Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sikumis.com, Situs Marketplace Komoditas Pertanian Indonesia - Solusi Pelaku Agribisnis

Situs Marketplace Komoditas Pertanian - Pada awal berdirinya Sikumis.com lebih dikenal sebagai ecommerce untuk berbagai produk industri yang meliputi #pertanian, peternakan hingga perikanan. Serta mengusung konsep business to business (B2B), Sikumis.com menjalankan layanannya selama beberapa tahun berselang.


Setelah 6 tahun berjalan, akhirnya pihak pengembang dari startup SiKumis mengubah langkah besar dengan melakukan pivot bisnis. Dari yang dulunya mengusung konsep bisnis ecommerce, kini Sikumis.com berubah menjadi layanan platform online yang bertujuan tidak hanya menjadi marketplace industri agrikultur namun juga menjadi jembatan pemersatu para pelaku usaha di bidang pertanian, peternakan, perikanan serta UKM agribisnis.

Misi Yang Diusung Sikumis.com #GerakanPetaniModern

Dalam rilis presnya beberapa waktu lalu, pengembang dari startup Sikumis.com menyatakan bahwa saat ini SiKumis telah gencar menyuarakan aksi #GerakanPetaniModern yang merupakan upaya untuk meningkatkan kesadaran petani di Indonesia tentang besarnya potensi pemanfaatan teknologi.

Dari situ secara umum yang ingin diraih oleh platform online Sikumis antara lain memberikan tambahan wawasan utamanya di bidang teknologi seperti pemanfaatan #internet dan juga pemasaran online untuk beragam produk agri bisnis. Beberapa strategi menarik yang diusung dalam gerakan tersebut antara lain terciptanya pengusaha agribisnis hingga mencapai 1,5% total penduduk Indonesia, mendorong pelaku usaha agribisnis untuk bisa memaksimalkan pemasaran produk berbasis digital, lalu juga berupaya terciptanya transparansi harga serta stabilitas semua komoditas agribisnis.

Langkah Nyata Sikumis.com Menuju Transparansi Harga Komoditas

Menyoroti tentang poin ketiga yang disebutkan sebelumnya, saat ini permasalahan yang mendera sektor industri agri bisnis di Indonesia yakni tingginya harga komoditas yang nyatanya tetap merugikan semua pihak. Jika ditelisik lebih lanjut, dari hasil penelitian pihak Sikumis.com masalah ini dimulai karena lebarnya rantai pasokan dari berbagai komoditas agribisnis lokal. Dalam riset tersebut disebutkan bahwa saat ini ada 4 hingga 6 tingkatan rantai pasokan yang tentunya semakin membuat harga komoditas melambung.

Dari setiap tingkatan tersebut, margin keuntungan yang diambil sangatlah beragam dan secara keseluruhan terbilang besar jika dibanding keuntungan yang didapat oleh para petani, peternak atau nelayan yang hanya sebesar 12%. Dari tahapan rantai distribusi tersebut, dampaknya harga akhir yang didapatkan oleh konsumen menjadi semakin mahal. Di lain sisi, kesejahteraan para pelaku utama industri agribisnis tak juga dapat terkatrol naik.

SiKumis melihat bahwa tidak adanya transparansi harga merupakan penyebab utama adanya kesenjangan harga mulai dari penghasil komoditas sampai ke tangan konsumen. Terlebih lagi para penghasil komoditas seperti petani, peternak dan juga nelayan, saat ini juga masih minim mendapatkan pengetahuan terkait pemanfaatan teknologi. Inilah yang menyebabkan mereka juga sulit untuk memantau secara real time kondisi harga di pasaran.

Merujuk dari permasalahan tersebut, seperti yang juga telah dipaparkan sebelumnya, Sikumis.com berupaya menjadi platform online yang dapat memfasilitasi para pelaku industri agri bisnis untuk semakin melek IT dan dapat memanfaatkannya untuk meningkatkan kesejahteraan bersama.

Sikumis.com, Sebagai Situs Marketplace Hasil Pertanian Terlengkap di Indonesia

Hadir di era teknologi jaringan internet yang mulai berkembang pesat di Indonesia. Sebuah marketplace yang khusus menjual produk-produk hasil pertanian bernama sikumis.com, menawarkan alternatif cara menjual produk, dengan mempertemukan petani dengan konsumen/industri secara online, fitur apa saja yang membuat marketplace ini berkembang, berikut ulasan dikutip dari Agroindustri.org :

Dilengkapi Berbagai Fitur, Sikumis.com Hadirkan Paket Lengkap Jual-beli Online

Salah satu masalah yang banyak dialami oleh para petani dan nelayan di Indonesia yaitu kesulitan dalam akses penjualan produk yang mereka hasilkan, di Indonesia pasar masih dikuasai oleh para tengkulak dan juragan yang bisa mengendalikan harga jual hasil pertanian maupun hasil laut di suatu daerah.

Sikumis.com, Situs Marketplace Hasil Pertanian Pertama di Indonesia

Maka, tidak heran jika harga beli tengkulak dari petani sangat rendah sedangkan harga jual ke konsumen sangat tinggi, karena petani maupun nelayan yang mayoritas masyarakat menengah ke bawah tidak punya pilihan lain selain menjual hasil panen mereka, berharap mereka mau mengolah terlebih dahulu hasil pertanian menjadi produk jadi yang bernilai ekonomi tinggi rasanya terlalu sulit, karena bagi sebagian besar dari para petani ini membutuhkan uang secepat mungkin agar bisa digunakan untuk keperluan rumah tangga dan sebagai modal menggarap lahan musim berikutnya.

