Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Negara Produsen Smartphone Terbaik di Dunia

Negara Produsen Smartphone Terbaik di Dunia. Telepon pintar atau yang biasa disebut dengan smartphone, kini semakin digandrungi banyak orang. Tak peduli anak-anak, remaja ataupun orang dewasa, sudah mengganggap smartphone sebagai perangkat yang sangat penting untuk menunjang kebutuhan hidup.


Meningkatnya kebutuhan akan smartphone, membuat beberapa produsen terus melakukan inovasi pada produk yang mereka jajakan. Beberapa peningkatan yang terlihat sangat mencolok diantaranya ada pada segi design yang sangat epik, spesifikasi yang semakin membaik, beberapa fitur smart yang mulai bermunculan dan yang paling penting adalah smartphone tersebut memiliki harga yang besahabat.

Baca Juga : 20 Smartphone Terbaik Dunia, Pilih Favorit Anda

Persaingan yang ketat, membuat para vendor berlomba-lomba menghadirkan inovasi dan teknologi terbaik. Hampir setiap minggu, ada saja vendor yang merilis smartphone baru. Pernahkah kamu penasaran, apakah semudah itu membuat smartphone? Dan negara-negara pembuat smartphone itu dari mana saja? Dilansir dari jalantikus.com dan Idkurir.com, inilah 7 negara produsen smartphone terbaik dan paling besar di dunia.

7 Negara Produsen Smartphone Terbaik di Dunia


1. Jepang


Negara Pembuat Smartphone Terbaik di Dunia Merek Sony. Mungkin sekarang China hampir punya segalanya, tapi jangan lupakan Jepang. Banyak teknologi mutakhir terlahir di Jepang. Meskipun banyak perusahaan elektronik di Jepang yang terkesan loyo, namun Jepang masih memiliki industri pengembangan teknologi dan manufaktur yang kuat. Produsen smartphone terbesar di Jepang saat ini adalah Sony, yang dikenal lewat lini Xperia-nya dan yang terbaru adalah Xperia X. Negeri Sakura ini pun jelas masih menjadi daftar negara pembuat smartphone terbaik.


2. Korea Selatan


Negara Pembuat Smartphone Terbaik di Dunia Merek Samsung dan lg asal korea selatan. Tahukah kamu, Korea Selatan pernah menjadi salah satu negara termiskin di dunia pada tahun 1960. Tapi sekarang, Korea Selatan merupakan salah satu negara terkaya. Bahkan, bank dunia baru-baru ini melaporkan bahwa Korea Selatan menempatkan diri di urutan 14 sebagai negara dengan ekonomi paling kuat di dunia. Negara yang terletak di Asia Timur ini, jelas menjadi negara pembuat smartphone terbaik yang mampu bersaing dengan China dan Jepang, terutama soal inovasi teknologi.


Jelas salah satu kuncinya adalah keberhasilan Samsung yang kini menjadi raja smartphone. Meskipun untuk produksi Samsung juga mulai mengandalkan manufaktur outsourcing, lebih dari 50 persen produksi smartphone Samsung berada di Vietnam. Sebagai perbandingan, produksi di kampung halamannya telah turun menjadi hanya 8 persen. Tak hanya Samsung, LG juga merupakan raksasa teknologi dan sejauh ini masih merupakan rival Samsung yang patut diperhatikan.

3. China


Negara Pembuat Smartphone Terbaik di Dunia Smartphone china. China jelas menjadi negara pembuat smartphone utama. Tenaga kerja dan bahan baku yang berlimpah dengan harga murah, membuat banyak proyek manufaktur outsourcing. Dari 17 bahan bumi yang langka, 16 di antaranya diperlukan untuk memproduksi smartphone. China menghasilkan 95 persen bahan bumi yang langka, sebagai perbandingan India hanya menghasilkan 2,5 persen dan Amerika Serikat hanya 13 persen. Jelas bukan, China menjadi negara pembuat smartphone terbaik. Ini buktinya: 10 Smartphone Android China Terbaik Agustus 2016.


Selain membuatkan smartphone untuk vendor terkemuka seperti Apple, China juga memiliki merek lokal yang telah mendunia. Sebut saja Huawei, Oppo, OnePlus, Xiaomi, Meizu, dan ZTE. Perusahaan China juga mencaplok beberapa vendor besar, seperti Lenovo membeli Motorola asal Amerika Serikat dan TCL membeli Alcatel dari Perancis. Oh ya, Samsung juga dua fasilitas produksinya ada di China meskipun mayoritas dari perangkat Samsung juga diproduksi di tempat lain.

4. India


Negara Pembuat Smartphone Terbaik di Dunia Merek Micromax Asal India. Negara pembuat smartphone berikutnya adalah India. India sendiri adalah salah satu pasar smartphone terbesar, banyak vendor smartphone fokus jualan di Negeri Bollywood ini. Beberapa tahun lalu, pemerintah India pun mulai inisiatif menggalakkan program Made In India, kurang lebih seperti Tingkat Kandungan Dalam Negeri alias TKDN di Indonesia. Tujuannya adalah mendorong bisnis nasional dan internasional untuk memproduksi produk smartphone di India untuk meningkatkan perekonomian negara melalui investasi asing secara langsung.

Hal ini pun membuat para vendor smartphone mau tak mau harus membuka pabrik agar bisa menjual produk smartphone-nya. Beberapa vendor yang telah serius meliputi Xiaomi, Huawei, dan Lenovo/Motorola. Karena inisiatif ini, dipercaya bahwa India juga akan segera menjadi pusat kekuatan teknologi mobile dari belahan dunia timur, bahkan mungkin menyaingi China. Pada 2015 saja, India menerima investasi asing dengan jumlah yang mengejutkan yakni US$63 miliar.


Selain produsen China tersebut, banyak merek teknologi terkemuka telah mengalihkan produksinya di India. Sementara Samsung sendiri telah memiliki 3 pabrik di India sejak tahun 2006 dan pabrik ketiga dibuka pada tahun lalu. Baru-baru ini, LG juga telah mulai memproduksi beberapa persediaan di India, meskipun saat ini masih dalam jumlah yang sangat terbatas.

5. Taiwan


Negara Pembuat Smartphone Terbaik di Dunia Smartphone Taiwan. Taiwan juga merupakan salah satu pusat teknologi dari Asia, yang merupakan tempat kelahiran merek terkemuka seperti Acer, ASUS, dan HTC. Namun meskipun Zenfone umumnya telah diterima dengan baik di pasar, ASUS masih punya produksi dalam skala kecil.


Yang lebih mengejutkan bahwa produksi smartphone HTC kebanyakan hanya berada di Taiwan dan sejumlah kecil di India. Tapi, HTC tampaknya sedang sibuk menyiapkan dua perangkat Nexus Google berikutnya, yang bocorannya disebut "Marlin" dan "Sailfish". Oh ya, Nextbit Robin diproduksi di Taiwan loh.

6. Kanada


Negara Pembuat Smartphone Terbaik di Dunia Merek Blackberry Dtek50 Kanada. Betul, di sinilah tempat kelahiran BlackBerry yang terkenal dengan tingkat keamanan yang tinggi dalam smartphone-nya. Meskipun saat ini keadaan BlackBerry tidak sejaya dulu, tapi mereka masih berjuang. Baru-baru ini Blacberry meluncurkan smartphone Android kedua setelah Priv, yakni DTEK50.
Itulah negara-negara pembuat smartphone terbaik. Selain di 6 negara yang Jaka sebutkan di atas, tentunya masih banyak negara lain yang memproduksi smartphone tapi masih dalam skala yang lebih kecil. Tentunya, kita semua berharap program TKDN berjalan mulus. Sehingga nantinya Indonesia bisa menjadi salah satu negara produsen smartphone di dunia. Tapi karena TKDN, smartphone baru dengan jaringan 4G, baik itu flagship hingga low-end jadi susah masuk ke Indonesia. 

7. Amerika Serikat 


Negara Pembuat Smartphone Terbaik di Dunia Merek iPhone. Negara yang disebut-sebut sebagai pusat dari kegiatan perdagangan dunia ini juga punya smartphone keren yang selalu di nanti banyak orang. Dan perusahaan smartphone yang saya maksud adalah Apple.


Apple adalah salah satu perusahaan smartphone ternama yang lebih dikenal dengan nama Iphone. Iphone sendiri, merupakan smartphone kece berbasis iOS yang dibalut dengan desain mewah layaknya gadget kaum menengah ke atas.


Harga yang dibandrol oleh smartphone ini memang gak murahan loh. Iphone 7 dengan internal 32 GB pun dibandrol dengan harga Rp 8.500.000 padahal memiliki spesifikasi yang tak jauh berbeda dari smartphone kebanyakan.

Demikian Ulasan Tentang 7 Negara Produsen Smartphone Terbaik di Dunia, semoga menambah informasi buat anda.  (Referensi : Jalantikus/Idkurir)

Post a Comment for "7 Negara Produsen Smartphone Terbaik di Dunia "