Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengembang Telegram Luncurkan Platform Telegraph, Instant Blogging Terbaru

Platform Instant Blogging Terbaru - Selain beberapa aplikasi chatting populer seperti Line, WhatsApp ataupun WeChat, ada satu aplikasi chatting lagi yang namanya sedang naik daun yakni Telegram. Aplikasi chatting yang memfokuskan diri pada keamanan percakapan ini, bahkan sudah mampu menarik minat lebih dari 100 juta pengguna aktif di seluruh dunia.


Telegram Luncurkan Platform Telegraph, Pengembang aplikasi Telegram belum lama ini merilis layanan terbaru yakni platform blogging Telegraph yakni platform untuk penerbitan artikel maupun cerita di Web bernama Telegraph yang bisa Anda kunjungi di http://telegra.ph/. Layanan ini masih mengutamakan fitur keamanan dan juga fitur anonymous alias tanpa nama, Telegraph diharapkan dapat menjadi pilihan bagi mereka yang ingin  mencoba sensasi blogging dengan tema berbeda.

Pengembang Telegram Telurkan Platform Blogging Terbaru, Seperti Apa Telegraph itu?

1. Desain Super Simple

Layanan Instant Artikel - Dua kata yang paling tempat untuk merepresentasikan layanan platform blogging terbaru dari Telegram, Telegraph adalah minimalis dan anonymous. Minimalis karena, para pengguna dapat melakukan kegiatan blogging bahkan tanpa harus mendaftar atau merisaukan banyak hal seperti template dan yang lainnya. Kita tinggal mengisi judul, nama (jika ingin mengisi) dan konten.

Hanya itu saja dan kita bisa langsung memposting blog kita sendiri. Untuk melihat isi posting pun cukup beragam. Tidak hanya teks, pengguna juga bisa melampirkan foto dan juga beberapa kode embed standar. Konsep posting semacam ini, mungkin memang tidak memenuhi semua kriteria yang dibutuhkan untuk membuat konten yang lengkap. Namun setidaknya, untuk posting hal yang bersifat umum nampaknya ini sudah lebih dari cukup.

Berikutnya, untuk tetap mempertahankan fitur pokok dari layanan Telegram yakni mengutamakan keamanan, Telegraph bisa dijalankan  bahkan tanpa mencantumkan nama kita alias anonymous. Jadi secara sederhana, kita bisa memposting secara online konten apapun tanpa harus mencantumkan atau diketahui data diri kita. Jika ditilik lebih jauh lagi, mungkin konsep blogging unik semacam ini bisa di manfaatkan untuk beberapa hal seperti contohnya memposting informasi tertentu yang dilengkapi dengan gambar. Daripada takut hal tersebut hilang, akan lebih baik jika kita mengunggahnya melalui layanan Telegraph dan akan tersimpan selamanya secara online.

Namun yang harus diperhatikan adalah, karena kita tidak diharuskan membuat akun, maka kita harus benar-benar menyimpan dengan baik alamat dari konten blog yang telah kita buat. Karena jika kita lupa, dijamin 100% cetakan sulit untuk menemukan konten blog tersebut lagi. Oleh karena itu, tidak disarankan untuk mengupload konten yang bersifat penting seperti foto keluarga atau foto yang berhubungan dengan urusan pekerjaan.

2. Integrasi Dengan Aplikasi Telegram

Selain mengutamakan kemudahan dalam membuat blog, Telegraph juga menawarkan kemudahan ketika kita ingin men-share konten tertentu. Nantinya adalah fitur link khusus yang bisa dicantumkan langsung layaknya kode embed. Dihubungkan dengan aplikasi chatting Telegram, fitur blog ini bisa langsung dihubungkan dengan layout media terbaru milik Telegram, Instant View.

Bagi yang belum terlalu mengetahui tentang fitur instant view, secara umum merupakan rich embeds untuk tautan media ketika kita memasukkan kode tersebut pada chatting Telegram. Nampak serupa dengan yang dimiliki oleh media sosial platform seperti #Twitter dan Facebook, instant view juga dapat menampilkan preview artikel yang dilengkapi dengan sebuah foto khusus.

Bentuk semacam ini, secara umum bisa lebih menarik orang yang dikirimi chat untuk membuka tautan tersebut, dibanding mengirimkan tautan saja. Dan ketika nantinya pengguna mengklik pada tautan tersebut, mata akan secara otomatis akan terbuka artikel atau blog yang telah dibuat sebelumnya melalui tampilan in-app. Tampilan semacam ini, memang cukup mirip dengan fasilitas yang dimiliki Facebook yakni Facebook instant articles.

Cara Menulis dan Mempublikasikan Tulisan Di Telegraph

Layanan Blogging Terbaru TelegraphUntuk menulis dan mempublikasikan tulisan Anda secara cepat di telegraph, Anda hanya perlu untuk mengunjungi situs telegra.ph. Disana Anda hanya akan melihat layar putih dengan tempat untuk menambahkan judul, nama Anda, dan ruang untuk menulis. Anda dapat menambahkan teks dan format dengan Markdown, dan bahkan Anda juga dapat menanamkan gambar dari komputer Anda, serta tweets dan video dari YouTube dan Vimeo. dengan hanya mempastekan link di area tersebut.

Untuk menerbitkan tulisan Anda sangat mudah sekali, Anda hanya perlu menekan tombol “Publish” disebelah kanan atas. Dan Anda bisa mengedit tulisan tersebut selama browser yang Anda gunakan aktif. Jika Anda keluar dari browser Anda dan mengakses URL dari postingan Anda di telegraph, maka tidak akan bisa di edit kembali.

Telegraph memang sangat sederhana dan setelah mempublish artikel Anda tidak bisa dengan mudah menemukan artikel Anda jika Anda tidak menyimpan URL postingan Anda. Untuk membagikan artikel ke media sosial, Anda harus memposting URL tersebut di jejaring sosial Anda. Kelemahan dari Telegraph ini tentu saja pada bagian keamanan, karena tidak terdapat akun khusus untuk bisa menulis, siapa saja bisa menulis dan menggunakan nama orang lain pada tulisan mereka. Selain itu juga tidak terdapat kolom komentar, tidak adanya navigasi yang memudahkan untuk mencari artikel setelah diterbitkan, juga fitur pencarian tidak disediakan di telegraph. Jadi disini Anda hanya perlu menulis dan pergi begitu saja.

Telegraph mungkin bisa dijadikan sebagai alternatif menarik untuk penerbitan tweetstorms yang panjang dan update status. Tapi tentu saja setelah menulis Anda masih perlu untuk membagikan URL link Anda di media sosial, email atau chat. Bagi blogger mungkin bisa di manfaatkan sebagai tempat mudah untuk menanam backlink. Jika suatu hari nila DA dan PA dari situs telegra.ph tinggi, maka bisa menjadi alternatif cepat untuk ladang tanam backlink.

Demikian ulasan singkat mengenai telegraph platform instant blogging terbaru yang dibuat oleh perusahaan aplikasi pesan instan telegram. Semoga bermanfaat buat Anda dan selamat mencoba menulis cerita Anda di platform instant artikel telegraph. (Ref : Maxmanroe/Centerklik)

Post a Comment for "Pengembang Telegram Luncurkan Platform Telegraph, Instant Blogging Terbaru"