Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Hebatnya Jadi Orang yang Melek Teknologi, Ini Keuntungannya

Perkembangan teknologi dewasa ini semakin pesat. Orang-orang, baik dari perusahaan besar maupun startup, berlomba-lomba membuat sesuatu yang memudahkan hidup umat manusia, menciptakan inovasi yang gak pernah kita bayangkan sebelumnya.

pixabay image
Perkembangan teknologi yang pesat ternyata gak selalu diimbangi dengan kemampuan manusianya. Kenyataannya, masih banyak tuh yang masih gaptek alias gagap teknologi. Padahal ngerti teknologi itu penting banget, terutama buat kita yang masih muda.

Lalu, apa saja keuntungannya jadi orang yang melek teknologi? Berikut Ulasannya!

1. Dengan Teknologi Kesempatan kerja lebih terbuka lebar.


Pekerjaan di zaman sekarang udah gak bisa lepas sama teknologi. Paling tidak, kamu harus paham gimana caranya mengoperasikan komputer dan program-programnya — seperti Microsoft Word, Excel, dan internet. Nah, kalo kamu ngerti seluk beluk software komputer dengan baik, itu bisa jadi nilai plus yang kamu jual saat kamu melamar di suatu kerjaan — meskipun latar belakang pendidikanmu bukan dari jurusan komputer.

2. Teknologi Membuat lebih efisien dalam bekerja.


Orang yang melek #teknologi biasanya paham pintasan alias shortcut dari program-program yang digunakannya untuk bekerja. Contohnya, kalo kamu mau bikin kalimatmu jadi huruf bold semua, kamu bisa menekan ctrl+B di keyboard, atau ctrl+S untuk menyimpan (save) dokumen kerjaan.

Pintasan ini sangat beraneka ragam dan bisa berbeda fungsi untuk program yang berbeda. Tapi, ini bisa membantu kita lebih efisien dalam bekerja, daripada kamu menggerakkan panah mouse ke sana kemari.

3. Melek Teknologi Berpotensi menghasilkan uang tambahan dan bisa membuka lapangan kerja sendiri.


Di era globalisasi seperti sekarang, bisnis online dan menjadi pekerja lepas atau freelance bisa menjadi kegiatan yang menjanjikan pemasukan tambahan, karena bisnismu itu bisa merambah sampai ke mancanegara. Kalau kamu berniat serius, ini bahkan bisa dijadikan sebagai sumber penghasilan utama kamu lho.

4. Dengan teknologi bisa membuat kamu berpotensi jadi orang kaya!


Perusahaan besar yang berdiri sekarang banyak yang dibangun oleh orang-orang penggila teknologi, contoh aja Bill Gates, Steve Jobs dan Mark Zuckerberg. Kini, banyak anak-anak muda yang berlomba-lomba mengejar mereka dengan menghasilkan inovasi baru lewat perusahaan startup mereka, yang berangkat dari kecintaan mereka terhadap teknologi.

5. Teknologi memahami kebutuhanmu terhadap perangkat elektronik.


Dengan memperhitungkan kebutuhanmu, kamu bisa menghemat banyak uang lewat perbandingan spesifikasi dan harga suatu produk. Misalnya, laptop merk A dengan spesifikasi tertentu harganya 10 juta. Karena kamu paham sama kebutuhanmu, kamu akhirnya menjatuhkan pilihan pada laptop merk B yang punya spesifikasi sama tapi harganya cuma 8,5 juta.

Yang jelas, kamu gak akan membeli barang yang overspec (spesifikasi melebihi kebutuhan) atau overpriced (harga terlalu mahal untuk spesifikasi dan fitur yang diberikan), kecuali kamu kerjaannya emang memberi review perangkat elektronik.

6. Mengerti teknologi membuat kamu tahu gimana caranya merawat gadget-mu.


Semua perangkat elektronikmu tetap dalam kondisi baik meski udah digunakan selama beberapa tahun. Kalau mau dijual lagi pun, harganya lumayan tinggi. Semua karena kamu bisa memperlakukan dan merawatnya dengan baik.

