lebih bergairah saat menjalankan bisnis kita.
  • Memiliki pembanding atau tolak ukur dimana kita bisa melihat hasil pekerjaan kita baik atau tidaknya. Sebab dengan adanya pesaing, akan terlihat apakah kita lebih baik atau lebih buruk.
  • Bertambahnya konsumen. Lho kok bisa? Tentu saja. Persaingan mau tidak mau akan memaksa semuanya untuk berkembang. Saat semuanya berkembang pasar baru pun segera terbuka. Produk yang satu akan saling melengkapi dengan produk yang lain. Contoh : Abdul adalah ahli dalam bidang SEO dan trafik website sedangkan Budi adalah ahli dalam Copywriter dan web desain. Kemudian munculah Charly yang ingin membeli produk milik Abdul dan Budi untuk memaksimalkan bisnis affiliate marketingnya. 
Tentu saja selain dampak positif pasti ada juga dampak negatifnya. Dampak negatifnya?

4. Riset Pasar

Lakukan riset pasar untuk tentukan produk mana yang disukai customer. Ini penting untuk membesarkan peluang produk Anda laris di pasaran. Nicolaus Edwin Wijaya, pemilik Karduskardus.com yang jual kardus kemasan siap pakai, memberikan anjuran: seharusnya produk yang dipasarkan ialah gabungan passion Anda dan yang diperlukan customer.

"Jadilah pelaku bisnis yang dapat menciptakan produk atau jasa sebagai solusi dari keperluan yang ada," terang pria yang sekarang sanggup mengantongi omset capai Rp 500 juta satu bulan ini.

5. Fokus pada Satu Produk Dahulu

Umumnya pebisnis pemula kebingungan pilih produk karena tergoda banyaknya kesempatan. Dengan menetapkan satu produk, maka mempermudah, baik untuk penjual atau pembeli.

Menurut Gilang Margi Nugroho, pebisnis kuliner Kepiting Nyinyir, dengan fokus pada satu produk, Anda bakal memperoleh market share yang masih tetap dan customer yang setia. "Bahkan juga, lebih bagus jika Anda lah sebagai brand dari produk itu," imbuhnya.

6. Mempunyai Pemasok yang Dapat Dihandalkan

Menurut Nicolaus, demikian telah memperoleh produk apa yang pas untuk dikembangkan sebagai dagangan, saatnya Anda pilih dan cari vendor/Supplier.

Ada dua opsi dalam bisnis online untuk mendapatkan penyuplai, yaitu dengan sistem reseller dan dropshipper.

Bila pilih sistem reseller, umumnya Anda harus mempersiapkan modal terlebih dahulu untuk stok barang. Makin besar online shop dengan tipe produk yang banyak, akan makin banyak juga modal yang Anda perlukan. Tetapi, Anda dapat jual langsung ke konsumen setia pada harga yang bisa diotak-atik sendiri.

Berbeda dengan reseller, Gilang menjelaskan, mekanisme dropshipping nyaris tidak membutuhkan modal, hanya perlu data paket internet karena semua produk yang Anda hadirkan akan disiapkan dan didukung penyuplai untuk sampai ke tangan customer . Maka, "Masing-masing mempunyai karakter yang lain," katanya.

7. Siapkan Taktik Marketing.

Pemain bisnis online telah sangat banyak, karena itu penerapan strategi marketing yang pas jadi kunci keberhasilan seterusnya.

Baik Nicolaus atau Gilang mereferensikan untuk membuat website dan akun sosial media (sosmed), buka lapak di website marketplace.

Untuk website, pilih situs hosting yang dapat dihandalkan. Memang, saat ini lebih banyak yang tawarkan jasa situs gratis.

Tetapi, jika Anda ingin serius mengurus bisnis online, pilihlah yang berbayar. "Supaya menyediakan semua layanan yang diperlukan," tutur Gilang.

Dan untuk sosmed, Facebook, YouTube, dan Instagram sebagai platform yang sekarang ini telah terbukti kemampuannya. Janganlah lupa memberikan nomor kontak yang jelas dan memberikan tanggapan yang cepat ke konsumen setia.

Untuk yang menggelar lapak di marketplace, lakukan proses membangun dan membesarkan brand alias branding yang pas agar terbentuk kepercayaan dari calon konsumen.

Djoko menerangkan, untuk dapat memenangi kompetisi sama-sama pelapak online, karena itu produk atau jasa yang Anda pasarkan harus kerap ada di website penelusuran Google.

