Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Benarkah Tahun 2017, Sirkuit Internasional Baru Akan Segera Hadir di Indonesia ?

Sirkuit Internasional Baru Akan Segera Hadir di Indonesia - Ada Kabar menggembirakan datang dari Pemerintah Indonesia yang menyatakan akan membangun sirkuit kelas internasional baru yang lebih berkelas dan lebih memadai dibandingkan dengan sirkuit internasional sebelumnya yakni Sentul International Circuit. Adalah Gubernur DKI Jakarta yaitu Basuki Cahya Purnama atau kerap dipanggil Ahok ini yang memiliki gagasan untuk menciptakan sirkuit baru agar dapat menyelenggarakan event balap kelas internasional seperti MotoGP maupun F1. 


Ternyata rencana tersebut nampaknya akan segera terwujud karena dikabarkan bahwa Ahok telah bertemu dengan pemilik sirkuit Almeria, Spanyol yakni David Garcia untuk membicarakan proyek pembuatan sirkuit internasional baru yang rencananya memenuhi segala macam standarisiasi FIM (Federation International de Motocyclism). Dengan kondisi tersebut pastinya dana yang akan dikeluarkan oleh Pemerintah Indonesia sangat besar, disebutkan bahwa nilai pembuatan sirkuit internasional baru di Indonesia tembus 2 triliun rupiah.

Berdasar informasi via situs semisena, Sampai saat ini ternyata Ahok telah mempersiapkan segalanya dengan matang, terbukti bahwa ia telah menunjuk pelaksana proyek prestisius ini yang dipercayakan kepada PT Jakpro (Jakarta Propertindo). Meskipun rencana mengenai pembangunan sebuah sirkuit internasional ini semakin nyata namun nyatanya belum diketahui dimana lokasi pembangunan proyek yang sangat dielu-elukan pecinta otomotif di Indonesia ini. Tetapi ada informasi lain yang menyebutkan bahwa pembangunan sirkuit kelas internasional baru ini akan dilakukan di dekat bandara. Secara kondisi geografis tentu saja wilayah Jakarta Utara yang disinyalir memiliki peluang cukup banyak karena terdapat lahan yang luas. Kemudian dekatnya dengan bandara tentu juga akan memberikan sarana transportasi yang lebih mudah dan cepat.

Memang sebelumnya Dorna yang merupakan penyelenggara MotoGP sempat menyebutkan bahwa akses logistik di Indonesia merupakan salah satu kendala utama mereka, yang mana mereka terakhir kali menyelenggarakan event balap kelas capung yaitu Shell Advance Asia Talent Cup yang diselenggarakan di Sentul International Circuit, Bogor, Jawa Barat.

Dorna Dalam mengelar sebuah balapan pada satu seri harus membawa material logisitik yang seberat 260 ribu kilogram atau 260 ton, yang mana 210 diantaranya merupakan kelengkapan tim balap MotoGP, Moto2 dan Moto3.

Menurut informasi yang ada selain Gubernur DKI Jakarta ini akan membangun sebuah sirkuit internasional baru di Jakarta, ia juga akan membangun fasilitas tambahan seperti Mall dan Hotel. (Ref : semisena)
Baca Juga : 

Post a Comment for "Benarkah Tahun 2017, Sirkuit Internasional Baru Akan Segera Hadir di Indonesia ?"