Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ponsel Karya Anak Bangsa Digicoop Sudah Dibidik 1.500 Orang, Berikut Fitur Dan Spesifikasinya

Koperasi Digital Indonesia Mandiri (KDIM) resmi merilis smartphone berbasis Android, Digicoop.
Rencananya, ponsel ini akan dibagikan kepada para anggota KDIM secara "gratis".


KDIM sendiri merupakan koperasi bentukan Masyarakat Telematika Indonesia (Mastel) dan APJII. Konsep ponsel Digicoop mendapat dukungan dari Kemenkominfo, Kemenkop, Bekraf, ITB, Kemenristek Dikti, dan Kemenperin. Digicoop sendiri dikembangkan oleh tim peneliti Institut Teknologi Bandung.

Ponsel Karya Anak Bangsa Digicoop Sudah Dibidik 1.500 Orang


Ponsel Pintar Karya Anak Bangsa Digicoop Sudah Dipesan 1.500 Unit - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara memperkenalkan kemunculan ponsel pintar lokal perdana, Digicoop yang merupakan hasil kerjasama lintas bidang.

Ponsel Asli Anak Bangsa Digicoop / Image Hipwee.com 

Ponsel Digicoop atau kepanjangan dari Digital Koperasi merupakan ponsel yang diinisiasi oleh Koperasi Digital Indonesia Mandiri (KDIM). KDIM sendiri merupakan hasil inisiasi Masyarakat Telematika (Mastel) dan Asosiasi Penyelenggara Jaringan Internet Indonesia (APJII).

KDIM merupakan koperasi yang juga melibatkan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf), Kementerian Riset dan Teknologi Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti), Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), Kementerian Koperasi Usaha Kecil Menengah (Kemenkop UKM), Kementerian Perindustrian (Kemenperin), Institut Teknologi Bandung (ITB), dan PT Jalawave Integra yang bekerjasama dengan operator Telkomsel dan XL Axiata.

Berbeda dengan ponsel pintar pada umumnya, Rudiantara memastikan Digicoop merupakan salah satu realisasi rencana pemerintah dari sisi ekonomi digital. Terlebih saat ini pemerintah sedang berfokus pada tiga hal yakni device, network, dan application (DNA).


Berbeda dengan korporasi yang merupakan kumpulan saham, semangat koperasi lebih pada kumpulan individu salah satunya dengan memberi dukungan bagi kemunculan inovasi ponsel lokal, ungkap Rudiantara disela peluncuran di Cikarang, Jawa Barat, Jumat (20/1) seperti dikutip via CNNIndonesia.com. Untuk itu, positioning Digicoop dibanding ponsel lain disebut Rudi untuk menyasar segmen yang belum digarap oleh produsen kebanyakan.

Senada dengan yang diutarakan Rudiantara, Ketua KDIM Henry Kasyfi mengatakan saat ini masyarakat memerlukan terobosan utk masalah kedaulatan digital dan infrastruktur. Mengingat sejauh ini Indonesia sebatas dijadikan pasar oleh produsen asing. Henry mengatakan, sebelum merilis ponsel tim konsorsium telah melakukan survei untuk mencari tahu ketertarikan masyarakat terhadap ponsel dan aplikasi lokal pendikung.

Menurutnya dari hasil survei diketahui sekitar 53,7 persen mengaku tertarik menjadikan ponsel dalam negeri sebagai ponsel pertama. Sementara 63,5 persen lainnya tertarik beralih menggunakan aplikasi lokal. Saat ini kami sudah menerima pemesanan 1.500 unit. Hal itu menunjukkan ketertarikan masyarakat untuk pakai perangkat lokal," ucap Henry.

Dibandingkan segmentasi ponsel mainstream lain, Digicoop diharapkan bisa menjangkau segmen ibu rumah tangga. Terlebih saat ini ada sekitar 51 persen dari total wanita Indonesia merupakan kaum ibu

Fitur dan Spesifikasi Digicoop


Ponsel Asli Anak Bangsa Digicoop - Untuk smartphone Digicoop pertama yang dirilis memiliki nama Digicoop 01. Dilihat dari spesifikasinya, terlihat jelas ponsel ini menyasar kelas low-end. Smartphone ini telah dibekali layar 4,7 inci beresolusi FWVGA yang tentu cukup rendah untuk saat ini di mana kebanyakan memiliki resolusi minimal HD 720p.
Fitur dan Spesifikasi Digicoop / Arenalte.com
Sementara itu dapur pacunya memakai prosesor Quad-core 1,5 GHz yang didukung dengan RAM 1 GB, penyimpanan internal 8 GB, kamera belakang 5 MP, kamera depan 2 MP, dan baterai berkapasitas 1.800 mAh.

Harga dan Spesifikasi Digicoop - Sistem operasinya sendiri memakai ID3OS yang merupakan custom ROM dari Android. Fitur-fitur yang ada dalam smartphone ini antara lain yakni fitur short message service (SMS), browsing, VOIP Call dan streaming youtube. Menurut rencana, ponsel ini akan dipasarkan dengan harga IDR 1,2 juta.


Bagaimana cara mendapatkannya? Sayangnya, menurut Ketua Umum Koperasi Digital Indonesia Mandiri Henri Kasyfi, smartphone Digicoop untuk sementara tidak dikomersialkan secara luas, hanya diperuntukan bagi setiap anggota koperasi saja.

Korporasi lain bisa melakukan investasi tapi tidak memiliki hak suara. Jadi benar-benar berbasis kerakyatan dimana anggotanya adalah WNI. Hanya dengan menabung di koperasi para anggota akan mendapatkan ponsel pintar buatan anak bangsa. Dan setiap dua tahun sekali ponsel tersebut akan diganti dengan tipe terbaru,” jelasnya. Pihaknya menegaskan model bisnis tersebut diharapkan menjadi model nasional yang dapat menegakkan teknologi digital yang mandiri. (Ref : Cnnindonesia / Arenalte)

Post a Comment for "Ponsel Karya Anak Bangsa Digicoop Sudah Dibidik 1.500 Orang, Berikut Fitur Dan Spesifikasinya"