Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Persiapkan 5 Aset Paling Penting Ini Untuk Memulai Digital Marketing

Aset Penting Memulai Digital Marketing - Jika kita berbicara digital marketing, sebagaimana sudah diulas pada tulisan sebelumnya, spektrum ini sangatlah luas.

Aset Penting Memulai Digital Marketing

Oleh karenanya, penting bagi seorang digital marketer untuk tahu teknik dan resource yang dibutuhkan sebuah perusahaan agar pemasaran digital dapat berjalan dengan baik. Salah satu elemen penting dalam digital marketing adalah aset, kenali apa aset digital yang Anda miliki, dan mulailah untuk fokus dalam beberapa aset saja.

5 Aset Digital Marketing

Beberapa aset dalam digital marketing:
  • Website 
  • Postingan blog 
  • Akun media sosial 
  • Identitas brand (logo, company profile) 
  • Jejak online (review/feedback dari pelanggan dll.) 

Ada banyak aset digital marketing, Namun 5 Aset Yang Tersebut Diatas Harus Kamu Persiapkan mulai dari sekarang.

Semua pelaku di dunia digital marketing tentu saja mengharap usahanya berjalan mulus tidak ada aral yang memiliki arti. Tentu saja ada beberapa faktor yang punya pengaruh pada jalannya sebuah bisnis yang mengandalkan digital marketing. Sama seperti yang kita ketahui, bisnis digital marketing banyak dipengaruhi oleh invisible hand atau tangan-tangan tidak nyata. Beragam faktor seperti luck dan effort, sangat punya pengaruh pada bisnis digital pemasaran. Eh, kelihatannya masih tetap ada satu faktor yang tidak kalah berpengaruh dalam kelancaran usaha digital marketing. Apa itu? Yak, itu adalah Aset Digital Marketing, atau kita sebutkan aset digital saja. Tulisan ini akan membahas aset digital marketing yang paling penting buat bisnis yang kita jalankan.

Nyaris seluruh pemain di dunia digital marketing memiliki aset yang mereka gunakan untuk membuat bisnis. Tidak ada digital marketing yang tidak memiliki aset, seberapapun kecilnya. Lantas perbedaan digital marketing yang lancar dan yang tidak ialah bagaimana mereka mengelola dan menyiapkan aset digital marketing untuk menyambut peristiwa keberhasilan itu. Kadang ada beberapa aset yang kita punyai, tetapi kita masih bingung untuk memulai mempersiapkan dan mengelolanya karena tidak paham yang mana harus kita dahulukan. Tulisan ini akan menjelaskan mengenai lima asset digital pemasaran paling penting, yang perlu kita siapkan dimulai dari sekarang ini.

1. Website/Blog

Tahukah anda jika website ialah media yang paling efektif untuk memasarkan baik barang atau jasa? Iya, website benar-benar efektif karena capaiannya luas dan dapat menggunakan media apapun untuk pengisiannya, baik teks, gambar, atau audio dan video.

Website/Blog yang anda punyai adalah aset yang paling berharga. Apa lagi website itu telah teroptimasi secara baik dan miliki rangking yang tinggi di Google. Jika web anda rajin posting itu akan lebih bagus lagi, karena sudah mempunyai konsumen setia atau pembaca setia. Ingat Jangan lupa isi websitemu dengan tulisan yang berkualitas supaya traffic nya bagus di mata Google.

2. Posting Website/Blog

Tiap digital marketing tentu pernah membuat website/blog, entah bertujuan untuk spamming produk atau untuk branding produk. Tidak ada salahnya kita membuat website/blog lalu mengisinya dengan info seputar produk yang kita jual. Website memiliki kelebihan saat membuat branding produk, satu diantaranya ialah kemudahannya untuk diketemukan di mesin pencari. Ini hari posting, hari ini postinganmu sudah terindeks di Google. Begitulah ampuhnya website. Tetapi tulisan yang di-up melalui website tentu saja akan gampang tergeser oleh pesaing. Solusinya anda harus rajin-rajin posting dan membuat tulisan baru. Dengan ini,semua postinganmu bisa menjadi aset digital yang paling berharga. Sekali nama kita diketik, tentu saja akan banyak muncul info di mesin pencari. Ini benar-benar mempermudah produk kita dikenali oleh orang.

