Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Fakta Tentang Silicon Valley, Markas Berkumpulnya Raksasa Teknologi Dunia

7 Fakta Tentang Silicon Valley

7 Fakta Tentang Silicon Valley, Markasnya Para Raksasa Teknologi Dunia

Markas Kumpulnya Raksasa Teknologi Dunia - Apakah kamu sudah akrab banget dengan yang nama Youtube, Google, Facebook, hingga Apple. Pernah penasaran nggak sih sama markas mereka? Ternyata perusahaan raksasa tersebut bernaung di kawasan yang sama, yakni Silicon Valley.

Coba bayangkan satu kawasan tempat berkumpulnya orang-orang di balik bisnis besar yang menguasai hampir seluruh dunia. Wah, besar sekali ya pastinya. Nah, karenanya RokanOnline kali ini akan membahas tentang Silicon Valley. Yuk, kenal lebih jauh tentang kawasan legendaris ini.

Berikut 7 Fakta Tentang Silicon Valley

1. Letak Silicon Valley 

7 Fakta Tentang Silicon Valley, Markas Berkumpulnya Raksasa Teknologi Dunia

Silicon Valley bukanlah negeri khayalan melainkan negeri yang nyata. Silicon Valley ini terletak di California, Amerika Serikat. Atau lebih tepatnya di San Fransisco. Silicon Valley adalah sebutan bagi daerah selatannya San Fransisco Bay Area, California Amerika Serikat. Bisa dibilang Silicon Valley adalah ibukotanya teknologi dunia. Sebutan itu memang pantas, mengingat Silicon Valley adalah rumah bagi banyak perusahaan teknologi informasi dari yang startup hingga yang sudah lama berdiri. Kawasan Silicon Valley sendiri mencakup berbagai area, di antaranya Menlo Park, Mountain View, Palo Alto, dan Sunnyvale. 

2. Awal Mula Nama Silicon Valley 

Awal Mula Nama Silicon Valley

Nama Silicon Valley pertama kali dicetuskan oleh Ralph Vaerst, seorang pengusaha sukses di California. Sementara yang memunculkannya pertama kali di media massa adalah Don Hoefler, yang nggak lain adalah teman dari Vaerst. Artikel berbentuk seri yang berjudul Silicon Valley in The USA ini pertama kali terbit tahun 11 Januari 1971. Namun, nama Silicon Valley baru ngehits banget di tahun 80-an.

Kenapa namanya Silicon Valley?

Silikon adalah bahan yang digunakan untuk membuat produk semikonduktor komersial. Karena di kawasan tersebut ada banyak perusahaan yang terlibat dalam industri semikonduktor dan komputer, maka tercetuslah nama Silicon Valey!

3. Silicon Valley Tempat Bernaungnya Impian Anak Muda

Silicon Valley Tempat Bernaungnya Impian Anak Muda

Silicon Valley jadi tempat bernaungnya perusahaan ternama impian anak muda. Kita bisa menemukan raksasa sekelas Google, Facebook, hingga Youtube di sana Kawasan ini adalah markas atau rumah bagi banyak perusahaan teknologi ternama. Sebut saja Yahoo, Google, Facebook, Youtube, hingga Apple dan HP bermarkas di sana. Kalau kebetulan kamu punya kesempatan untuk berkunjung ke Silicon Valley, sayang banget kalau nggak mengunjungi dan berfoto di depan kampusnya Google atau Facebook! Yah, meski mungkin nggak bisa masuk ke dalamnya, setidaknya kamu bisa selfie di depannya. 

4. Fakta Yang Mengejutkan

Fakta Yang Mengejutkan  tentang Silicon Valley

Percaya atau nggak, banyak perusahaan ternama dunia yang awalnya dilahirkan di garasi rumah kawasan Silicon Valley ini! Perusahaan ternama seperti Apple, bahkan berawal dari sebuah garasi. Kala itu Steve Jobs di garasi rumah masa kecilnya bersama dengan rekannya, Steve Wozniak (co-founder Apple), berhasil menyelesaikan 50 komputer pertama mereka. Selain Apple, HP juga memulai bisnis mereka dari garasi rumah. Setelah bisnisnya sukses, barulah mereka mulai membangun kantornya sendiri.

Pesan moralnya, nggak harus nunggu sampai punya fasilitas lengkap dulu untuk memulai usaha. Kamu bisa memulainya dengan sumber daya yang ada. Nggak menutup kemungkinan kamu yang saat ini bermimpi punya startup sendiri, bisa punya cerita yang sama seperti founder-nya Apple dan HP yang melahirkan inovasi besar dari garasi rumah.

5. Siapa pun Bisa Membangun Startup Sendiri

Siapa pun Bisa Membangun Startup Sendiri

Siapa pun kamu dan berapa pun usiamu, asalkan punya bakat, Silicon Valley bisa menerimamu dengan banyak peluang untuk berkembang! Itulah alasan kenapa Silicon Valley adalah surganya mereka yang punya hasrat kuat membangun startup. Kalau kamu punya ide yang brilian dan bisa kamu wujudkan, jangan ragu untuk merangkai mimpimu menjadi kenyataan. Di Silicon Valley, banyak banget orang dari berbagai daerah dan negara yang datang ke sana untuk mewujudkan startup mereka menjadi nyata. Mulai dari startup di bidang teknologi sampai merambah ke bidang lainnya.

Udah banyak nih ceritanya, anak muda jenius usia 20-an yang menciptakan aplikasi tertentu kemudian punya startup-nya sendiri lantaran dilirik oleh investor besar. Yup, di Silicon Valley, bukan hal yang mustahil kamu menciptakan perusahaanmu sendiri yang dibiayai oleh investor, selama ide dan produk yang kamu ciptakan itu brilian.

6. Silicon Valley Menjadi Terkenal

Silicon Valley Menjadi Terkenal

Saat ini banyak negara yang mulai berlomba menciptakan Silicon Valley-nya masing-masing. Ternyata banyak juga lho bermunculan Silicon Valley dari belahan bumi lainnya. Sebut saja Bangalore yang diklaim sebagai Silicon Valley-nya India. Sementara Israel punya Silicon Wadi yang letaknya di sekitar Tel Aviv. Tiongkok juga punya pusat tech yang terletak di kota Shenzhen. Wah, makin mendunia menjadi terkenal ya?

7. Bandung dan Yogyakarta Akan Jadi Silicon Valley-nya Indonesia!

Bandung dan Yogyakarta Akan Jadi Silicon Valley-nya Indonesia

Sementara itu Bandung dan Yogyakarta pun mulai dikembangkan untuk jadi Silicon Valley-nya Indonesia!. Oleh karena kedua kota tersebut salah dua yang paling kreatif dan banyak startup-nya. Ridwan Kamil bahkan udah menyiapkan Bandung sebagai kota teknopolis. Kawasannya sendiri bakal bertempat di Gede Bage. Wah, nggak menutup kemungkinan ke depannya Bandung dan Yogyakarta bakal jadi ibukota perusahaan teknologi-nya Indonesia ya!

Nah, udah nggak penasaran lagi kan sama Silicon Valley? Semoga artikel ini memacu kamu mewujudkan mimpimu untuk membangun startup sendiri! (Ref: Hipwee.com)
Baca Juga: