Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Inilah Daftar Tanaman Buah yang Bisa Ditanam Dalam Pot

Fungsi tanaman selain mempercantik pekarangan rumah, juga akan terkesan sejuk, terutama tanaman buah. Jika membudidayakan tanaman buah, Anda bersama keluarga dapat merasakan buah yang dipanen dari pohon yang ditanam sendiri.


Daftar Tanaman Buah Yang Bisa Ditanam Dalam Pot dan Pekarangan Rumah - Saat ini keterbatasan lahan bukan lagi menjadi alasan tidak bisa berkebun buah. Hanya saja perlu kreativitas dan perhatian khusus karena media tanam lebih sempit. Jangan sampai penanaman buah dalam pot yang sejatinya sebagai pohon perindang justru mengganggu aktivitas. Bibit-bibit aneka tanaman buah ini bisa didapat dengan cara membeli di tempat penjualan bibit tanaman buah. Perlu diingat karena media tanam hanyalah pot, pilihlah aneka pohon buah yang bisa hidup dalam ruang sempit. Biasanya para penjual bibit tanaman buah ini telah paham jenis apa saja yang bisa tumbuh dengan baik ketika hanya menggunakan pot. Mereka biasanya menyarankan untuk membeli pohon buah yang bisa berbuah meski ukurannya pohonnya relatif kecil.

Tanaman Buah Dalam Pot - Menanam pohon buah dalam pot itu tak ada bedanya dengan bercocok tanam di kebun. Hanya saja ukurannya yang relatif terbatas. Meski hanya menggunakan media pot, konsep dasarnya sama seperti pada umumnya.

Anda harus memerhatikan kecocokan jenis tanaman dengan lokasi ditanam. Jangan memaksakan sesuatu yang memang tidak sesuai karena hasilnya tidak akan baik. Sebagai contoh, tanaman yang biasa hidup di dataran tinggi pasti akan susah bila ditanam di dataran rendah, begitu pula sebaliknya. Namun, tetap harus dilakukan perawatan berkala seperti penyiraman dan pemupukan. Bila ada indikasi terserang penyakit tetap harus diambil tindakan.

Berikut Daftar Pilihan Tanaman buah Yang Bisa Ditanam Dalam Pot / Pekarangan Rumah:


1. Tanaman Buah Apel

Apel adalah jenis buah-buahan, atau buah yang dihasilkan dari pohon buah apel. Buah apel biasanya berwarna merah kulitnya jika masak dan (siap dimakan), namun bisa juga kulitnya berwarna hijau atau kuning. Kulit buahnya agak lembek, daging buahnya keras. Buah ini memiliki beberapa biji di dalamnya.

Orang mulai pertama kali menanam apel di Asia Tengah. Kini apel berkembang di banyak daerah di dunia yang suhu udaranya lebih dingin. Nama ilmiah pohon apel dalam bahasa Latin ialah Malus domestica.

Pohon apel merupakan pohon yang kecil dan berdaun gugur, mencapai ketinggian 3 hingga 12 meter, dengan tajuk yang lebar dan biasanya sangat beranting.[2] Daun-daunnya berbentuk lonjong dengan panjang 5 – 12 cm dan lebar 3 - 6 centimeter. Bunga apel mekar di musim semi, bersamaan dengan percambahan daun. Bunganya putih dengan baur merah jambu yang berangsur pudar. Pada bunga, terdapat lima kelopak, dan mencapai diameter 2.5 hingga 3.5 cm. Buahnya masak pada musim gugur, dan biasanya berdiameter 5 hingga 9 centimeter. Inti buah apel memiliki lima gynoecium yang tersusun seperti bintang lima mata, masing-masing berisi satu hingga tiga biji.

2. Tanaman Buah Durian

Durian adalah nama tumbuhan tropis yang berasal dari wilayah Asia Tenggara, sekaligus nama buahnya yang bisa dimakan. Nama ini diambil dari ciri khas kulit buahnya yang keras dan berlekuk-lekuk tajam sehingga menyerupai duri. Sebutan populernya adalah "raja dari segala buah" (King of Fruit). Durian adalah buah yang kontroversial, meskipun banyak orang yang menyukainya, namun sebagian yang lain malah muak dengan aromanya.

3. Tanaman Buah Mangga

Buah mangga termasuk kelompok buah batu (drupa) yang berdaging, dengan ukuran dan bentuk yang sangat berubah-ubah bergantung pada macamnya, mulai dari bulat (misalnya mangga gedong), bulat telur (gadung, indramayu, arumanis) hingga lonjong memanjang (mangga golek). Panjang buah kira-kira 2,5–30 cm. Pada bagian ujung buah, ada bagian yang runcing yang disebut paruh. Di atas paruh ada bagian yang membengkok yang disebut sinus, yang dilanjutkan ke bagian perut.

Kulit buah agak tebal berbintik-bintik kelenjar; hijau, kekuningan atau kemerahan bila masak. Daging buah jika masak berwarna merah jingga, kuning atau krem, berserabut atau tidak, manis sampai masam dengan banyak air dan berbau kuat sampai lemah. Biji berwarna putih, gepeng memanjang tertutup endokarp yang tebal, mengayu dan berserat. Biji ini terdiri dari dua keping; ada yang monoembrional dan ada pula yang poliembrional.

