Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mau Jadi Beauty Blogger Coba 7 Tips Penting Ini

Tips Jadi Beauty Blogger - Tak bisa dielak, komunitas beauty blogger punya perannya tersendiri dalam industri kecantikan. Masyarakat kerap mencari opini dari beauty blogger karena dianggap lebih genuine, lebih apa adanya, dan lebih berani menunjukkan sisi positif dan negatif dari suatu produk atau brand. Kalau dilihat sekilas mata, jadi beauty blogger enak ya? Dapat banyak produk kecantikan gratis, diundang ke banyak event, dan belum lagi bisa bekerjasama dengan beberapa brand atau perusahan yang bergerak di bidang kecantikan. Tapi sebenarnya mencapai itu semua tidak semudah kelihatannya lho. Diperlukan komitmen yang tinggi dan tentu saja, passion di dunia beauty dan tulis-menulis.


Senang dengan dunia kecantikan, suka menulis, dan ingin memulai menjadi blogger, Kenapa nggak Simak artikel ini sampai tuntas. Kami merangkum beberapa tips penting yang diperlukan agar bisa menjadi beauty blogger dan tetap bisa menonjol di antara banyaknya blogger yang sudah ada. Sebagai modal awal untuk jadi beauty blogger, 

Ini 7 Tips Penting Untuk Menjadi Beauty Blogger.


1. BUATLAH SESUATU YANG UNIK

Tips Jadi Beauty Blogger Pertama - Gimana caranya supaya tetap bisa menunjukkan “diri” Anda saat berada di kerumunan? Tampil beda aja. Nah sama halnya dengan dunia blogging. Daripada membuat konten secara umum, coba fokus hanya pada hal yang Anda kuasai, misalnya, kalau jago makeup, coba buat blog post berupa tutorial atau tips makeup.  Sedangkan kalau Anda ahli dalam menata rambut, buat konten yang fokus pada perawatan rambut dan hair styling. Supaya nggak monoton, boleh juga kok sesekali memasukan konten lain, tapi pastikan untuk fokus pada satu tema besar supaya blog Anda tetap punya ciri khas! Selain itu, buat ciri khas dengan tampilan desain blog Anda, bisa dari layout, pemilihan logo, font yang dipoloh, sampai color palette untuk setiap foto yang ditampilkan dalam blog Anda.

2. MENENTUKAN TARGET PEMBACA

Tips Jadi Beauty Blogger Kedua - Sebelum menulis, pikirkan dulu target pembaca blog Anda. Kalau target pembaca adalah usia remaja, buat blog yang menggunakan produk drugstore atau produk yang harganya terjangkau. Sedangkan kalau target pembaca adalah usia dewasa coba untuk lebih sering menampilkan produk kecantikan yang ditargetakan untuk mature audience dan perawatan anti-aging. Berbeda jika target pengunjung umum, Anda punya pilihan produk beauty yang lebih bervariasi dari segi harga dan manfaatnya. Tapi sebaiknya seimbangkan penggunaan produk drugstore dan high-end agar semua kalangan bisa merasa terwakili.

3. PEMILIHAN BAHASA YANG BAIK

Tips Jadi Beauty Blogger Ketiga - Kalau target pembacanya sudah ditentukan, sekarang Anda bisa menyesuaikan dengan gaya bahasa penulisan yang ingin digunakan. Paling aman tentu gaya penulisan yang rapi namun tetap menyenangkan untuk dibaca. Penulisan seperti ini akan pas digunakan untuk target pembaca yang umum. Sedangkan untuk target pembaca remaja/pemula, Anda bisa menggunakan bahasa yang lebih santai dengan istilah-istilah kekinian. Selain itu gunakan istilah dunia kecantikan yang lebih umum dan dimengerti segala kalangan supaya pembaca tidak merasa bingung.

