Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ini Cara Mudah Perawatan Tanaman Hias di Pot

Cara Mudah Perawatan Tanaman Hias - Ada beberapa cara atau teknik menanam pohon yang bisa dilakukan di lahan yang sempit. Mulai dari menggunakan media polybag, pot, atau bahkan saat ini sudah bisa menggunakan media tanam yang terbuat dari air. Pohon atau tanaman yang ditanam di media-media yang tak memerlukan lahan lebar ini adalah tanaman hias. Selain banyak manfaatnya, juga dapat membantu mempercantik tampilan rumah.


Untuk merawat tanaman hias agar tetap sehat dan cantik, cukup mudah. Berikut beberapa cara perawatan tanaman hias yang biasa ditanam di dalam pot secara benar dan tepat.

Berikut Ini Cara Mudah Perawatan Tanaman Hias di Dalam Pot


1. Pemilihan Pot

Langkah pertama yang harus diperhatikan adalah pemilihan pot dan media tanam. Usahakan pot yang dipilih sesuai dengan jenis tanaman hias yang akan ditanam. Selain itu, usahakan juga untuk memiliki desain pot yang sesuai dengan tempat di mana pot itu akan diletakkan.

Pilih pot yang memiliki lubang drainase yang cukup. Setelah pot siap, langsung isi 1/3 pot dengan media tanam, kemudian masukkan tanaman hias ke pot. Yang harus diperhatikan saat memasukkan tanaman ke pot, jangan menghilangkan semua media asal tanaman karena akan mempersulit tanaman tersebut beradaptasi.

Setelah tanaman masuk ke pot, tutup dengan media tanam yang tersisa dan padatkan. Usahakan untuk tidak mengisi pot sampai penuh. Beri sedikitnya sisa 2 cm agar saat disiram air tidak meluber. Jangan lupa bersihkan kotoran-kotoran yang menempel di dinding luar pot agar tanaman dalam pot terlihat lebih cantik.

2. Penempatan Pot

Selain memilih pot yang tepat, penempatan posisi pot juga sangat berpengaruh terhadap kelangsungan jenis tanaman hias. Ada beberapa jenis tanaman hias yang memang dapat hidup dengan baik apabila mencapat cahaya matahari secara cukup. Jadi, apabila tanaman hias yang dipilih termasuk tanaman yang membutuhkan banyak cahaya matahari, taruh di tempat yang memperoleh sinar matahari secara cukup.

3. Penyiraman atau Pengairan

Ada beberapa teknik dalam menyiram tanaman hias dalam pot. Yang pertama adalah dengan melakukan penyiraman langsung di atas tanah tempat tanaman tersebut ditanam. Dan cara yang kedua adalah dengan memberikan air pada alas pot. Air akan diserap dengan sistem kapiler. Setiap jenis tanaman memiliki jenis penyiraman masing-masing. Penyiraman yang baik dilakukan pada pagi hari antara pukul 7 hingga pukul 10, atau pada saat sore hari.

4. Pemupukan Tanaman 

Tanaman hias juga memerlukan pupuk untuk menutrisinya sehingga dapat tumbuh dengan subur. Untuk tanaman hias bunga, usahakan satu bulan sekali diberi pupuk NPK.

Itulah beberapa tips singkat cara mudah perawatan tanaman hias yang biasa ditanam di dalam pot secara benar dan tepat, apabila ada masukan lain untuk tambahan cara perawatan diatas silahkan tulis dikolom komentar ya. Demikian Semoga bermanfaat ya. (Ref : Pertanianku)
Baca Juga :

Post a Comment for "Ini Cara Mudah Perawatan Tanaman Hias di Pot"