Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ini Manfaat Iklan Banner Untuk Bisnis Anda

Apakah Anda sudah memiliki website bisnis, namun masih saja belum dikenal masyarakat luas? Mungkin Anda perlu mencoba mempromosikan bisnis Anda lebih menarik dengan banner ads/iklan banner. Seperti yang diketahui, internet memiliki cakupan sangat luas dan dapat diakses oleh siapa saja di seluruh dunia. Bahkan, menurut internetworldstats.com, pengguna internet di seluruh dunia saat ini mencapai 3,631,124,813 orang.


Cakupan yang luas menjadikan internet sebagai media promosi efektif. Ini memang bagus untuk Anda, namun di sisi lain Anda juga perlu berhati-hati. Luasnya cakupan pengguna juga dapat berarti membanjirnya kompetitor. Agar dapat berhasil di sini, Anda perlu tampil menarik.

Nah, bagaimana caranya ini salah satu cara agar layanan Anda terlihat menarik adalah dengan menggunakan banner ads/iklan banner.

Manfaat Utama Iklan Banner Untuk Bisnis Anda


Manfaat Iklan Banner Untuk Bisnis Anda - Iklan Banner adalah iklan menggunakan display grafis berbentuk seperti ‘spanduk’ yang dipasang pada halaman website. Pada dasarnya banner ads memiliki fungsi yang sama dengan kolom iklan pada media cetak. Perbedaan utamanya, calon pelanggan dapat berinteraksi secara langsung melalui banner iklan, baik itu membeli maupun sekedar melihat produk yang diiklankan.

Iklan Banner ini dapat Anda jadikan salah satu strategi untuk memancing pengunjung masuk ke website layanan Anda, agar pengunjung dapat melihat berbagai produk atau jasa yang Anda tawarkan.

Bahkan, iklan banner dapat membantu menciptakan brand image layanan Anda. Fungsi utama iklan banner bisa secara lengkap Anda lihat dalam ulasan berikut ini.

Ini Manfaat Iklan Banner Untuk Bisnis Anda


1. Alat Presentasi yang Fleksibel

Selain menghadirkan iklan berikut informasi kreatif dan menarik, iklan banner dapat memberikan pengalaman tersendiri bagi pengunjung. Tidak hanya terbatas pada gambar statis (tanpa animasi bergerak) iklan saja, Anda juga dapat menambahkan lebih banyak media untuk banner Anda seperti animasi, slideshow, dan media streaming guna meningkatkan brand awareness pengunjung.

2. Membangun Brand Perusahaan

Tak dapat dipungkiri bahwa membangun sebuah brand memerlukan strategi khusus agar dapat berhasil dengan baik. Nah, Anda membutuhkan promosi menarik serta kreatif agar calon pelanggan lebih tertarik dan dapat lebih mudah mengingat bisnis Anda. iklan banner dapat menjadi cara Anda mewujudkan hal ini.

3. Meningkatkan Traffic Pengunjung

Bagi pemilik website, traffic atau statistik jumlah pengunjung website merupakan hal yang sangat penting. Semakin tinggi traffic, semakin tinggi pula potensi suatu website meraih keuntungan. Di sinilah fungsi iklan banner dalam meningkatkan jumlah traffic. iklan banner yang dipasang di website lain (seperti iklan), akan membantu mendorong pengunjung mengklik banner untuk selanjutnya membawa pengunjung ke website Anda.

4. Menampilkan Informasi Khusus Lebih Menarik

Diskon dan promo spesial adalah salah satu cara efektif meningkatkan pendapatan. Nah, iklan banner dapat digunakan untuk menampilkan diskon, promo produk terbaru, hingga update layanan. Dengan cara ini, informasi layanan Anda dapat tampil lebih menarik.

Namun sayangnya, iklan banner sering dianggap mengganggu tampilan halaman website. Misalnya, membuat loading halaman jadi lambat, mata pengunjung tidak fokus, merusak tampilan website, dan lain-lain.

Hal tersebut terjadi karena iklan banner yang dikampanyekan belum maksimal dalam penyajiannya! Oleh sebab itu, apa yang perlu dilakukan agar sebuah iklan banner menjadi lebih efektif?

Tips Membuat Iklan Banner Lebih Efektif


Ketika Anda menjalankan promosi iklan online, Anda akan dihadapkan pada tantangan seberapa efektif iklan yang Anda kampanyekan. Misalnya,  apakah para pengunjung website mengklik iklan tersebut? Ataukah mereka hanya mengacuhkannya, bahkan memblokirnya?

Biar kami beritahu sedikit rahasia, iklan banner harus memiliki daya tarik sempurna agar dapat tampil dengan efektif. Berikut adalah beberapa tips dalam membuat web banner agar lebih efektif.

1. Perhatikan Struktur Utama Iklan Banner

Dalam mendesain sebuah iklan web banner, ada struktur yang perlu Anda perhatikan agar banner iklan menjadi lebih efektif dalam mempromosikan bisnis Anda.

2. Logo Perusahaan

Jika iklan banner tidak menempatkan logo usaha Anda, calon pengunjung tidak akan tahu siapa Anda. Hal ini dapat berpengaruh pada enggannya mereka mengklik banner Anda.

