Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

9 Tempat Wisata Menarik Yang Wajib Anda Kunjungi Di Riau

9 Tempat Wisata Menarik Yang Wajib Anda Kunjungi Di Riau - Salah satu pulau di Indonesia ini ternyata mempunyai obyek wisata yang sangat indah dan menarik yang juga banyak dikunjungi para wisatawan. Riau termasuk salah satu provinsi yang ada di Indonesia yang mana juga termasuk salah satu provinsi makmur di NKRI, maka tempat wisata yang ada di Riau juga tak kalah dengan tempat wisata lainnya yang ada di Indonesia. 

Tempat Wisata Menarik Yang Wajib Anda Kunjungi Di Riau
Bagi anda wisatawan, saya rasa wajib mengunjungi tempat-tempat untuk berwisata yang ada di pulau ini, karena di Riau sendiri juga mempunyai tempat wisata menarik yang wajib anda kunjungi dan berikut kami rangkum 9 daftar tempat wisata menarik di Riau.

Ini Dia 9 Tempat Wisata Menarik Yang Wajib Anda Kunjungi Di Riau 


1. Riau Fantasi Di Kecamatan Siak Hulu Kabupaten Kampar


Riau Fantasi
Tempat Wisata Menarik Di Riau - Taman rekreasi ini merupakan salah satu theme park dan water park terbesar di Sumatera. Bernama Labersa water park dan theme park, objek wisata ini dibangun di atas lahan seluas 6,5 hektare dengan wahana permainan yang beragam. Berada di kawasan Labesa Grand Park tempat ini menjadi salah bagian dari kawasan wisata terpadu dengan berbagai fasilitas hotel berbintang, serta sebuah lapangan golf dengan luas total kawasan mencapai 300 hektar.

Labersa Theme Park & Water Park atau Riau Fantasi terletak  di Jalan Labersa – Parit Indah, Kecamatan Siak Hulu, Kabupaten Kampar, Riau. Dari Kota Pekanbaru Anda harus melewati Jl. Mekar Sari dan Jl. Labersa sejauh 11 kilometer menuju objek wisata ini. Beragam wahana permainan air di tempat ini yang dapat Anda nikmati seperti lima kolam besar Adult Pool, Adventure Pool, Lazy River Pool, Baby Pool, serta Crocodile River Pool.


Selain wahana tersebut, banyak wahana lain yang akan membuat liburan Anda dan keluarga di tempat rekreasi ini menjadi menarik dan menyenangkan.

2. Tempat Wisata Ombak Bono Di Pelalawan


Ombak Bono
Tempat Wisata Menarik Di Riau - Bagi wisatawan yang berkunjung di tempat ini tentu bisa melakukan kegiatan seperti surfing, memancing, menikmati keindahan laut, berenang, naik sampan, maupun kegiatan lainnya. Air laut di tempat tersebut mengalir masuk dan bertemu dengan air sungai Kampar sehingga terjadi gelombang dengan kecepatan yang cukup tinggi, Bono yang terletak di hilir Sungai Kampar, wilayah semenanjung Kampar, Kecamatan Teluk Meranti, Kabupaten Pelalawan, Riau adalah fenomena alam yang datang sebelum pasang. Pada musim pasang tinggi, gelombang sungai Kampar bisa mencapai 4-6 meter, membentang dari tepi ke tepi menutupi keseluruhan badan sungai. Peristiwa ini terjadi setiap hari, siang maupun malam hari.

3. Pulau Jemur Di Rokan Hilir


Tempat Wisata Menarik di Riau - Pulau Jemur ini juga merupakan obyek wisata yang sangat indah dan menawan. Pulau Jemur yang terletak kurang lebih 45 mil dari ibukota kabupaten Rokan Hilir dan juga 45 mil dari negara tetangga Malaysia ini terdapat pulau-pulau berbentuk lingkaran sehingga bagian tengahnya merupakan laut yang tenan. 

