Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ini Manfaat Minum Air Putih Sebelum dan Setelah Bangun Tidur

Manfaat Minum Air Putih Sebelum dan Setelah Bangun Tidur
Manfaat Minum Air Putih - Pentingnya memastikan kebutuhan cairan dalam tubuh terpenuhi dengan baik merupakan tips paling dasar untuk menjaga kebugaran tubuh. Begitupun tubuh kita sebagian besar terdiri dari air. Minum air putih pada saat yang tepat akan sangat membantu kita terhindar dari berbagai jenis penyakit. 

Manfaat Minum Air Putih Sebelum dan Setelah Bangun Tidur

Kebiasaan sehat yang bisa kita lakukan terkait dengan minum air putih adalah minum air putih sebelum dan sesudah bangun tidur. Apasih manfaat luar biasanya?, salah satunya bisa membantu membakar kalori tubuh kita juga ya. Dan berikut manfaat lain Minum Air Putih Sebelum dan Setelah Bangun Tidur, yuk disimak.

Manfaat Minum Air Putih

Manfaat Minum Air Putih - Air putih akan mengontrol suhu pada tubuh kita. Semakin banyak dan padat aktivitas dalam hari-hari anda, maka dianjurkan untuk banyak minum air putih. Air ini akan dikembalikan dalam bentuk keringat, urine dan juga energi yang di keluarkan oleh tubuh kita.

Banyak sekali Manfaat Air Putih Bagi Kesehatan Tubuh, dan juga dianjurkan untuk Minum Air Putih Pada Pagi Hari atau pada saat bangun tidur. Selain itu minum air putih sebelum tidur di malam hari juga memiliki banyak manfaat yang luar biasa bagi tubuh dan kesehatan. Silahkan anda simak dibawah ini.

1. Manfaat Minum Air Putih Sebelum Tidur

Kita bisa minum air putih 30 menit sebelum tidur. Atau bisa disesuaikan dengan kondisi tubuhmu. Karena minum air putih sebelum tidur bisa berisiko meningkatkan intensitas buang air kecil. Berikut dua manfaat besar yang bisa didapatkan dengan minum air putih sebelum tidur.

Membantu Menurunkan Berat Badan

Seperti yang dilansir oleh realbeautyspot.com, satu tetes air mengandung satu oksigen dan dua atom hidrogen. Minum satu gelas air hangat sebelum tidur, bisa sangat efektif dalam menurunkan berat badan. Minum segelas air sebelum tidur dapat membakar kalori dan menurunkan berat badan. Asupan air pada malam hari meningkatkan metabolisme tubuh, sehingga membakar kalori ekstra dari dalam.

Melindungi Tubuh dari Dehidrasi dan Memperlancar Detoksifikasi

Minum air putih bisa melindungi tubuh dari dehidrasi. Saat kita minum air putih, tubuh akan menggunakan air tersebut untuk proses hidrasi setiap mekanisme eksternal dan internal tubuh. Tak hanya itu saja, minum segelas air saat tidur bisa membersihkan sistem pencernaan dan kandung kemih sehingga membilas racun dan membersihkan urin.

Membantu Melawan Berbagai Jenis Penyakit

Membiasakan minum segelas air putih sebelum anda tidur dapat membantu menurunkan resiko tubuh kita untuk dapat terserang berbagai jenis penyakit dan infeksi. Dengan tidur yang cukup antara 6 sampai 8 jam setiap malam,  ditambah dengan membiasakan minum air putih sebelum tidur dapat menjaga kesehatan tubuh kita. Air yang kita minum ini akan membantu mengusir zat racun yang mengendap didalam tubuh kita, yang beresiko menjadi jenis penyakit. Usahakan dan biasakan minum air sebelum tidur agar anda lebih sehat dan bugar saat bangun tidur esok hari.

Asupan Energi Bagi Tubuh

Saat bangun tidur, tubuh anda akan lebih segar bugar dan bersemangat, ini dikarena air juga berperan sebagai pembentuk otot, membantu membakar lemak serta menstabilkan suhu pada tubuh kita. Sehingga kita bangun dalam keadaan sehat bugar dan terlihat lebih fresh. 

2. Manfaat Minum Air Putih Hangat Setelah Bangun Tidur

Setelah bangun tidur, minumlah segelas air putih hangat. Lalu dalam kurun waktu 30 menit usahakan jangan mengonsumsi makanan atau minuman apapun dulu. Ada manfaat-manfaat luar biasa yang bisa didapatkan dari minum air putih hangat dalam keadaan perut kosong.

Mencegah Dehidrasi

Setelah bangun tidur, disadari atau tidak kamu akan mengalami dehidrasi. Dengan meminum segelas air hangat, rasa haus akan berkurang. Air putih akan memberi energi alami dan memperbarui sel-sel. Terutama sel-sel otak, di mana air bertindak sebagai bahan bakar untuk mempertajam daya ingat.

Mengeluarkan Racun Serta Mengurangi Gejala Infeksi

Minum air hangat setelah bangun tidur akan merangsang pergerakan usus, sehingga melancarkan pencernaan dan membuang racun serta limbah tubuh. Selain itu, banyak orang yang mengalami batuk dan bersin alergi saat bangun tidur. Minum air membantu untuk membersihkan tenggorokan dan mengurangi gejala infeksi tenggorokan.

Menurunkan Berat Badan Tubuh

Dengan minum air hangat setelah bangun tidur, akan melancarkan metabolisme tubuh dan membakar kalori, sehingga membantu mengurangi berat badan. Cocok buat kamu yang sedang berusaha untuk diet.

Dalam penelitian di beberapa badan research di jepang menunjukan bahwa manfaat minum air hangat di malam hari sebelum tidur dapat membantu proses pembentukan otot dengan menstabilkan subuh tubuh. Terbukti para atlit dan olahragawan telah membuktikan hal ini.

Demikian sejumlah manfaat minum air putih sebelum dan sesudah bangun tidur. Semoga infonya bermanfaat untuk anda.

Baca Juga: