Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Berjualan Online Produk Cakning Di TokoPedia

Rokanonline - Berjualan online produk cakning atau produk lainnya sekarang makin mudah. Tanpa menguasai programming-pun kita bisa berjualan online, karena sudah banyak penyedia toko online yang gratis maupun berbayar yang bisa kita manfaatkan.
Salah satunya adalah TokoPedia.com
Kami rekomendasikan Tokopedia.com menjadi salah satu ujung tombak penjualan karena saat ini Tokopedia sudah memiliki user dan traffic yang cukup banyak. Selain itu Tokopedia juga aktif beriklan di banyak media, yang mana nantinya jika kita berjualan di Tokopedia juga akan mendapatkan sebagian dari traffic (pengunjung) tersebut.
Tokopedia ini konsepnya adalah sebagai mall online, dimana di dalamnya banyak terdapat toko-toko online. Nah, kita sebagai pemasar produk tentunya nanti di tutorial ini kami akan berikan tutorialnya untuk membuka produk, hingga me-listing produk sehingga bisa tampil di mall Tokopedia.com.
Yang perlu Anda ketahui sebelum berjualan di Tokopedia:
  1. Di 1 account Tokopedia hanya bisa untuk berjualan 1 kota asal saja. Dan disarankan Anda menjual produk dari 1 vendor untuk tiap account Tokopedia Anda. Atau paling tidak Anda jual produk dari vendor yang berasal dari 1 kota yang sama. Ini karena di Tokopedia menggunakan perhitungan ongkir otomatis saat pembeli melakukan order. Jadi jika Anda ingin menjual produk Cakning yang berasal dari 2 vendor, maka bisa disiapkan 2 account Tokopedianya.
  2. Saat ada order di Tokopedia, maka Tokopedia akan menahan pembayaran dari pembeli Anda sampai barang diterima pembeli Anda. Jadi saat Anda mendapatkan order, Anda perlu modal untuk melakukan order di Cakning terlebih dahulu baru bisa memproses order Tokopedia Anda. Setelah pembeli menerima barang, Tokopedia langsung merilis pembayaran ke rekening Anda.

Caranya adalah sebagai berikut:

A. Daftar Account TokoPedia.com

1. Buka TokoPedia.com
2. Klik tombol Daftar Sekarang
3. Centang persetujuan Syarat dan Ketentuan, lalu klik tombol biru untuk Masuk dengan Facebook
4. Verifikasi email atau nomor HP Anda. Jika verifikasi nomor HP, maka klik tombol Verifikasi Sekarang untuk mendapatkan kode verifikasinya ke SMS HP Anda.
5. Masukkan kode verifikasi yang Anda terima melalui SMS di nomor HP Anda.
DONE! Anda sudah punya account di Tokopedia!
Sekarang saatnya membuat toko dan melakukan pengaturan toko Anda.

B. Pengaturan Toko

1. Jika belum memiliki toko di tokopedia, maka langkah pertama adalah membuka toko.
2. Lakukan setting sesuai field yang diminta. Isi data selengkap mungkin. Termasuk setting layanan kurir hingga option payment yang Anda inginkan, lalu klik tombol Buka Toko
3. Setelah toko Anda jadi, kini saatnya mengisi produk. Klik tombol Tambahkan Produk
4. Isi data produk Anda dengan selengkap-lengkapnya. Bagian judul, isikan dengan sebutan lazim dari produk Anda. Misalkan "Dompet Handphone". Lalu di keterangan bisa diisi dengan deskripsi produk. Isikan harga dan kolom-kolom lain yang diminta. Khusus untuk field Harga Grosir bisa dikosongkan (optional). Setelah semua field terisi, klik Simpan, atau klik tombol Simpan & Tambah Baru jika ingin tambah produk lain.
5. Setelah selesai, Anda bisa klik tombol Promosikan Produk Ini. Dengan klik tombol ini, maka produk Anda bisa muncul di halaman depan Tokopedia. Fitur ini dibatasi hanya bisa dilakukan tiap 1 jam untuk masing-masing toko.
6. Setelah selesai posting dan promosikan produk, kita coba buka tokopedia.com (halaman depan) lalu coba search sesuai judul produk yang tadi kita posting, misalkan "Dompet Handphone", dan ternyata sudah ada di hasil pencarian Tokopedia.
7. Ulangi posting untuk produk-produk yang lain. Dan jangan lupa baca petunjuk-petunjuk yang ada di Tokopedia baik itu mengenai kategori produk, etalase dll, agar toko online Anda rapi.