Pulau jemur ini sangat kaya akan hasil lautnya, selain memiliki panorama dan pemandangan yang sangat indah juga terdapat beberapa potensi wisata lainnya yaitu Batu Panglima Layar,taman laut dan pantai berpasir kuning emas, Goa Jepang, Mercusuar, dan sisa-sisa pertahanan Jepang pada jaman dulu.

4. Wisata Bahari Danau Pulau Besar


Danau Pulau Besar
Tempat Wisata di Rokan Hilir - Danau Pulau Besar yang berada di Desa Zamrud, Kecamatan Siak Sri Indrapura, Riau ini juga memiliki panorama yang juga menarik dan sangat indah. 

Di sekitar danau ini masih ditemukan hutan yang asli dan merupakan danau dan hutan yang berstatus Suaka Marga Satwa dimana masih terdapat jenis satwa dan tumbuhan langka yang masih dilindungi pemerintah seperti salah satunya ikan arwana dan ikan balido.

5. Pantai Pasir Panjang Di Bengkalis


Pantai Pasir Panjang
Tempat Wisata Bengkalis - Sesuai dengan namanya, pantai ini memiliki pantai dengan pasir putih bersih yang sangat panjang.

Pantai di Pulau Rupat lebih tepatnya di Kabupaten Bengkalis Provinsi Riau ini sangat cocok untuk berwisata berjemur, olahraga air, rekreasi bersama keluarga, bersantai dan berenang menikmati keindahan pantai dan air laut yang ombaknya sedang.


6. Aek Martua Tempat Wisata Alam Di Rokan Hulu


Aek Martua
Tempat Wisata Menarik di Rokan Hulu -  Aek Martua, nama sebuah sungai di wilayah Desa Tangun, Kecamatan Bangun Purba, ini juga termasuk  air terjun yang tertinggi dari sekian banyak air terjun yang terdapat di sepanjang hulu sungai Bukit Simalombu.

Pemandangan yang sangat luar biasa yang dihasilkan oleh air terjun ini memang sangat mengagumkan sampai-sampai air terjun Aek Martua ini dijuluki dengan air terjun tangga seribu, karena air terjun tersebut memiliki banyak tingkatan air yang mengalir di bebatuan. Obyek wisata ini terletak di Kabupaten Rokan Hulu, Pekanbaru, Riau.

Kawasan ini  merupakan hutan alam berstatus Taman Hutan Raya (Tahura) dengan potensi pohon ratusan kubik. Nama Aek Martua berasal dari bahasa  Suku Mandailing yang artinya  Air Bertuah, mayoritas penduduk desa ini dari  Suku mandailing.


Lokasi air terjun Aek Martua berada di kawasan pegunungan Bukit Barisan dalam Kabupaten Rohul . Air Terjun  ini memiliki keunikan, pesona dan keistimewaan tersendiri, karena memiliki tiga tingkat. Wisata ini memiliki panorama alam yang mempesona. Di pintu masuk objek wisata ini mulai melewati jembatan gantung dan jalan setapak di perkebunan masyarakat sejauh kurang lebih 3, 5 Km, kemudian melewati kawasan hutan lindung sejauh kurang lebih 3 Km. Terdapat tanjakan dan turunan yang lumayan curam serta pemandangan indah. 

Sekretaris Dinas Kehutanan dan Perkebunan (Sekhutbun) Rohul, Ari Ardian, di lokasi obyek ini mengatakan, pihak Pemkab Rohul sudah membebaskan lahan sekitar 3 ribu hektar untuk Tahura, demikian seperti dikutip via Rohultuday.co. Konsep Tahura Aek Martua bukan hanya sebagai lokasi pengawetan jenis-jenis tumbuhan kehutanan, namun termasuk sebagai lokasi perlindungan satwa, dan menjadi obyek wisata. Apalagi di lokasi Tahura ini, ada Air Terjun Aek Martua yang sudah menjadi salah satu obyek wisata di Kabupaten Rohul, dan sudah dikenal masyarakat Riau.

