Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Potensi Bisnis Digital Di Indonesia

InfoBisnis - Teknologi yang semakin maju membuat informasi begitu cepat tersebar sangat mempengaruhi dunia bisnis. Perkembangan bisnis di era digital kini menanjak tajam, nilai transaksi digital juga dalam kondisi mencengangkan. Cukup bertumbuh, walaupun perlu pengembangan dan konsistensi untuk merebut potensi pasar yang jumlahnya mencapai ratusan miliar dollar.
Bahkan untuk jadi ‘Raja ASEAN’, tantangan Indonesia cukup menarik untuk dicermati. “Potensi transaksi digital di Asia Tenggara mencapai angka USD 200 miliar. Hebatnya, 50% dari jumlah tersebut potensial pasarnya ada di Indonesia,” ucap Henky Prihatna, Indonesia Country Consultant Google Indonesia dalam sambutannya  di ajang penghargaan Indonesia Digital Popular Brand Award 2016 yang digagas TRAS N Co Research bekerjasama dengan IM Focus dan Bisnisupdate.com beberapa waktu lalu.
Menurut Henky, dunia e-commerce menggunakan parameter GMP (Gross Merchandising Value) yang mengukur berapa revenue terjadi di online. “Di Indonesia itu ternyata baru 1%. rendah sekali. Tapi yang menarik adalah pertumbuhannya besar sekali, peluang ini yang harus kita garap dan kita rebut sehingga bisa jadi leader di ASEAN,” tuturnya.
Dengan diadakannya penghargaan Indonesia Digital Popular Brand 2016, Hengky menyatakan, dirinya sangat mengapresiasi ajang ini. “Sangat bagus sekali ada awarding Indonesia Digital Popular Brand, jadi kita tahu bahwa sekarang digital itu penting. Karena konsumen kita sudah pindah dari konvensional ke online,” tambahnya.
Hengky menjelaskan, Indonesia memiliki potensi yang besar untuk going digital dan konsumen pun mulai berubah. Konsumen saat ini sangat akrab dengan dunia digital. Misalnya dengan Google. Konsumen mencari dari hal terpenting hingga hal terkecil. Apalagi soal brand.
“Orang paling banyak mencari di google search. Jadi biasanya orang mencari barang hingga mendetail ke brandnya. Misalanya saya mencari mobil warna hijau dengan brand tertentu untuk membeli. Ya, sekarang orang lebih detail,” jelasnya. Tak salah jika pemilik brand juga harus mulai jeli melihat pergeseran pasar dan mulai fokus memaintain opportunity di dunia digital. 
Sumber : 

Post a Comment for "Potensi Bisnis Digital Di Indonesia"