Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kelebihan Dan Kekurangan MarketPlace Bagi Penjual Online, Sudah Tahu Belum ?

Untuk Anda pebisnis online yang sudah lama berkiprah dalam dunia juel beli, istilah marketplace tentu tidak asing lagi bagi anda. Nah dalam bisnis online #ecommerce, marketplace sebagai media berjualan online merupakan media layanan yang mempertemukan antara penjual dan pembeli dengan menggunakan sistem yang aman saat bertransaksi antara penjual dan pembeli. 


Marketplace biasanya menggunakan bank bersama saat melakukan transaksi, sistemnya saat pembeli membeli barang yang dipesan kepada penjual, pembeli mentransfer uang pembeliannya ke pihak pengelola marketplace dan kemudian di teruskan kepada pihak penjual. Saat barang yang dipesan tidak sesuai dengan apa yang dideskripsikan oleh penjual dalam marketplace tersebut, maka barang bisa diretur atau dikembalikan kembali ke pihak penjual, dan dana yang sudah di transfer kepihak marketplace tersebut bisa kembali lagi ke pembeli. 

Di Marketplace anda sebagai pembeli bisa membedakan penjual berkualitas dan terpercaya dengan penjual yang kurang berkualitas. biasanya di marketplace menggunakan sistem rating ataupun feedback untuk menilai mana penjual yang baik atau tidak, dimana sistem rating dan feedback tersebut berasal dari transaksi yang berhasil dan juga penilaian pembeli terhadap penjual dimarketplace tersebut.

Keberadaan marketplace ini tentu sangat dibutuhkan sekali bagi para pebisnis online untuk meningkatkan penjualan produknya. Namun Bagi anda yang ingin terjun berjualan online di #Marketplace ketahui dulu kelebihan dan kekurangannya sebelum menentukan langkah yang tepat untuk bertarung dalam sebuah marketplace. Berikut ulasan kelebihan dan kekurangan Marketplace Bagi Penjual Online.

Kelebihan Marketplace


Adapun Kelebihan Marketplace untuk berjualan online adalah sebagai berikut :


1. Di MarketPlace Jualan Online Jadi Lebih Mudah

Berdagang di Marketplace sangat mudah apalagi bagi Anda pengusaha pemula yang belum memiliki sistem dan prasarana penjualan. Anda hanya perlu membuka akun, memposting dagangan Anda lalu memberikan keterangan.

2. Marketplace Itu Tempat Berkumpulnya Para Pembeli

Sebagai pasar, banyak pedagang yang menjajakan dagangannya di sana, demikian pula juga pasti banyak pembeli yang bersliweran. Ini merupakan keuntungan tersendiri bagi penjual, karena tidak perlu repot – repot mendatangkan pengunjung atau calon konsumen. Tinggal memanfaatkan dan memaksimalkan keberadaan mereka dengan baik.

3. Di MarketPlace Itu Ada Banyak Pedagang Bisa Bertukar Informasi

Selain pembeli, keberadaan pedagang yang banyak juga bisa Anda manfaatkan dengan saling sharing. Bina hubungan baik dengan masing – masing pedagang agar bisa berbagi tentang apapun berkait dengan bisnis. Baik hambatan, rintangan atau apapun itu yang bermanfaat untuk bisnis Anda.

4. Sistem Transaksi Di MarketPlace Menggunakan Rekening Bersama Untuk Keamanan

Biasanya dalam menjaga keamanan dalam bertransaksi online, pihak marketplace akan menyediakan rekening bersama. Rekening bersama sangat bermanfaat baik bagi pembeli maupun pedagang. Keadaan yang lebih terjamin bisa membuat konsumen lebih nyaman dalam berbelanja.

5. Tersedia Layanan Promosi Gratis Dari marketplace

Biasanya marketplace menawarkan banyak promosi untuk klien mereka. Ini sangat bermanfaat bagi Anda untuk lebih mengenalkan produk Anda ke konsumen. Lebih hemat karena promo dilakukan oleh pihak marketplace sendiri. Jadi jika Anda ingin memasuki sebuah marketplace, salah satu kriteria yang penting adalah seberapa besar promo yang dilakukan dari manajemen marketplace tersebut.