Triknya, dengan mengurus keyword yang pas yang kerap dicari netizen atawa warganet. "Pokoknya, Anda harus belajar semuanya mengenai internet pemasaran," kata Djoko.

Tak lupa juga, rajin-rajinlah mengupload info, artikel, gambar, dan video ke media online yang Anda pakai. Ini menolong mempromokan nama online shop Anda.

Erwin mengutamakan keutamaan mengangkat peringkat online shop Anda. Karena, menurut dia, ini salah satu langkah efisien untuk memberikan keyakinan calon konsumen setia jika service di toko Anda dapat dipercayai.

8. Kembangkan Inovasi dan Kreasi.

Tidak dapat disangkal, di zaman digital yang demikian cepat perubahannya, karena itu keperluan pengembangan jadi penting. Baik pengembangan produk atau marketing.

Untuk produk, Erwin mengatakan, penyegaran penting supaya customer tidak jemu, terutamanya yang berkaitan makanan.

Dan untuk sistem promo, apa yang sudah dilakukan oleh Kepiting Nyinyir menjadi contoh. Dengan jual produk secara take away, pebisnis dapat mengirit banyak pengeluaran.

Begitupun dengan pemakaian video dan membuat saluran YouTube sendiri. Gilang mengatakan, ini sebagai langkah yang baik untuk menggandeng konsumen setia dari kelompok milenial yang condong lebih tertarik sama penampilan video.

9. Pantang Menyerah dan Terus Mencoba.

Sebagai pebisnis yang baru meniti usaha, penting untuk mempunyai dua pola pikir (pola pikir) itu tidak kecuali untuk pelaku bisnis online. "Keberhasilan tidak dapat tiba instant," tegas Erwin.

Walau mempunyai trend yang tetap bertambah, usaha online masih tetap punyai beberapa rintangan. Menurut Djoko, kecepatan koneksi internet yang belum rata di semua Indonesia menjadi salah satunya rintangan.

Lalu, bisnis online memerlukan waktu untuk membuat calon customer yakin untuk berbisnis dengan Anda. "Rintangan usaha online ialah membuat usaha dikenali secara cepat di tengah-tengah kompetisi yang ketat sekali," tutur Djoko.

Masih marak penipuan transaksi bisnis online ikut jadi kendala. Walaupun beberapa marketplace telah mempersiapkan mekanisme penyelamatan untuk faksi yang turut serta, tetap beberapa kasus masih terjadi.

10. Buatlah Rekening Pembayaran Dan fasilitasnya.

Di zaman digital seperti saat ini, harus mempunyai rekening yang mempunyai fitur untuk mempermudah transaksi bisnis.

Pakai fasilitas pembayaran seperti Paypal, kartu debet, kartu credit, dan pembayaran virtual yang lain. "Pokoknya, mempermudah konsumen setia dalam membayar," tutur Djoko.

Bisa juga dengan mempersiapkan rekening bank syariah untuk memuat beberapa customer yang ingin berbisnis dengan ide Islami. Walau sedikit, type customer semacam ini mulai berkembang.

Persaingan tidak sehat dan saling menjatuhkan terkadang tidak terhindarkan. Jangan cari yang ini! Beberapa tahun silam marak Black campaign atau kampanye hitam yang dilakukan oleh beberapa internet marketer untuk menjatuhkan lawan-lawan bisnisnya. 

Banyak situs-situs baru yang muncul tanpa diketahui identitas penulisnya dimana isinya hanya mengolok-olok suatu produk sekaligus nama pemiliknya. Puncaknya, debat terbuka di forum antara internet marketer satu dengan internet marketer lain tak terhindarkan lagi! Semuanya saling hujat, sugguh perbuatan yang sangat tidak terpuji! 

Punya rival bukan berarti punya musuh! Apakah Suwandi Chow dan Welly Mulia berival? Tentu saja YA Jika dilihat dari kaca mata bisnis karena keduanya menjual produk di market yang sama. Tapi apakah mereka saling bermusahan? Tidak kan? 

Meskipun 10 Jurus Rahasia Sukses Memulai Bisnis Online ini terlihat sederhana, sebenarnya jurus ini sangat susah lho. Kalau tidak percaya coba saja. Menemukan Mentor, Rekan sekaligus Rival yang tepat bukanlah perkara yang mudah.

Ada yang mau menambahkan?

Post a Comment for "10 Jurus Rahasia Sukses Memulai Bisnis Online"