7. Taman Rekreasi Alam Mayang


Alam Mayang
Tempat Wisata Rekreasi Alam Mayang - Tempat ini merupakan tempat wisata favorit yang ada di Pekanbaru. Taman Rekreasi Mayang merupakan taman rekreasi dengan konsep alam terbuka yang sejuk dan asri. 

Beragam wahana permainan dapat Anda nikmati di Taman Rekreasi Alam Mayang diantaranya Karper Ajaib, Banana Boat, Bogel, Sepeda Air, Safary Train, Playing Fox, Rumah Hantu, Camper Boat, Becak, Kereta Naga, Mandi Bola, Balon Loncat, ada juga Studio 3D, Shooting Target, Tembak Reaksi, Mombom Car, atraksi-atraksi badut, Topeng Monyet, instalasi seni dari berbagai komunitas.

Taman Rekresi Alam Mayang terletak di Jl. Imam Munandar (harapan raya) KM. 8 Kelurahan Tangkerang Timur, Kecamatan Bukit Raya, Kota Pekanbaru. Buka mulai pukul 08.00 sd 18.00 wib dengan tiket masuk seharga Rp7.000,-/anak dan Rp13.000,-/orang dewasa ditambah jika Anda menggunakan motor dengan biaya parkir Rp3.000,- dan mobil dengan biaya Rp5.000,-.


Setelah masuk ke lokasi Anda akan dikenai biaya jika ingin menikmati wahana-wahana yang tersedia. Dengan membayar mulai Rp10.000 sd Rp30.000,- Anda dapat menikmati berbaga wahana yang Anda inginkan. Di taman rekreasi ini juga tersedia tempat makan dengan menu yang enak-enak dan pusat souvenir sebagai cinderamata yang bisa Anda bawa pulang.

8. Taman Nasional Bukit Suligi


Tempat Wisata Menarik Taman Nasional Bukit Suligi - Memiliki jenis flora dan fauna yang dilindungi oleh pemerintah, ada danau yang indah didalam taman ini yang dijadikan sebagai tempat rekreasi bagi masyarakat yang berkunjung. Selain berekreasi tempat ini dijadikan tempat penelitian biologi yang membuat tempat ini menarik. Terdapat sumber air panas yang tidak terlalu besar serta goa-goa dan seramnya hutan yang lebat. 

Bagi para wisatawan yang ingin bermalam ditempat ini disediakan camping ground. Tempat wisata Taman Nasional Bukit Suligi berada di Kabupaten Rokan Hulu, Riau.


9. Perpustakaan Soeman HS


Perpustakaan Soeman HS
Tempat Wisata Pendidikan Perpustakaan Soeman HS - Bagi Anda yang gemar membaca, Perpustakaan Soeman HS adalah salah satu tempat yang wajib Anda kunjungi. Perpustakaan terbesar di Asia Tenggara ini merupakan salah satu perpustakaan yang memiliki arsitektur yang menarik dan unik.

Bangunan yang berbentuk rehal ini terletak di Jl. Cut Nyak Dien, Jadirejo, Sukajadi, Kota Pekanbaru, Riau. Buka mulai pukul 08.00-16.00 wib. Perpustakaan ini memiliki berbagai fasilitas yang akan membuat pengunjung terpukau. 

Selain dapat menikmati ribuan koleksi buku di tempat ini Anda juga dapat menikmati fasilitas seperti auditorium, bilik budaya, melayu, atrium, ruang pertemuan, ruang internet, Musholla, CafĂ© dan kantin, serta Energy Corner. 

Demikian Info Tempat Wisata Menarik di Riau Yang Wajib anda kunjungi jika anda para traveler yang ingin berwisata di Riau, namun dari 9 Tempat Wisata Menarik diatas masih banyak lagi yang tempat wisata yang ada di Provinsi Riau, jika anda ingin berbagi silahkan tulis di komentar ya. Terima Kasih.

Post a Comment for "9 Tempat Wisata Menarik Yang Wajib Anda Kunjungi Di Riau"