6. MarketPlace Menyediakan Banyaknya Produk

Oleh karena Marketplace itu tempatnya banyak pedagang yang berjualan online sudah pasti marketplace tersebut menyediakan banyak produk untuk di beli para konsumen yang berkunjung. Dan bisa membuat konsumen semakin tertarik karena bisa memilih berbagai macam jenis produk di marketplace. Sehingga bisa membuat konsumen menjadi semakin betah berbelanja dalam marketplace. Tentu saja menjadikan peluang produk Anda terjual semakin besar.

Kekurangan Marketplace


Adapun Kekurangan MarketPlace untuk berjualan online adalah sebagai berikut :


1. Persaingan Terbuka Antar Penjual Seperti Produk Dagangan Yang Sama

Banyaknya para pedagang bahkan dengan jenis dagangan yang sama membuat marketplace sebagai wadah persaingan terbuka antar penjual. Hal ini mungkin akan membuat barang yang anda tawarkan sulit terjual. Namun hal tersebut dapat diatasi dengan cara berikut. Manage-lah akun jual-beli anda dengan baik. Management akun marketplace yang baik seperti pelayanan fast response, jujur dan detail dalam memberikan deskripsi produk serta ramah dalam pelayanan.

Persaingan antara masing – masing penjual yang ada dalam sebuah marketplace bisa sangat merugikan jika tidak Anda manage dengan baik. Saling menjatuhkan dan bahkan saling serang secara langsung bisa saja terjadi. Perselisihan ini akan merugikan penjual sendiri. Namun jika masing – masing penjual bisa bersaing dengan sehat, tentu yang paling diuntungkan adalah pembeli.

2. Keberlangsungan Situs Website yang Tidak Terjamin

Keberlangsungan roda penjualan dan pembelian di marketplace sangat bergantung pada pengelola. Bisa saja situs tersebut tutup atau membuat kebijakan baru yang merugikan Anda sehingga dengan sistem ini memang penjual tidak memiliki kuasa penuh. Dan yang terkenal pun adalah situs tersebut, bukan produk Anda. Anda tidak dapat memperkuat branding produk Anda jika menggunakan sistem ini.

3. Iklan Dari Penjual Lain Sering Masuk Dan Bisa Mengganggu Omset Penjualan

Iklan dari penjual yang tidak bertanggung jawab kadang sering masuk. Baik Iklan Berbayar / Premium yang digunakan oleh pedagang lain dan bisa sangat berpengaruh tehadap omset bulanan kita, terlebih pedagang yang beriklan menawarkan barang dan jasa yang menyerupai dengan apa yang kita jual dan tawarkan kepada pembeli. Dan secara tidak langsung hal ini menjadi masalah bagi produk yang kita jual di marketplace. Tidak semuanya, namun kebanyakan penjual yang tak bertanggung jawab akan beriklan tanpa permisi. Dalama hal ini sebuah regulasi dari marketplace diharapkan perannya.

Hal ini tidak bisa dibiarkan saja ketika hal tersebut terjadi. Harus ada pihak yang bisa mengatur tentang bagaimana etika dalam beriklan di sebuah marketplace.

4. Fitur Searching Tidak Tertarget Pada Produk Kita Saja

Marketplace sebagai sebuah pasar bersama, tentu banyak penjual yang memiliki satu produk yang sama. Nah, dalam fitur searching yang ada dalam sebuah marketplace, tidak akan mengarah pada produk kita saja namun produk yang sama dari penjual yang lain tentu akan muncul dan akan ada banyak hasil pencarian yang serupa dengan barang dan jasa yang kita tawarkan disana. Apabila produk kita tidak bisa bersaing dengan yang penjual lain, maka tentu konsumen tidak akan pernah memilih produk yang kita jual di marketplace tersebut. Anda harus bisa memanfaatkan feature iklan berbayar dengan hati - hati dan terkonsep dimarketplace tersebut.

