Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menggunakan Sosmed Untuk Meningkatkan SEO Blog

Pengaruh Sosial Media Terhadap SEOSearch Engine Optimization dan Sosial Media sekarang ialah dua hal yang mempunyai hubungan dekat. Berlainan dengan era SEO sekian tahun lalu di mana hadirnya media sosial hanya betul-betul sebatas medsos semata-mata. Di masa terkini, manfaatkan media sosial wajib hukumnya untuk para SEO-ers dan pebisnis online.

Tidak dapat disangkal lagi, sosial media mempunyai peran yang cukup penting untuk mempengaruhi rangking website Anda pada hasil penelusuran. Tidaklah aneh, para SEO-ers dan blogger pun harus aktif di jagat maya untuk meningkatkan rangking web nya. Tidak cuma hanya itu, Anda ingin memperoleh traffic gratis dengan mudah dan cepat? Gunakan lah media sosial secara cerdas. Anda tak perlu menanti beberapa waktu seperti tehnik SEO yang sebelumnya Anda maksimalkan itu.

Cara Menggunakan Sosmed Untuk Meningkatkan SEO Blog

Cara Menggunakan Sosmed Untuk Meningkatkan SEO Blog

Media sosial itu ibarat memakai alat - alat memasak untuk memasak. Dengan pemakaian yang pas dan pintar, Anda dapat hasilkan masakan yang nikmat untuk dikonsumsi dan tentunya dicintai oleh banyak orang. Namun kebalikannya, bila Anda tidak pandai dalam memakainya, karena itu Anda bisa hasilkan masakan sampah yang bahkan juga Anda sendiri tidak menyenanginya.

Sama halnya di kehidupan real di sosial media sekarang ini. Cukup banyak orang yang meskipun telah lama eksis di media sosial tetapi tidak paham bagaimanakah cara memakai media sosial yang pas dan pintar. Kebalikannya, ada sebagian orang yang karena ingin memperoleh manfaat dari medsos ini, pada akhirnya mereka coba terjun dan belajar, akhirnya dapat memakai media sosial untuk kepentingan blogging dan jualan online. Anda tentukan yang mana?

Balik lagi ke topik utama, akan seberapa bagus hasil optimasi Sosial media Anda untuk SEO sangat bergantung dari bagaimana Anda mengaplikasikannya, tidak dari teori yang Anda baca. Silakan baca pembahasan kami untuk tingkatkan rangking SEO dengan sosial media :

1. Bangun Fan base atau Basis Follower

Sebuah account media sosial tidak berarti tanpa basis followers atau fanbase. Itulah mengapa saya memutuskan untuk menyimpan basis #follower ini sebagai langkah pertama untuk SEO dengan media sosial. Mempunyai basis fans dalam jumlah banyak dan berkualitas tinggi akan mempengaruhi penelusuran blog Anda di mesin pencari. Followers berkualitas tinggi di sini adalah real followers atau followers yang betul- betul riil di akun medsos Anda, tidak dari bot, hingga dalam media sosial itu betul- betul ada interaksi di antara akun dan followers-nya.

Dengan fanbase yang baik dan berkualitas, maka akun sosial media Anda akan mempunyai engagement atau keterkaitan yang lumayan bagus antara fans. Engangement ini dapat memiliki arti likes, comment dan sharing jika di Facebook, retweet atau favorit di Twitter dan pemberian + di sosial media Anda yang lainnya.

Saat engagement di akun media sosial Anda bagus atau biasa disebutkan memiliki social sinyal yang bagus, karena itu search engine bisa menyaksikan dan menganalisis aktivitas itu. Social sinyal ini adalah faktor yang penting di era SEO modern ini. Makin baik social sinyal, maka reputasi blog Anda makin baik di mesin pencari.

Tetapi kembali lagi, yakinkan interaksi ini berasal dari followers berkualitas, bukan followers bot atau dengan akun- akun palsu ( kloningan ) di Facebook. Followers berkualitas rendah malah bisa mencelakakan akun Anda. Bisa saja bila Facebook mengetahui ada interaksi yang mencurigakan mereka bisa memberkan penalti pada akun media sosial Anda dan ini dapat berbuntut pada penalti oleh Google berupa pengurangan rangking yang lebih rendah. Pasti Anda tidak ingin ini terjadi, kan? Oleh karena itu, pakailah strategi yang ‘halal' untuk menumbuhkan fanbase Anda.

2. Buatlah Konten yang Menarik dan Mudah Dibagikan oleh Follower Anda


Saat membuat konten untuk akun media sosial Anda, pikir lah konten yang disukai oleh penggemar Anda, bukan Anda. Sebagai ide, Anda dapat sering- sering menyaksikan newsfeed Anda dan melihat tipe-tipe postingan yang kerap mereka bagi. Sambil menyuguhkan konten yang mereka sukai, sesekali keluarkanlah content unggulan Anda yang membawa mereka ke blog Anda. Membagi konten web Anda bisa semakin sering saat fanbase Anda telah benar-benar terbentuk. Jika belum ya tunggu, sabar dahulu bro'. Agar bagaimana pun tujuan orang memakai akun sosial media untuk bersosialisasi . Maka tidak boleh buru-buru mengajak mereka untuk datang ke blog Anda atau membeli produk saat sebelum Anda betul- betul cukup dekat dengan mereka. Jika tidak ya siap- siap Anda memperoleh zong.

