Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sepeda Pintar LeEco Dengan Sistem Android, Lihat Harganya ?

LeEco atau yang sebelumnya bernama Leshi TV (LeTV), perusahaan teknologi asal Tiongkok ini memperkenalkan sepeda pintar besutannya di ajang CES 2017. Langkah ini terbilang cukup mengejutkan, mengingat LeEco merupakan perusahaan yang dikenal sebagai penyedia layanan video-streaming dan pembuat smartphone dan televisi.

Di CES 2017, perusahaan yang saat ini dipimpin oleh Jia Yueting itu memboyong prototipe dua sepeda pintar; satu sepeda jalanan biasa dan satu sepeda gunung. Kedua sepeda tersebut akan melantai ke pasar Amerika pada kuartal kedua tahun ini.

Layar sentuh seluas berdiagonal empat inci di kedua sepeda itu menjalankan sistem operasi Android yang sudah dimodifikasi. Ini memungkinkan pengguna untuk melihat navigasi dengan memanfaatkan layanan Here Maps. Selain itu, sebagaimana dikutip dari Fortune, Jumat (6/1/2017), pengguna juga bisa menyetel musik baik secara online maupun offline, melihat catatan (log) selama bersepeda. Tersedia pula barometer dan speedometer. Hal tak kalah menarik, pengguna bisa berinteraksi dengan pengguna sepeda pintar LeEco lainnya melalui walki-talkie yang tersedia on-board.

Sepeda Pintar LeEco Dengan Sistem Android


Sepeda pintar Android ini diberi nama Super Bike. Sepeda tersebut dipamerkan diacara LeEco Bigbang Conference, yang diadakan di Innovation hangar, San Francisco, AS. Acara ini juga menandai kehadiran LeEco di Negeri Paman Sam tersebut, dalam acara tersebut LeEco juga menyatakan bahwa sepeda tersebut akan dijual dipasar AS dalam waktu dekat. LeEco membuktikan, Android tidak hanya bisa digunakan di Smartphone dan tablet saja. Vendor asal China tersebut berhasil mengaplikasikan OS bikinan Google tersebut di sepeda.

Sepeda pintar Le Super Bike ini menggunakan kerangka berbahan serat kartbon dan titanium. Sepeda unik ini terlihat futuristik berkat adanya laser yang dapat dinyalakan pada malam hari. Saat dinyalakan, laser akan menyinari kedua sisi sepeda. Tujuannya adalah untuk memberikan jarak sehingga pengguna Le Super Bike tidak dipepet pengendara lain.

Perangkat Android Bike OS Di Bodi Sepeda Pintar LeEco


Super Bike juga dilengkapi dengan berbagai perangkat elektronik yang meningkatkan keamanan pengendaranya. Seperti lampu sein, lampu depan yang bisa diatur ketinggiannya, kamera dan lampu laser untuk memberi garis batas aman disisi kiri dan kanan sepeda. Kecanggihan Super Bike tidak berhenti sampai disitu LeEco juga berhasil menyematkan semacam ponsel Android berbentang 4 inci dibagian tengah setang. Meski sistem oprasi tersebut disebut sebagai Bike OS oleh perusahaan asal China tersebut, secara garis besar perangkat ini adalah ponsel karena bisa terkoneksi ke jaringan seluler. 

Di bagian tengah sepeda, LeEco menghadirkan tiga tombol fungsi, yakni power, kamera, dan lampu. Seperti namanya, power digunakan untuk menyalakan sepeda, kamera untuk menyalakan fungsi mengambil gambar, dan lampu untuk menyalakan penerangan di bodi sepeda.

Untuk menghidupi perangkat tersebut, LeEco menanam baterai lithium berkapasitas 7.950 mAh di bagian frame sepeda. Baterai tersebut nantinya bisa diisi dayanya menggunakan kabel microUSB. Selain itu, sepeda ini juga dilengkapi dengan gearset Deore 30-speed buatan Shimano, RAM 4 GB, dan prosesor quad-core.

Meski demikian ada banyak fitur khusus yang ada dalam perangkat ini, seperti pengaturan navigasi berbasis GPS serta menu dan pengaturan barbagai fitur sepeda. Lalu ada juga fitur untuk mengunci ban belakang yang menggunakan sensor sidik jari kuncinya. Ada juga alarm serta pendeteksi lokasi jika Super Bike dicuri.

Selain perangkat Android pada stang sepeda, ada juga tombol pada bagian tengah sepeda yang fungsinya untuk mengatur tenaga, kamera dan lampu. Lalu pada bagian grip ada sejumlah tombol untuk lampu sein dan fungsi seperti menelpon atau menyalakan musik. Sepeda dengan bentuk futuristik ini dilengkapi dengan tipe Shimano Deore 30-speed, dengan rangka berbahan carbon fiber.

Harga Sepeda pintar LeEco Pakai Android

LeEco sendiri tidak menyebutkan kapan tepatnya perangkat ini akan hadir di AS. Tidak disebutkan juga harga sepeda pintar LeEco ini, tetapi Le Super Bike sudah dijual di China dengan harga 800 dollar AS (Rp 10,5 juta) hingga 6.000 dollar AS (Rp 78 juta), tergantung bahan frame yang dipilih. Harga termahal dibanderol untuk sepeda pintar dengan frame yang keseluruhannya berbahan serat karbon.

Post a Comment for "Sepeda Pintar LeEco Dengan Sistem Android, Lihat Harganya ?"