7. Mengerti Teknologi membuat kamu mengerti mana barang yang bagus dan mana yang kurang bagus.


Karena kamu udah sering berkutat sama perangkat elektronik, kamu jadi tahu mana yang mutunya tinggi dan mana yang gampang rusak. Kamu pun jadi lebih dipercaya sama orang-orang untuk membantu menentukan mana yang sebaiknya dibeli dan jangan dibeli.

8. Pastinya, kamu jadi gak bakal gampang ditipu karna tahu teknologi.


Melek teknologi berarti melindungi diri kamu dari bentuk-bentuk penipuan yang kini marak terjadi. Kamu tahu bedanya mana penjual yang jujur dan mana yang memang niatnya menipu. Kamu juga tahu apa itu perangkat copy, supercopy, dan rekondisi, serta bagaimana membedakannya.

9. Keuntungan melek teknologi membuat kamu gak perlu keluar uang banyak untuk servis.


Laptopmu bermasalah? Smartphone-mu tiba-tiba gak bisa nyala? Kamu gak akan panik dan terburu-buru membawanya ke tempat servis. Karena kamu mengerti seluk-beluknya, kamu bisa memperbaiki sendiri deh.

Memang sih, ada beberapa hal yang mungkin nggak bisa kamu perbaiki sendiri karena keterbatasan alat atau suku cadang. Tapi kamu tetap bisa memangkas biaya servis daripada orang yang nggak ngerti teknologi sama sekali.

10. Mengerti teknologi gak bikin repot orang lain.


Kamu gak perlu bingung-bingung cari bantuan ke temanmu atau rekan kerja hanya karena laptopmu mendadak hang.

11. Kamu malah bisa membantu orang dan jadi kelihatan keren di mata mereka.


Komputer temanmu ngadat, kamu pun segera memberikan pertolongan pertama. Masalahnya ternyata cukup simpel dan kamu paham sepenuhnya. Hanya dengan beberapa gerakan, kamu mengembalikannya ke keadaan normal.

Sederhana, tapi bikin orang merasa tertolong dan takjub. Siapa tahu kamu bisa bikin gebetanmu terkesan, hehehe.

12. Bisa belajar banyak hal dari teknologi.


Lupakan cara belajar yang konvensional lewat kursus keterampilan. Kamu bisa belajar banyak hal secara mandiri kalo kamu paham gimana caranya memanfaatkan teknologi dan internet. Tinggal daftar kursus online aja, atau cari bermacam tutorial lewat video-video di Youtube.

Memahami teknologi berarti membuka kesempatan seluas-luasnya untuk mempelajari banyak hal tanpa batasan ruang dan waktu.

13. Jadi orang pertama yang tahu tentang perkembangan teknologi.


Apa inovasi yang disematkan pada iPhone 6? Spesifikasi seperti apa yang akan dibangun di perangkat terbaru Samsung? Apa terobosan teknologi terbaru hari ini? Kamu tahu lebih dulu dari teman-temanmu.

14. Dengan teknologi Kemampuanmu memecahkan masalah bisa terasah.


Mereka yang suka sama teknologi banyak yang suka memainkan game. Menurut penelitian, game punya beragam dampak positif, salah satunya adalah membantu pemainnya memproses informasi lebih dan meningkatkan kemampuan mereka dalam berpikir dan memecahkan masalah.

Jadi, bersyukur deh kalo kamu suka main game, karena kemampuanmu bisa berguna untuk memecahkan masalah di dunia nyata.

15. Karna Melek teknologi kamu jadi mahasiswa kesayangan dosen pas presentasi.


Duh, pas mau presentasi, temenmu ternyata gak ada yang bisa nyalain proyektor. Akhirnya kamu maju sebagai penyelamat kelas dari inefisiensi waktu dan kamu pun otomatis menjadi mahasiswa kesayangan dosenmu di kelas. Hehehe.

Ternyata melek teknologi itu punya banyak manfaat, saat ini gak zaman jadi orang yang gaptek? Mari belajar melek teknologi ! (sumber : Hipwee)

Post a Comment for "Hebatnya Jadi Orang yang Melek Teknologi, Ini Keuntungannya"