Beberapa Situs MarketPlace Yang Ada Di Indonesia


1. Marketplace Lazada Indonesia

Situs marketplace lazada indonesia adalah marketplace terlaris di Indonesia yang menjual atau menawarkan berbagai macam jenis produk seperti produk fashion, gadget, buku, aksessoris, perlengkapan bayi, perlengkapan travelling, alat kesehatan, alat olahraga dan mainan anak.

Di indonesia lazada telah berdiri sejak tahun 2012 yang merupakan cabang anak dari retail online lazada yang tersebar dibeberapa penjuru negara di asia tenggara. Lazada merupakan salah satu jenis situs bisnis e commerce marketplace, yang secara resmi diluncurkan dan didukung pendanaan oleh rocket internt yakni sebuah perusahaan e commerce dari jepang.

2. MarketPlace Tokopedia

Marketplace ini merupakan penguasa pasar lokal Indonesia setelah berhasil mengalahkan 2 raksasa marketplace sebelumnya, yaitu Plasa.com milik Telkom-ebay dan Multiply milik MIH. Sejak berdiri pada tahun 2009 hingga sekarang, Tokopedia sudah memiliki lebih dari 770 ribu produk dan telah menjual total 13,4 juta barang pada tahun 2014. Dipimpin oleh William Tanuwijaya dan Leontinus Alpha Edison, marketplace ini berada di ranking 32 se-Indonesia berdasarkan ranking Alexa.

3. MarketPlace BukaLapak

Marketplace BukaLapak adalah pesaing berat dari Tokopedia. Kedua marketplace ini adalah contoh dari marketplace yang telah berhasil menembus persaingan dengan marketplace lainnya dan menjadi salah satu marketplace paling populer di Indonesia. Website yang didirikan oleh Achmad Zaky ini sudah memiliki lebih dari 400 ribu barang aktif. Jumlah transaksinya dalam satu hari sudah mencapai angka Rp500 juta. Saat ini BukaLapak tidak hanya bisa diakses dengan website saja, tetapi juga melalui aplikasi mobile, sehingga memudahkan penggunanya. BukaLapak ada di posisi ke 43 di Indonesia berdasarkan ranking Alexa.

4. MarketPlace Rakuten

MarketPlace Rakuten awalnya berada di bawah naungan MNC Group, sebuah perusahaan media raksasa di Indonesia. Namun saat ini Rakuten sudah berpisah dengan MNC dan mulai berjalan sendiri. Anak perusahaan dari raksasa e-shopping Jepang ini masih yakin dan optimis bahwa dia akan mendapatkan pasarnya tersendiri di marketplace Indonesia. Ranking yang diraih Rakuten saat ini adalah ke 447 di Indonesia menurut ranking Alexa.

5. MarketPlace Elevenia

Marketplace ini terhitung masih baru di ranah marketplace Indonesia. Awal pertama kali marketplace ini beroperasi adalah tanggal 1 Maret 2014. Elevenia merupakan hasil kerjasama dari XL Axiata dengan perusahaan layanan online dan mobile asal Korea Selatan SK Planet. Meski masih terhitung anak baru, namun Elevenia sudah memiliki tempat tersendiri di marketplace Indonesia dengan bermodalkan USD18.3 juta dari kedua perusahaan pemodal, Elevenia optimis untuk menjadi situs marketplace yang menguasai pasar Indonesia dalam jangka panjang. Saat ini Elevenia berada di ranking 157 di Indonesia menurut ranking Alexa.

Demikianlah ulasan tentang Kelebihan Dan Kekurangan MarketPlace Bagi Penjual Online, Semoga Bermanfaat dan Sukses Buat Jualan Online-nya !

Post a Comment for "Kelebihan Dan Kekurangan MarketPlace Bagi Penjual Online, Sudah Tahu Belum ?"