Dengan berkembang pesatnya teknologi jaringan internet di Indonesia, hal ini secara otomatis mendorong perkembangan bisnis jual beli berbasis online atau biasa disebut dengan e-commerce. Sistem e-commerce yang didesain menyerupai dengan pasar konvensional tetapi berbasis online ini banyak digarap oleh anak muda di Indonesia, untuk meningkatkan efektifitas dan effisiensi aktifitas jual beli tanpa harus bertatap muka.

Sikumis.com, adalah salah satu marketplace yang khusus menyediakan produk-produk hasil pertanian dan peternakan di Indonesia. Sikumis.com merupakan marketplace dan toko online bagi para petani, nelayan, peternak dan beragam UKM makanan dan minuman berbasia agri serta pedagang pasar tradisional, pertama dan terbesar di Indonesia.
Hadir dengan 7 komoditas yang terdiri dari ribuan kategori dan sub kategori maka kita dengan mudah akan menemukan ratusan ribu produk yang jarang didapat atau susah di cari melalui internet, ke 7 komoditi itu meliputi:
  1. Pertanian,
  2. Perkebunan & Kehutanan,
  3. Peternakan,
  4. Perikananan & Kelautan,
  5. Lingkungan Hidup & Taman,
  6. Buku Pelatihan & Software serta
  7. Prasarana & Sarana Pertanian.

Fasilitas Pendukung Online Marketplace Sikumis.com

Website ini memang sengaja dibuat sebagai sarana untuk para pelanggan yang membutuhkan komoditi dengan jumlah tetap dan rutin, dengan dilengkapi berbagai fasilitas yang biasanya di gunakan oleh para pelanggan Sikumis.com yang terdiri dari berbagai kalangan, seperti perhotelan, catering, rumah makan atau restaurant (HOREKA), rumah sakit bahkan eksportir dan importir. Berikut berbagai fasilitas yang bisa digunakan oleh petani agar bisa memaksimalkan penjualan dari hasil panen melalui online marketplace.
  • Fasilitas Barometer Harga: Sarana untuk para petani, nelayan, peternak, hingga pedagang dan pelanggan untuk mencek dan melihat harga komoditas di daerah masing masing.
  • Fasilitas Lelang Komoditas Online: Sarana untuk para petani, peternak, dan nelayan untuk melelang komoditasnya secara online dan real time.
  • Fasilitas Kios online : Sarana untuk para petani, peternak, pedagang dan nelayan untuk memajang komoditasnya layaknya toko di dunia ofline.
  • Fasilitas Aplikasi mobile : Sarana untuk para petani, peternak, pedagang dan nelayan untuk berinteraksi langsung dengan calon pembeli dengan harga dan kuantiti ritel.
  • Prasarana & Sarana : Tersedia semua kebutuhan alat dan mesin pra & pasca panen terlengkap mulai pupuk, pestisida, handsprayer, handtraktor hingga pelatihan dan software pertanian.
  • Layanan Pelanggan : Sikumis.com menyediakan Network Development agen yang bertugas membantu para petani, nelayan, peternak, UKM hingga pelanggan besar lainnya.Sistem Pembayaran : Tersedia pilihan metode pembayaran yang bervariasi aman dan mudah.
  • Produk Langsung dan segar : Produk yang tersedia di sikumis.com adalah produk segar yang datangnya dari para petani, peternak, nelayan hingga UKM agri.
  • Pelayanan Pengiriman : Semua produk yang ada di sikumis.com dapat dikirimkan ke seluruh negara yang tergabung dengan Asia Tenggara.
  • Program Affiliasi / Dropship : Suatu program pemasaran bagi para reseller untuk menjadikan anda pengusaha agribisnis yang tangguh dan sukses.
  • Promo : Sikumis senantiasa akan menghadirkan beragam kemudahan disertai kejutan hadiah dan promo potongan harga di setiap pembelanjaan anda.
Dengan didukung adanya berbagai fasilitas di atas, sampai dengan saat ini Sikumis.com merupakan paket lengkap dari sebuah marketplace yang bisa digunakan oleh petani Indonesia.

Di era persaingan masyarakat ekonomi asean (MEA) ini petani Indonesia harusnya mulai beradaptasi dengan teknologi, sikumis menawarkan cara pembayaran yang mudah, support layanan pelanggan yang responsif serta pengiriman yang mencakup hingga ke wilayah negara-negara di Asia Tenggara.

Solusi yang Ditawarkan Sikumis.com

Merujuk dari permasalahan tersebut, seperti yang juga telah dipaparkan sebelumnya, Sikumis.com berupaya menjadi platform online yang dapat memfasilitasi para pelaku industri agribisnis untuk semakin melek IT dan dapat memanfaatkannya untuk meningkatkan kesejahteraan bersama.

Dari beragam layanan yang nantinya bisa dinikmati oleh pengguna Sikumis.com, beberapa yang menjadi senjata andalan startup tersebut antara lain adanya kios online untuk para petani, peternak, nelayan atau UKM industri agri, yang bisa dimanfaatkan untuk memasarkan produknya secara langsung pada jutaan pengguna internet. Kemudian ada juga fitur barometer harga yang berisi update harga komoditas lokal di berbagai daerah secara real time. Semuanya dirangkum menjadi layanan online yang dapat diakses melalui website ataupun aplikasi mobile.

Dengan adanya layanan Sikumis.com tersebut nampaknya startup yang satu ini sangat layak untuk terus mendapatkan dukungan dari kita semua. Utamanya para pelaku agribisnis, sangat disarankan untuk segera bergabung menjadi bagian dari gerakanpetanimodern.

Post a Comment for "Sikumis.com, Situs Marketplace Komoditas Pertanian Indonesia - Solusi Pelaku Agribisnis"