4. KAMU HARUS TAHU TEKNIK DASAR PENGAMBILAN GAMBAR

Tips Jadi Beauty Blogger Keempat - Bukan cuma tulisan, dalam dunia blogging tampilan visual juga punya peranan penting, lho. Nggak mau kan tampilan blog udah oke, tapi nggak didukung dengan kualitas gambar yang baik. Supaya pengunjung nyaman dan balik lagi, Anda harus tahu teknik dasar pengambilan gambar yang baik. Selain itu punya skill dasar edit foto juga bisa jadi modal yang penting. Kalau belum jago ambil gambar yang bagus gimana? Nggak masalah kok, yang terpenting jangan malas untuk terus belajar dan mengasah kemampuan Anda. Selalu berlatih menggunakan kamera dan jangan ragu coba berbagai angle saat mengambil gambar.

5. COBA KEMBANGKAN NETWORKING

Tips Jadi Beauty Blogger Kelima - Jangan cuma asik dengan blog sendiri, secara rutin sempatkan untuk mampir ke blog yang memiliki tema sejenis. Jangan ragu untuk meninggalkan komentar dan saling berbagi pengalaman juga ya. Selain memperluas jaringan, tentu hal ini dapat membantu meningkatkan jumlah pengunjung blog Anda. Begitu juga saat ada undangan untuk menghadiri acara produk kecantikan, manfaatkan dengan sebaik-baiknya. Kenalan dengan banyak orang dan bersikap professional  dengan penyelenggara acara. Jangan lupa, berikan feedback dengan baik saat menuliskan hasil liputan secara lengkap. Hmm, kalau hasil tulisanya oke nggak menutup kemungkinan Anda akan kembali diundang untuk acara sejenis lho.

6. PERHATIKAN KUALITAS, BUKAN KUANTITAS

Tips Jadi Beauty Blogger Keenam - Blog yang baik itu tidak diukur dari banyaknya jumlah postingan, lho. Kalau dalam sehari Anda menulis dan menayangkan 4 tulisan tapi kualitasnya tidak maksimal, yang membaca bisa malas kembali berkunjung. Ada baiknya untuk mengutamakan kualitas isi dari tiap tulisan yang dibuat. Misalnya, kalau Anda menulis review suatu produk, tulis secara jelas, detail, tapi juga tetap menarik untuk dibaca. Jangan ragu untuk menunda tulisan kalau memang konten yang ingin Anda sampaikan memerlukan riset lebih dalam. Yang terpenting pastikan tiap pengunjung blog  merasa terbantu dengan isi tulisan yang ditampilkan. Karena pada akhirnya blog dengan isi yang ‘padat’ dan sarat info punya kesempatan lebih besar di-bookmark pengunjung daripada blog yang sekadar mengejar jumlah post dengan isi konten yang terlalu umum.

7. MEMILIKI KOMITMEN UNTUK KONSISTEN

Tips Jadi Beauty Blogger Ketujuh - Melihat kesuksesan yang diraih beauty blogger favorit Anda tentu saja bisa jadi satu pecutan semangat untuk mengikuti jejak yang sama. Menjadikan mereka inspirasi sih boleh-boleh saja, tapi jangan pernah membandingkan blog yang baru Anda buat dengan blog mereka yang sudah sukses, ya. Kalau bisa mendorong diri tentu baik, tapi kalau terlalu sering melihat ‘ke atas’ dan malah membuat Anda jadi tidak percaya diri dan akhirnya malah mundur sebelum sukses kurang baik juga. Ayo fokuskan diri untuk konsisten menampilkan berbagai konten yang bermanfaat bagi pengunjung, dan selalu ingat, yang namanya proses pasti membutuhkan waktu. Kalau punya komitmen untuk konsisten memberi yang terbaik dan nggak mudah menyerah pasti kesuksesan akan mengikuti!

Demikian 7 Tips Penting Untuk Jadi Beauty Blogger, Apa punya tips lain? Atau mau berbagi pengalaman dalam proses menulis blog? Jangan ragu untuk tulis di kolom komentar ya!
Baca Juga : 

Post a Comment for "Mau Jadi Beauty Blogger Coba 7 Tips Penting Ini"