4. Tanaman Buah Kelengkeng

Buah kelengkeng bulat, coklat kekuningan, hampir gundul; licin, berbutir-butir, berbintil kasar atau beronak, bergantung pada jenisnya. Daging buah (arilus) tipis berwarna putih dan agak bening. Pembungkus biji berwarna coklat kehitaman, mengkilat. Terkadang berbau agak keras.

5. Tanaman Buah Rambutan

Rambutan adalah tanaman tropis yang tergolong ke dalam suku lerak-lerakan atau Sapindaceae, berasal dari daerah kepulauan di Asia Tenggara. Kata "rambutan" berasal dari bentuk buahnya yang mempunyai kulit menyerupai rambut.

6. Tanaman Buah Jeruk Nipis

merupakan jenis tumbuhan yang masuk kedalam suku jeruk-jerukan, tersebar di Asia Dan Amerika Tengah dikenal juga sebagai jeruk pecel. Buah bulat sampai bulat telur, berwarna hijau sampai kuning dan kulit buah tipis mengandung banyak minyak atsiri. Daging buah berwarna putih kehijauan, sangat asam, mengandung banyak vitamin C dan asam sitrat. Biji banyak, kecil, bersifat poliembrioni.

7. Tanaman Buah Jambu Biji

Jambu biji memiliki buah yang berwarna hijau dengan daging buah berwarna putih atau merah dan berasa asam-manis. Buah jambu biji dikenal mengandung banyak vitamin C.

Buah jambu biji mengandung banyak vitamin dan serat, sehingga sangat cocok sekali dikonsumsi untuk menjaga kesehatan. Warna daging jambu biji yang merah mengidikasikan jambu biji kaya akan vitamin A untuk kesehatan mata dan antioksidan. Buah jambu biji sangat cocok sekali dikonsumsi di siang hari karena buahnya yang segar dan mendinginkan badan.

Salah satu kandungan Nutrisi yang terdapat pada jambu yang bermanfaat untuk tubuh adalah asam askorbat atau vitamin C.di dalam jambu biji terdpat 126 miligram vitamin C lebih dari 90 miligram asam askorbat diperlukan untuk orang orang setipa harinya atau untuk perempuan sekitar 75  miligram.menurut Linus pauling institute.vitamin C membantu bagian menjaga bagian setiap jaringan tubuh anda.

8. Tanaman Buah Jambu Air

Jambu air adalah tumbuhan dalam suku jambu-jambuan atau Myrtaceae yang berasal dari Asia Tenggara. Jambu air sebetulnya berbeda dengan jambu semarang (Syzygium samarangense), kerabat dekatnya yang memiliki pohon dan buah hampir serupa. Beberapa kultivarnya bahkan sukar dibedakan, sehingga kedua-duanya kerap dinamai dengan nama umum jambu air atau jambu saja. Jambu air mudah ditanam dan di budidaya.

9. Tanaman Buah Sawo

Buah buni bertangkai pendek, bulat, bulat telur atau jorong, 3-6 x 3–8 cm, coklat kemerahan sampai kekuningan di luarnya dengan sisik-sisik kasar coklat yang mudah mengelupas, sering dengan sisa tangkai putik yang mengering di ujungnya. Berkulit tipis, dengan daging buah yang lembut dan kadang-kadang memasir, coklat kemerahan sampai kekuningan, manis dan mengandung banyak sari buah. Berbiji sampai 12 butir, namun kebanyakan kurang dari 6, lonjong pipih, hitam atau kecoklatan mengkilap, panjang 2 cm, keping biji berwarna putih lilin. Tumbuhan ini dapat diperbanyak dengan biji ataupun cangkok.

10. Tanaman Buah Belimbing

Belimbing adalah tumbuhan penghasil buah berbentuk khas yang berasal dari Indonesia, India, dan Sri Langka. Buah belimbing berwarna kuning kehijauan. Saat baru tumbuh, buahnya berwarna hijau. Jika dipotong, buah ini mempunyai penampang yang berbentuk bintang. Berbiji kecil dan berwarna coklat. Buah ini renyah saat dimakan, rasanya manis dan sedikit asam. Buah ini mengandung banyak vitamin C. Salah satu jenis dari belimbing yaitu belimbing wuluh, sering digunakan untuk bumbu masakan, terutama untuk memberi rasa asam pada masakan.

Wilayah yang terkenal akan produksi belimbing adalah Demak, Jawa Tengah. Belimbing Demak terkenal berukuran besar, warnaya kuning cerah dan rasanya manis.

Setelah mengetahui beberapa jenis pohon buah yang biasa ditanam dalam pot, kini ada baiknya untuk mendalami trik agar pohon tersebut bisa tumbuh maksimal dan menghasilkan buah terbaik. Kegiatan bercocok tanam sebenarnya gampang-gampang susah. Namun, jika kita menikmatinya pasti akan terasa mudah.

Untuk budidaya tanaman dalam pot yang harus sering dilakukan adalah memangkas batang atau mengurangi jumlah daun. Akan menjadi sangat aneh, bila lahan yang sempit malah dipenuhi rimbunnya dedauan. demikian info tentang Daftar Tanaman Buah yang Bisa Ditanam dalam Pot, semoga bermanfaat ! (ref : Pertanianku/Wikipedia)

Post a Comment for "Inilah Daftar Tanaman Buah yang Bisa Ditanam Dalam Pot "