Salah satu poin utama yang harus diingat untuk menyetting akun media sosial Anda ke publik, bukan privat. Di YouTube, Twitter, Instagram dan Pinterest, beberapa blogger sering memutuskan untuk memakai privat profile. Bila memang Anda sengaja membuat komunitas rahasia, ya tidak jadi masalah. Tetapi bila arah Anda untuk tingkatkan rangkin website dan pengunjung, ini haram dilaksanakan.

Sama halnya dengan Facebook, yakinkan privacy Anda di setting untuk dapat disaksikan semuanya orang, tidak cuma rekan ( Friend ) atau cuman Anda. Agar bisa menyaksikan setting Anda silakan masuk ke ‘Setting' ( Penataan ) >> ‘Privacy'.

Dengan konten yang memikat dan kemudahan untuk share pada tiap orang akan membuat akun media sosial tumbuh dengan lebih bagus dan tentu saja posting Anda mempunyai potensi untuk dibaca dan di-klik oleh semakin banyak orang. Mendorong pemakai untuk membagi konten Anda adalah strategi bagus untuk tingkatkan status Anda di penelusuran.

3. Penempatan Keyword di Konten Sosial Media Anda

Kata kunci bukan hanya penting untuk content website dan web Anda, tetapi juga untuk media sosial. Misanya di Pinterest, salah satunya strategi baik untuk memperoleh ranking bagus di mesin perayap dengan memakai keyword yang diincar dalam Pin atau boards. Sama halnya dengan channel YouTube, penemepatan keyword yang pas akan bawa semakin banyak traffic ke channel video dan blog sekaligus.

Hal yang sama juga berlaku untuk akun media sosial yang lain. Dengan memakai #keyword yang diincar, maka content Anda akan makin gampang diketemukan, apa saja platform sosial media yang Anda pakai. Sebagai catatan, pemakaian kata kunci ini dapat Anda pakai langsung dalam deskripsi status atau sebagai hashtag ( # ).

4. Lakukan Link Building dengan Akun Social Media Anda

Seorang blogger tentu sangat akrab dengan link building, ya? Nah, bukan rahasia lagi jika link building ini mempunyai peran yang penting untuk SEO. Link building tidak cuma dilaksanakan pada Website 2.0 atau social bookmark, tetapi juga media sosial.

Di zaman SEO moder, link di media sosial dipandang berkualitas tinggi dibanding dengan tipe link social bookmark yang semakin turun nilainya. Dan kemungkinan ini bukanlah pertamanya kali Anda dengar begitu keutamaan untuk menyimpan link web Anda setiap media sosial yang Anda punyai. Link yang Anda simpan di account sosial Anda ini dikenali dengan istilah ‘social profil link'.

Selainnya menyimpan social profil link, Anda dapat mempublikasikan content baru Anda ke media sosial seperti Twitter dan Facebook untuk tingkatkan traffic ke website Anda sekalian mengangkat ranking penelusuran. Nilai plus kembali bila followers Anda turut membagi konten Anda dengan mengeklik tombol sharing hingga memiliki potensi untuk hasilkan semakin banyak traffic gratis kembali.

5. Buat lah Local Listing

Di poin terakhir sekaligus penutup, janganlah lupa untuk mendaftarkan alamat website Anda atau usaha Anda di local listing Google supaya makin banyak konsumen yang bisa melakukan review pada usaha Anda langsung di Google. Bila usaha Anda sering memperoleh nilai yang baik, karena itu Anda dapat memperoleh referensi gratis dari Google supaya usaha Anda makin dikenali oleh beberapa orang. 

Menarik, kan? Eitsss, tidak cuma di Google+ saja, yakinkan Anda mendaftar lokasi usaha atau situs Anda di halaman Facebook juga. Triknya dengan tuliskan alamat usaha Anda di seting an fanpage. Anda juga bisa tuliskan hari dan jam membuka hingga konsumen bisa mengontak Anda sesuai jam membuka usaha Anda. Manfaat mengaktifkan fitur ini ialah bisa membuat konsumen Anda lebih mudah mendapati bisnis Anda dan check in. Makin banyak mesin pencari mengenal aktivitas ini di akun sosial media Anda, maka semakin baik untuk SEO, terutamanya SEO Lokal.
local listing, facebook, map

Kapan Anda akan siap untuk mulai mengelola akun sosial media Anda dengan lebih baik lagi? Dengan pengelolaan yang baik dan konsisten, pasti akun sosmed Anda akan mendongkrak peringkat SEO Anda dengan maksimal. 

Demikian artikel tentang Cara Menggunakan Sosmed Untuk Meningkatkan SEO Blog, semoga bermanfaat ya !

Post a Comment for "Cara Menggunakan Sosmed Untuk Meningkatkan SEO Blog"