3. Akun Media Sosial

Sering ada perusahaan yang menyaksikan akun sosial media calon pegawainya terlebih dahulu sebelum menerimanya untuk bekerja. Memang, akun media sosial adalah aset digital marketing paling penting. Jangan sampai kita memiliki reputasi aset digital yang jelek karena ceroboh dalam memposting sesuatu.

Semua yang kita posting nanti akan kelihatan oleh juta-an orang di luaran sana. Kita harus betul-betul selektif saat menentukan konten yang hendak kita post. Sebaiknya menggunakan bank konten atau jadwal konten untuk isi media sosial yang kita punyai. Jadwal content akan menolong untuk mengoptimalkan engagement dari media sosial, sehingga bisa semakin efektif untuk memasarkan produk yang kita punyai.

4. Identitas Brand

Pernah denger tidak sama first impression? Iya ini bukan hanya terjadi dalam dunia cinta saja. Rupanya khalayak di jagat maya mengenali ini . Jadi pandangan pertama seseorang mengenai produkmu benar-benar mempengaruhi dibeli atau tidak produkmu oleh mereka.

Oleh karenanya sangat kami anjurkan untuk pilih logo yang mudah orang ingat. janganlah sampai kebanyakan ganti logo karenanya akan membuat brand kita jadi bias dan sulit orang untuk mengenalnya. Coba baca brand perusahaan besar tentu jarang-jarang sekali melakukan perubahan logo terkecuali setelah jalan beberapa puluh tahun. Karena kita tidak dapat menukar logo asal-asalan, maka pikir matang-matang logomu saat sebelum jadi brand resmi. Kerjakan teknik bench marking untuk melihat logo pesaingmu. Kamu harus memiliki kekhasan daripada yang lain ya. Semua pengelolaan aset digital harus juga berjalan secara berbarengan supaya bisa berguna untuk digital marketing dan branding seterusnya.

5. Jejak Online

Jaman saat ini segalanya serba digital. Jejak online nyaris tiap dari kita tentu ada di internet. Jejak online itu mencakup ulasan, feedback, back-link, atau referensi produk atau testimoni. Kita harus sanggup memprosesnya dengan baik dan berbarengan supaya jejak online itu menjadi aset digital marketing paling penting. Kita bisa mengurus jejak online dengan membuat database supaya lebih gampang untuk orang ketahui. Ini membutuhkan kecermatan karena tidak seluruhnya jejak online yang kita punyai bagus. Harus berusaha dengan optimal supaya jejak online yang tidak bagus atau jelek bisa kita kelola hingga bernilai positif.

Jejak online ini secara gampang ialah bagaimana seseorang melihat kita atau produk kita. Orang lain itu dapat pelanggan, konsumen, calon konsumen, atau kompetitor kita. Kita harus selalu meningkatkan branding supaya jejak online kita selalu baik. Caranya, sama seperti yang kita sebut di atas jika kita perlu untuk membuat first impression yang baik, di samping kita juga harus menjaga kualitas produk.

Jika Anda sudah memiliki beberapa aset di atas, yang perlu Anda lakukan adalah mengoptimalkan aset-aset tersebut untuk membangun brand yang Anda miliki.

Semisal untuk website dan blog bisnis, tulislah secara berkala artikel yang akan menarik calon pelanggan Anda. Atau melalui sosial media seperti instagram, maka buatlah foto dan video pendek yang menarik dan share-able.

Hal lain yang cukup penting, jika kamu aktif dalam forum atau marketplace publik, maka usahakanlah profil usaha kamu punya rating dan review yang baik dari para pelanggan. Karena hal tersebut juga jadi salah satu tanda bahwa citra brand yang kamu miliki bagus atau tidak di dunia maya.

Jika kamu sudah mulai mengerti tentang digital marketing, ada baiknya kamu tahu juga komponen pengeluaran serta harga digital marketing sebagai acuan dasar.

Intinya sih, amati, tiru, modifikasi. Action dan Action!

Demikian artikel yang membahas mengenai persiapan 5 aset paling penting untuk memulai digital marketing. Semoga bermanfaat

Post a Comment for "Persiapkan 5 Aset Paling Penting Ini Untuk Memulai Digital Marketing"