Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Lima Varietas Buah Pisang Unggulan di Indonesia

Tahukah kamu bahwa Indonesia adalah salah satu negara dengan produksi pisang terbesar di Asia. Bahkan, produksinya mencapai 6 juta ton per tahun atau memenuhi lebih dari 50% kebutuhan buah pisang di kawasan Asia.


Dari jumlah tersebut, sekitar 90% dikonsumsi untuk kebutuhan dalam negeri. Sisanya diekspor ke berbagai negara terutama negara-negara seperti Arab, Tiongkok, Malaysia, dan Singapura. Kebanyakan jenis buah pisang yang diekspor merupakan pisang cavendish.

Sekilas Tentang Buah Pisang 

"Menurut Wikipedia Pisang" adalah nama umum yang diberikan pada tumbuhan terna raksasa berdaun besar memanjang dari suku Musaceae. Beberapa jenisnya (Musa acuminata, M. balbisiana, dan M. ×paradisiaca) menghasilkan buah konsumsi yang dinamakan sama. Buah ini tersusun dalam tandan dengan kelompok-kelompok tersusun menjari, yang disebut sisir. Hampir semua buah pisang memiliki kulit berwarna kuning ketika matang, meskipun ada beberapa yang berwarna jingga, merah, hijau, ungu, atau bahkan hampir hitam. Buah pisang sebagai bahan pangan merupakan sumber energi (karbohidrat) dan mineral, terutama kalium.

Istilah "pisang" juga dipakai untuk sejumlah jenis yang tidak menghasilkan buah konsumsi, seperti pisang abaka, pisang hias, dan pisang kipas.

Nah berdasarkan cara mengkonsumsi buahnya, pisang dikelompokkan kedalam dua golongan, yakni pisang meja (dessert banana) dan pisang olah (plantain, cooking banana). Pisang meja dikonsumsi dalam bentuk segar setelah buah matang, seperti pisang ambon, susu, raja, seribu, dan sunripe. Pisang olahan dikonsumsi setelah digoreng, direbus, dibakar, atau dikolak, seperti pisang kepok, siam, kapas, tanduk, dan uli. Buah pisang bisa diolah menjadi berbagai produk, seperti sale, kue, ataupun arak di Amerika Latin. 

Buah Pisang Unggulan - Selain memberikan kontribusi gizi lebih tinggi daripada apel, pisang juga dapat menyediakan cadangan energi dengan cepat bila dibutuhkan. Termasuk ketika otak mengalami keletihan. Beragam jenis makanan ringan dari pisang yang relatif populer antara lain Kripik Pisang asal Lampung, Sale pisang(Bandung), Pisang Molen (Bogor), dan epe (Makassar).

Selain memiliki kandungan gizi sangat baik, buah pisang juga menyediakan energi cukup tinggi dibandingkan dengan buah-buahan lain. Pisang kaya mineral seperti kalium, magnesium, fosfor, besi, dan kalsium. Pisang juga mengandung vitamin, yaitu C, B kompleks, B6, dan serotonin yang aktif sebagai neurotransmitter dalam kelancaran fungsi otak.

Lima Varietas Pisang Unggulan di Indonesia - Buah pisang sendiri merupakan tanaman asli dari Asia Tenggara. Saat ini ditanam secara meluas di berbagai negara tropis lainnya. lalu apa saja jenis varietas pisang di indonesia berikut kami rangkum.

Lima Varietas Pisang Unggulan di Indonesia

1. Pisang Raja Bulu

Varietas Buah Pisang - Pisang raja bulu sangat populer di Jawa. Buah pisang ini memiliki kulit yang tebal. Saat matang, kulitnya berwarna kuning oranye. Pisang raja bulu memiliki aroma yang harum. Jumlah buah per sisir terdapat 14—16 buah. Dalam satu tandan biasanya terdapat 6—19 sisir.

2. Pisang Raja Sereh

Varietas Buah Pisang raja sereh dikenal juga dengan nama pisang susu. Pisang raja sereh memiliki kulit tipis berwarna kuning kecokelatan dengan bintik-bintik hitam. Tekstur buahnya lembut, dagingnya berwarna putih sampai agak kekuningan. Rasanya manis dan memiliki aroma yang khas.

3. Pisang Barangan

Varietas Buah Pisang barangan dikenal juga dengan nama pisang medan atau medan barangan. Buah ini populer dibudidayakan di Sumatera Utara meskipun penyebarannya sudah merata ke berbagai tempat di Indonesia.

Warna kulit pisang barangan kuning hingga kemerahan saat matang. Pisang ini memiliki daging buah berwarna putih agak kekuningan. Buah tidak berbiji, manis, kering, dan beraroma.

4. Pisang Mas Kirana

Varietas Buah Pisang mas kirana memiliki bentuk seperti pisang mas, tetapi ukurannya agak besar. Berbeda dengan pisang mas yang cenderung mudah busuk, pisang mas kirana lebih tahan lama. Dengan begitu, pisang ini lebih siap untuk dijadikan komoditas ekspor.

5. Pisang Cavendish

Varietas Buah Pisang cavendish merupakan buah pisang yang menjadi primadona ekspor. Kulit buahnya kuning mulus saat matang, tekstur dagingnya lembut, padat dan berisi. Rasanya sedikit asam.

Dalam satu tandan biasanya terdapat 10—14 sisir, satu sisir terdapat 6—9 buah. Buahnya melengkung dengan panjang sekitar 15 cm.

Itulah beberapa varietas pisang unggul yang terdapat di Indonesia. Semoga menambah informasi bagi anda ! (ref : Pertanianku)
Baca Juga :

Post a Comment for "Lima Varietas Buah Pisang Unggulan di Indonesia"