Untuk Pengaturan Toko yang terpenting adalah:

1. Profil Rekening bank.
Isi informasi reekening bank yang aktif, hasil penjualan produk anda akan ditransfer oleh tokopedia ke rekening ini setelah transaksi berhasil (pembeli sudah menerima produk ada dan konfirmasi tidak ada masalah dengan produk anda).
2. Toko saya Pengaturan produk.
Ini khusus penjual dimana anda melengkapi data produk yang anda jual meliputi nama produk, harga, berat produk, foto dan deskripsi lengkap mengenai produk anda.
Khusus tentang NAMA PRODUK, ini akan menentukan produk Anda bisa ditemukan pembeli atau tidak. Jadi pastikan Anda menulis nama produk yang tepat.
Nama produk ini tidak harus sama persis dengan nama produk yang ada di member area Cakning. Jika menurut Anda nama populer dari produk yang Anda jual itu berbeda dengan di member area, maka ikuti sesuai keinginan Anda.
Nama produk Anda juga sangat mungkin ditemukan di hasil pencarian Google.
3. Siapkan HP Anda agar bisa menerima email setiap saat. Lebih baik lagi jika Anda menyiapkan sebuah HP yang memiliki fasilitas push email, karena setiap ada order, tokopedia akan mengirimkan email dan Anda bisa dengan cepat meresponnya. Ini akan jadi nilai tambah di rating Toko Anda.
4. Jika menggunakan HP android, silakan install dan aktifkan aplikasi Tokopedia, karena notifikasi order dan pertanyaan calon pembeli bisa diakses lebih mudah dengan aplikasi android tersebut.
Tips Tambahan:
1. Jika Anda memiliki dana lebih, investasikan untuk melakukan upgrade toko Anda menjadi GOLD Merchant di Tokopedia. Dengan menjadi GOLD Merchant, toko Anda akan memiliki Pin emas di ujung gambar profile yang berguna untuk meningkatkan kredibilitas toko Anda di mata calon pembeli.
Keterangan detail tentang GOLD Merchant bisa dibaca di:
2. Investasikan juga dana Anda untuk membeli iklan di Tokopedia, yang disebut TopAds. Di TopAds ini, iklan Anda akan muncul di produk-produk sejenis yang sedang dilihat oleh calon pembeli. Pembayaran TopAds adalah per klik, dimana harga per klik bisa kita setting sendiri di interface TopAds.
Detail info tentang TopAds bisa dibaca di:
3. Tingkatkan jumlah penjualan untuk mendapatkan reputasi. Disarankan Anda juga menjual produk-produk dengan harga murah, agar Anda bisa meminta bantuan teman-teman Anda untuk membeli produk murah tersebut dari toko Anda di Tokopedia, lalu Anda minta review positif dari teman Anda di Tokopedia. 
Review ini nantinya akan muncul di cover profile toko Anda, dan ini akan sangat mempengaruhi pertimbangan untuk membeli dari calon pembeli. Bahkan Anda bisa menjual produk yang sama dengan harga yang lebih tinggi dari toko lain, dan produk Anda tetap yang mendapatkan order dibanding toko lain.
Kunci utama untuk sukses berjualan produk cakning di Tokopedia adalah: traffic  dan kredibilitas.
Traffic Anda dapatkan dengan beriklan di TopAds, kredibilitas Anda dapatkan dengan upgrade GOLD Merchant dan review positif dari teman.
Demikian artikel tentang Cara Berjualan Online Produk Cakning Di TokoPedia Semoga bermanfaat. 

Selamat Berjualan!

Post a Comment for "Cara Berjualan Online Produk Cakning Di TokoPedia"