Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Waspada Hacker Penyusup Android, Bagaimana Cara Mereka Membobol SmartPhone Pintar Anda

Smartphone Android Bukanlah Barang asing lagi bagi setiap orang dizaman teknologi saat ini. Dengan semakin majunya teknologi smartphone pun menjadi kebutuhan yang wajib bagi banyak orang. Oleh karena menjadi kebutuhan penting bagi banyak orang, pihak produsen smartphone tersebut perlu mengembangkan keamanan untuk menghindari privasi para konsumen mereka agar tidak dicuri oleh pihak yang tidak bertanggung jawab seperti halnya hacker.

Banyak sekali cara yang dilakukan oleh para hacker untuk menyerang sistem jaringan maupun aplikasi pada para pemilik smartphone Android, ini mereka lakukan dengan tujuan untuk mencuri data, untuk merusak sistem, dan lainnya. Lalu Bagaimanakah Cara Mereka Membobol SmartPhone Pintar Android Anda.

1. Bisa Melalui Aplikasi Chatting
Melalui Aplikasi Chatting hacker akan meretas saat penambahan kontak baru, melalui panggilan tidak diketahui, melalui pesan, atau mengirim URL video. Lalu, dari sana si hacker akan mendapatkan informasi celah smartphone Android. Beberapa aplikasi yang berhasil diretas hacker antara lain, Hang Out, Skype, BBM, Whatsapp, Line dan beberapa aplikasi chating lainnya. sungguh berbahaya bila anda berbicara melalui aplikasi chat dengan orang yang tak dikenal karena sekarang ini hacker semakin pintar mencari celah keamanan. Ingat Waspadalah..

Solusinya, sebaiknya langsung dihapus atau block jika seseorang yang tidak dikenal menambahkan/ add kita sebagai teman. Jangan merespon pesan atau panggilan dari mereka, dan jangan membuka link URL yang mereka berikan.

2.  Bisa Melalui Certifi-Gate
Hacker juga bisa menyerang smartphone Android melalui celah pada Certifi-Gate. Implementasi mobile Remote Support Tool, yang mana tertanam pada Sistem Operasi Android yang dipasang oleh setiap pabrikan smartphone Android, inilah yang disebut oleh para hacker sebagai Certifi-Gate. Banyak sekali celah pada Certifi-Gate untuk masuk dan meretas.

Dengan adanya Certifi-Gate pada smartphone Android, memungkinkan plugin pihak ketiga untuk menduplikasi layar perangkat dan melakukan tindakan ke perangkat menggunakan certificate dari OEM (produsen/pabrik dari perangkat Android).

Bila berhasil dieskploitasi, Certifi-Gate memungkinkan aplikasi jahat akan mendapat akses tak terbatas pada perangkat kita tanpa kita sadari, bahkan bisa memungkinkan untuk mengakses data user dan melakukan tindakan yang harusnya hanya bisa dilakukan oleh pemilik smartphone.

Solusinya, sebaiknya download aplikasi terpercaya saja yaitu Playstore dan tidak sembarangan menginstall aplikasi, terutama yang bukan terdapat di Google Play Store maupun di luar toko aplikasi lain.

3. Bisa Melalui Kunci Sidik Jari
Awas hacker pun bisa menyerang lewat kunci sidik jari pada smartphone Android anda. Aplikasi kunci sidik jari baik yang aplikasi bawaan/ bloatware, maupun aplikasi yang kita instal dari Google Play atau tempat lain, sejatinya mudah sekali untuk dicuri datanya.

Para hacker ini masuk ke dalam smartphone kita melalui internet, lalu menyisipkan code untuk mencuri data dari kunci sidik jari. Jika sudah mendapat informasi ini, maka secara otomatis aplikasi akan melakukan hal-hal yang tidak kita lakukan, seperti tiba-tiba smartphone kita mengirim pesan sendiri, membuka browser sendiri, dan lainnya. Kode tersebut telah mendapatkan data dari smartphone kita, dan kode tersebut mengirim data kita melalui SMS atau MMS ataupun via internet.

Saran, hati-hatilah saat browsing di internet, hati – hati terhadap iklan dan aplikasi yang tiba-tiba minta diunduh. Tidak seperti milik iPhone, yang sulit sekali ditembus oleh para hacker.

4. Bisa Melalui MMS dan SMS
Cara yang keempat adalah melalui SMS dan MMS. Hacker bisa meretas smartphone Android melalui SMS dan MMS yang masuk ke dalam inbox/ kotak masuk secara otomatis. Ini bukan pesan biasa, melainkan pesan yang berisi code khusus yang telah disisipkan oleh para hacker.

Melalui pesan tersebut, hacker akan dengan mudah mendapat info keamanan dari smartphone Android anda apabila,

Kita membalas pesan tersebut. Secara otomatis merambah smartphone Android ketika pesan SMS tersebut diterima. Dan jika kita membalas pesan tersebut, maka hacker akan mendapat data smartphone kita.

Kita menekan link dan menuju URL yang ada di pesan SMS atau MMS. Dan URL itu akan mengarahkan kita pada sebuah website jebakan, yang mana disana informasi kita dikumpulkan.

Jika kita membuka gambar atau audio atau video singkat yang ada pada pesan MMS. Saat kita membuka semua media tersebut, maka code akan bekerja merambah seluruh smartphone Android kita. Dan code ini akan dikirim kepada hacker secara otomatis ketika kita terhubung ke internet.

Solusi : jangan pernah merespon SMS dan MMS yang masuk dari nomor tidak dikenal atau tanpa nomor. Apalagi untuk pesan MMS yang berisi URL (alamat web), atau berisi media seperti gambar, atau audio, atau video.

5. Bisa Melalui Aplikasi Baterai
Cara ke lima ini merupakan cara terunik. Bagaimana tidak hacker bisa mencuri data pada smartphone kita melalui aplikasi baterai. Baik aplikasi baterai bawaan smartphone maupun aplikasi baterai hasil instalasi. 
Bagaimana cara hacker mencuri data kita.
Caranya, aplikasi baterai atau power saver itu meneliti semua data pada smartphone kita, mulai dari aplikasi yang berjalan, cookies, cache, dan lainnya. Nah, dari situ aplikasi power saver bisa dengan cermat menghemat baterai agar tidak cepat habis. Dari situlah mereka membobol aplikasi baterai ini, dan menanamkan kodenya.

Solusi: jangan pernah memakai aplikasi baterai dari pihak ketiga atau meng-instal aplikasi baterai. Jika merupakan aplikasi bawaan, sebaiknya di non-aktifkan.

Demikianlah info dan ulasan tentang Waspada Hacker Penyusup Android, Bagaimana Cara Mereka Membobol SmartPhone Pintar Anda. Selalu berhati-hati, semoga bermanfaat dan terimakasih. *www.rokanonline.com

Post a Comment for "Waspada Hacker Penyusup Android, Bagaimana Cara Mereka Membobol SmartPhone Pintar Anda "