Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ini Penyebab Smartphone Panas Yang Bikin Tak Nyaman

Apa Penyebab Smartphone Panas - Karena banyak aplikasi dan game seru, wajar jika kamu sering lupa waktu saat menggunakan smartphone. Apalagi kalo udah chatting dan aktif berinteraksi di sosial media, bisa-bisa bikin emosi deh kalo keasyikan kamu ini diganggu. Beberapa dari kamu mungkin pernah merasakan panas yang berlebihan (overheat) pada smartphone atau tablet yang kamu gunakan. Bukan cuma kamu kok, karena beberapa orang lain pun juga pernah mengalami hal yang sama.


Penyebab dari perangkat yang cepat panas sangatlah beragam, bisa terjadi karena terdapat masalah pada hardware, atau tak jarang pula yang disebabkan karena kesalahan dari kita sendiri. Biasanya, perangkat yang mengalami panas berlebih ini juga akan mengalami gejala baterai menjadi lebih boros karena memang suhu yang tinggi akan menurunkan kinerja baterai.

Apapun yang menjadi penyebabnya, masalah seperti ini tidak boleh dianggap remeh karena jika terlalu lama dibiarkan, panas yang berlebih akan menimbulkan efek samping pada perangkat seperti misalnya mempercepat kerusakan baterai atau bahkan mempercepat kerusakan perangkat itu sendiri. Sebenarnya kenapa sih smartphone bisa panas?

Berikut 6 Penyebab Smartphone Jadi Panas

Tunggu dulu jangan buru-buru bilang produsen smartphone ini jelek hanya gara-gara smartphone kamu cepet panas. Pahami juga batas wajar panas smartphone. Udah gitu, smartphone panas sebenarnya disebabkan karena beberapa hal seperti ulasan yang kami berikan berikut ini:

1. Sistem Operasi

Penyebab smartphone yang pertama - Update sistem operasi diberikan untuk memberikan pembaruan terhadap masalah atau menambah fitur baru smartphone. Smartphone panas bisa jadi disebabkan karena ada bugs di sistem operasi. Makanya, setiap ada update baru, segera didownload.

2. Prosesor

Pada kasus overheat yang sering dialami Xperia Z3 yang menggunakan chipset Snapdragon 810? Kabarnya, panas berlebih yang melanda smartphone flagship dari Sony ini karena chipset Snapdragon 810 yang bermasalah di pengendali suhunya.

Usut punya usut, ternyata memang chipset Snapdragon 810 memang bermasalah. Selain itu, Snapdragon 615 juga sering mengalami overheat. Nah, jika smartphone kamu sering panas, mungkin menggunakan kedua prosesor ini.

3. Baterai

Selain prosesor, baterai juga bisa menjadi penyebab smartphone panas. Baterai Lithium yang digunakan pada smartphone metal berbodi ramping memiliki fenomena yang disebut thermal runaways. Fenomena ini terjadi untuk mengalirkan panas di baterai ke bodi smartphone.

4. Overload

Smartphone memungkinkan kamu untuk menjalankan lebih dari satu aplikasi bersamaan. Browsing atau chatting sambil mendengarkan musik, atau bahkan menonton video sambil kerja dengan vitur pop up video. Seru, kan?

Namun, kemampuan ini justru akan memicu smartphone jadi panas. Soalnya secara langsung kamu telah memaksa smartphone berjalan secara maksimal untuk menjalankan semua perintahmu.

5. Jaringan

Upss,,Jangan dulu salahkan produsen smartphone, operator jaringan seluler yang kamu gunakan juga bisa salah. Buruknya jaringan di suatu daerah akan membuat modul antena di smartphone kamu bekerja lebih keras untuk mencari jaringan, sehingga akan membuat permukaan belakang smartphone menjadi panas.

untuk itulah saat di dalam pesawat, kita harus mengaktifkan Airplane Mode. Selain demi keselamatan, hal ini juga bermanfaat untuk mencegah modul antena bekerja sehingga bisa menghemat baterai dan smartphone tidak panas.

6. Kualitas Game dan Aplikasi

Penyebab smartphone panas yang terakhir yaitu kegiatan merekam video kualitas 4K dan memainkan game dengan grafis full HD akan membuat smartphone cepat panas. Soalnya prosesor smartphone kamu bekerja di clock yang paling tinggi dan cepat, dan ini akan memaksa semua komponan smartphone bekerja maksimal.

Untuk itu, sebaiknya atur aplikasi dan game di mode terendahnya agar tidak memicu overheat. Kecuali kamu memang butuh banget. Itupun sebaiknya jangan digunakan terlalu lama.

Itulah beberapa penyebab smartphone panas. Dan gak selalu salah produsen, kan? Bisa jadi kamu yang salah cara pake smartphonenya sehingga memicu smartphone kamu jadi panas.
Baca Juga : 

Post a Comment for "Ini Penyebab Smartphone Panas Yang Bikin Tak Nyaman"