Karenanya, memasang logo perusahaan dalam desain banner iklan sangatlah penting. Logo perusahaan dapat membangun kepercayaan serta brand awareness. Perhatikan juga proporsi penempatan dan ukuran logo, harus mudah terlihat dan terbaca sebagai logo atau identitas usaha Anda.

3. Pesan

Agar lebih efektif, pesan dalam iklan banner harus singkat, padat, dan jelas. Pesan di sini merupakan tujuan yang ingin Anda sampaikan, apakah ingin memperkenalkan produk baru, diskon spesial, dan lain-lain. Selain itu, kami sangat menyarankan Anda menggunakan prinsip bahasa yang mendesak dan terbatas. Penjelasan mengenai hal ini akan kami bahas pada bagian lain ulasan ini.

4. Gambar Pendukung

Penggunaan gambar dan ilustrasi menarik yang sesuai dengan produk/layanan Anda mampu menyampaikan pesan jauh lebih efektif dibandingkan teks. Pastikan Selain itu menggunakan gambar dengan resolusi yang baik, akan menambah kesan profesional bisnis Anda. Untuk gambar dengan hasil yang lebih baik, Anda dapat menggunakan jasa fotografi atau menggunakan desainer untuk ilustrasi.

5. CTA (Call to Action)

CTA adalah tujuan yang ingin capai, seperti ajakan bagi pengunjung website untuk bertindak. Bentuk ajakannya bisa bermacam-macam, misalnya menghubungi, membeli, melihat produk, dan sebagainya.

CTA dapat berupa tombol ataupun hanya sebatas teks saja. Agar lebih efektif, CTA harus tampil lebih menonjol dari segi bentuk, tipografi, maupun warna. Hal ini dapat membuat poin ajakan Anda lebih mudah ditangkap oleh pengunjung website.

6. Warna

Menggunakan warna yang tepat untuk tombol CTA, background, maupun teks pesan dalam banner iklan adalah sangat penting, karena setiap warna dapat merangsang perasaan atau suasana hati orang yang melihatnya. Kombinasi warna yang efektif mampu meningkatkan daya tarik pengunjung untuk mengklik banner iklan tersebut. Selain itu penggunaan kontras warna juga harus diperhatikan, seperti kontras warna antara teks dan background, warna tombol, maupun warna brand usaha Anda.

Situs Referensi Membuat Iklan Banner Via Online

Mungkin bagi Anda yang bukan seorang desainer maupun developer yang tidak paham tentang desain dan coding, solusi yang dapat Anda lakukan adalah menyewa jasa desainer atau developer untuk menciptakan kampanye iklan dengan banner ads.

Banyak orang menyewa jasa desainer maupun developer untuk menciptakan kampanye iklan. Kami tidak mengatakan ini adalah langkah yang buruk. Hanya saja, sebenarnya Anda bisa membuat iklan banner sendiri di rumah, baik statis maupun animasi, dengan tool khusus.

Berikut adalah beberapa situs referensi yang dapat Anda coba untuk membuat iklan banner secara online.

1. Situs Canva.com

Prosedur penggunaannya sangat praktis. Tersedia juga banyak foto, gambar, dan clipt art yang beraneka ragam, baik yang berbayar maupun yang gratis.
Akses Link : Canva.com

2. Situs Bannersnack.com

BannerSnack merupakan salah satu situs untuk merancang banner online secara gratis yang cukup populer. Anda dapat membuat berbagai jenis iklan banner seperti Flash, GIF, HTML5, dan lain-lain.

Ada banyak template dari berbagai dimensi ukuran untuk banner iklan, termasuk untuk postingan media sosial. Anda juga dapat menentukan ukuran secara custom sesuai keinginan Anda.
Akses Link : Bannersnack.com

3. Situs Snappa.io

Snappa.io menggabungkan seluruh aset visual terbaik dalam graphic editor kaya fitur. Berbekal graphic editor ini, Anda bisa mewujudkan gambar apapun yang Anda inginkan. Anda hanya perlu drag & drop objek saja, dan dapat menambahkan efek menarik melalui slider!
Akses Link Snappa.io

4. HTML5Maker.com

Di sini Anda dapat merancang banner animasi seperti desainer profesional. Tampilan yang sederhana dan mudah digunakan akan memudahkan Anda membuat desain banner sesuai keinginan. Menariknya lagi, tersedia juga banyak pilihan foto dan gambar gratis untuk Anda.
Akses Link : HTML5Maker.com
Banner Iklan merupakan media iklan online yang dapat dengan mudah Anda pasang pada website. Namun, jangan sampai efektivitas banner dalam mempromosikan bisnis Anda menjadi sia-sia karena konten dan tampilan yang kurang menarik.

Oleh sebab itu, sebaiknya Anda tetap memperhatikan setiap aspek dalam membuat banner ads yang efektif. Take your time, tidak perlu terburu-buru. Pertimbangkan konsep, struktur, konten, hingga ukuran dimensinya dengan matang. Setelah semuanya siap, artinya Anda juga sudah siap meraih kesuksesan yang lebih masif dari internet berbekal banner iklan. Demikian ulasan diatas semoga bermanfaat dan Selamat mencoba! (Ref : Niagahoster)
Baca Juga : 

Post a Comment for "Ini Manfaat Iklan Banner Untuk Bisnis Anda"