Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

BlackBerry Messenger Tutup, Bagaimana Nasib WA & Medsos ?

Yang namanya Media Sosial & Aplikasi Chat ada masa naik turunnya. Lihat 6 Layanan Chat yg sudah tewas dilindas kerasnya persaingan layanan chat gratis (di bawah).

Begitu juga Market Place, akan ada trend naik & turunnya tergantung kuatnya Investor mendanai. Hampir semua Market Place memasang "tarif rugi" selama bertahun-tahun. Sampai kapan mereka siap menanggung kerugian terus??

Bagaimana Nasib WA & Medsos ?

Khusus untuk WA, Facebook, dan IG, ceritanya Mark Zuckerberg lagi dibuat "GALAU".

Mengapa ??

Karena Pengguna WA terus meningkat & mungkin akan menyalip Pengguna Facebook.

Kalo Pengguna WA terus meningkat sementara Penghasilan belum ada sama sekali dari Aplikasi tsb, tentu Manajemen Facebook nombok terus untuk menyediakan fasilitas Server yg serba mahal tsb.

Pengguna WA sudah tembus 1,5 Milyar orang lebih. Sementara Pengguna Facebook & IG sekitar 2 Milyar.

Kekhawatiran itu mulai terlihat faktanya.

Di India saja, Pengguna WA sudah mencapai 400 juta orang, sementara pengguna Facebook hanya 300 juta orang.

Ini yg buat pusing Mark...!

Mark & Tim baru menerapkan Iklan pada Facebook & IG. Belum ada iklan pada WA.

Rencananya juga akan menggabungkan Chat WA dg IG dan FB. Jadi 3 platform tsb akan terhubung satu sama lain jika planning ini jadi diwujudkan tahun depan.

Kabarnya nanti akan ada Iklan pada Aplikasi WA. Namun Para Analis di AS memperkirakan WA akan turun Pamornya ketika sudah disisipi Iklan Sponsor. Lama-lama penggunanya akan berkurang.

Persis seperti BBM yg sudah disisipi Iklan Sponsor sebelum tamat riwayatnya...!

Bisa jadi Pengguna WA akan beralih ke Aplikasi Telegram yg murni tidak ada Iklan sejak awal didirikan. Kapasitas Telegram juga lebih besar, yaitu bisa menampung 100.000 anggota dalam 1 Grup. Juga ada faslitas Channel yg bs menampung hingga di atas 1 Juta Subscriber...Semua itu gratis...tis....tis....

Para Pebisnis yg "cerdik" sudah banyak yg berpindah ke Telegram untuk mengembangkan Bisnisnya via Mobile. WA mulai ditinggalkan pelan-pelan. Kecuali untuk closing pembeli Pribadi, masih banyak lewat WA satu per satu.
 
Hanya ada beberapa Aplikasi/Platform/Mesin yg akan terus ada sepanjang sejarah internet berdiri sampai sekarang. Dan itu akan terus ada selama ada internet ke depan :

-Website. (Order Jasa Pembuatan Website di Riauwebsite.com)
-Email (Email Marketing).
-Search Engine (Google).

Mungkin masih ada yg lain. Tapi itu setidaknya yg paling penting jika Sobat mau menjalankan Bisnis Online dg ilmu Digital Marketing jangka panjang.

BlackBerry Messenger Resmi Berhenti Beroperasi 

 Aplikasi yg dulu menjadi idola, BlackBerry Messenger (BBM), mulai 31 Mei akan resmi ditutup operasinya.

Ini menjadi warning bagi kita agar tidak sepenuhnya mengandalkan Aplikasi/Media Sosial untuk berbisnis. Karena sifat Aplikasi/Media Sosial hanya mengikuti Trend.

Website & EMail (Marketing) menjadi Solusi Bisnis jangka panjang yg tidak pernah hilang sepanjang ada Internet di dunia ini.

Bagaimana dg WA??

Warning ! ya bagi Pengguna WA & Medsos.
Sumber : Email RWP
Image : by google