Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

9 Hal Penting Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membuat Sebuah Blog

Sebelum memulai sebuah blog, dan menjalani aktifitas blogging, terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan agar semua yang telah Anda lakukan dalam blogging bisa mendatangkan hasil yang diinginkan. blog yang anda baca sekarang adalah sebuah blog. Mungkin anda sudah ada puluhan bahkan ratusan kali berselancar di dunia internet dan telah bertemu dengan blog-blog yang super keren. Kemudian berpikir bagaimana caranya membuat blog super keren itu dan bahkan bagaimana cara mendapatkan uang dari blogging.

Hal Penting Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membuat Sebuah Blog

9 Hal Penting Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membuat Sebuah Blog 

Hal-hal berikut ini bisa jadi harus ada pada diri setiap orang yang ingin sukses dalam aktifitas blogging.

1. Enjoy menghabiskan banyak waktu surfing di internet

Blogging membuthkan sangat banyak waktu dan komitmen (juga keringat). Blogging tidak sebatas pada menulis sebuah post dan mempublishnya pada blog. Blogging juga meliputi banyak hal lainnya seperti menulis, promosi, mengunjungi blog dan website lain, membaca topik ataupun berita terbaru yang berhubungan dengan topik blog Anda, dll, dll, dll.

Itu belum termasuk editing, optimasi, men-desain blog, dan lain sebaganya. Hampir semua dari aktifitas tersebut dilakukan secara online. Itulah mengapa untuk suskses dalam blogging membutuhkan banyak waktu berselancar (meneliti, belajar, praktek, optimasi, dll) di internet.

2. Senang menulis

Jika Anda merasa memiliki bakat menulis, bisa jadi blogging sangat cocok untuk Anda. Karena menulis tentu saja tidak bisa dipisahkan dari blogging. Membuat blog post, rajin memperbaharui isi blog, membalas komentar, mengeluarkan argumen pada tulisan, mengharuskan Anda menulis. Tidak mungkin semua hal tentang menulis tadi dilakukan oleh orang yang tidak suka menulis.

Puncak dari semuanya adalah menulis posting blog yang baik, dan menarik banyak pembaca ke blog tersebut.

3. Menguasai, menikmati dan memiliki passion terhadap topik blog

Menyambung poin di atas, blogging membutuhkan update-update tulisan teratur, serta bermanfaat buat pembaca. Untuk memciptakan semua itu Anda harus menguasai topik yang sedang Anda sajikan pada pembaca. Selain itu jika Anda memiliki passion terhadap topik blog sendiri, tentu semua menjadi menyenangkan. Memiliki passion juga membuat kita peka dan ‘dekat’ dengan topik tersebut, sehingga tanggap dengan segala hal baru sehubungan dengan topik tersebut.

Enjoy dalam menulis topik yang sangat dinikmati membuat blogger tidak kesulitan membuat tulisan-tulisan blog yang fresh.

4. Komitmen dan konsisten

Well, poin ini sangat penting namun tidak membutuhkan banyak penjelasan. Headline di atas telah menjelaskan semuanya. Blogging, dengan semua kegiatan di dalamnya tidak akan berhasil tanpa komitmen dan konsistensi, termasuk disiplin dan motiviasi diri.

5. Keinginan kuat untuk belajar

Saat saat pertama kali memulai blog, kita sudah harus mempelajari banyak hal baru. Bertahun-tahun setelahnya pun selalu ada inovasi dan teknologi baru untuk dipelari guna mendukung kegiatan blogging. Melakukan research, optimasi blog, membaca tips dan pengalaman dari para blogger sukses, serta mempraktekkannya langsung pada blog sendiri mengharuskan Anda banyak belajar dan mencoba hal baru.

6. Menetapkan tujuan membuat blog?

Yang terpenting, pastikan apa tujuan anda membuat blog. Uang kah? Kepopuleran kah? Sarana menuangkan pemikiran dan hatikah? Atau argumen yang lain? Tidak ada yang keliru dari arah-tujuan itu, tetapi minimal anda mempunyai tujuan dari membuat sebuah blog.

Memutuskan tujuan berarti menentukan "goal" anda. Dengan sasaran yang sudah jelas, anda bisa membuat taktik yang pas untuk menggapai tujuan itu. Janganlah sampai anda ingin membuat blog karena ikutan teman atau cuman termotivasi blogger lain hingga tidak mengerti tujuan memulai sebuah blog.

Yakinkan anda mengetahui tujuan anda dengan baik dan anda mempunyai passion untuk mencapai tujuan itu.

7. Apa tema atau topik blog anda?

Selanjutnya adalah apa niche anda. Yes, niche? Apakah itu niche? Simpelnya niche ialah topik atau tema yang spesifik. Tentukan tema umum dari blog anda lebih dulu, entah itu otomotif, kesehatan, teknologi, keuangan, atau blog personal. Selanjutnya, pecah topik umum itu jadi sub-sub topik yang lebih kecil. Nach, salah satunya sub-tema itulah niche anda.

Bila anda baru memulai blogging, seharusnya pilih niche yang anda gemari atau kuasai. Contoh anda jago saat bermain COC (Clash of Clans), anda dapat membuat blog spesifik yang mengulas secara mendalam mengenai dunia COC. Anda kemungkinan dapat mengulas trik dan tips main COC atau langkah mendapatkan game secara cepat atau sebagainya.

8. Apa platfrom blog yang akan anda gunakan?

Untuk mulai ngeblog Anda ingin platform website yang mana? Platform blog ini ialah sebuah layanan yang menyediakan fasilitas untuk blogging. Platform blog gratis yang terkenal sekarang ini ialah wordpress dan blogger. Ke-2 platform itu sama-sama sediakan layanan blog/website yang gratis. Tetapi, mempunyai beberapa batasan tertentu.

Bila anda mempunyai modal untuk membuat blog, anda bisa beli sebuah hosting dan domain, selanjutnya meng-install wordpress sebagai platform blogging anda. Satu diantara keunggulan wordpress yang self-hosted ini ialah gampangnya kustomisasi. Disamping itu, wordpress mempunyai plug-in dan tema yang banyak macamnya, gratis atau berbayar.

Tetapi bila anda ingin yang gratis-gratis, maka layanan wordpress atau blogger kemungkinan cocok buat anda.

9. Bagaimana anda akan menghadirkan pengunjung ke blog anda?

terakhir ialah bagaimana anda mendatangkan traffic ke blog atau website yang anda punyai. Hal yang paling mudah ialah lakukanlah promosi blog anda lewat sosial media yang anda punyai. Memasang iklan dengan Google AdWords atau memasangkan iklandi Facebook menggunakan Facebook Ads kemungkinan dapat dilakukan bila anda mempunyai anggaran untuk promosi blog/website.

Disamping, beberapa cara itu anda pun wajib melakukan SEO (Search Engine Optimization), baik On-Page atau Off-Page. Hal itu harus anda kerjakan bila anda menginginkan traffic yang berasal dari Search Engine seperti Google, Bing, atau Yahoo!. Meskipun terkesan benar-benar high technique, SEO adalah hal yang saya rasa cukup mudah untuk dipelajari.

Beberapa hal yang perlu anda pertimbangkan sebelum anda membangun sebuah blog. Blog yang sukses bukanlah blog yang menghasilkan uang yang banyak, namun sebuah blog yang memberikan manfaat kepada masyarakat luas.

Bagaimana menurut Anda Hal Penting Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membuat Sebuah Blog, Jika ada komentar maupun saran, mohon tulis dikolom komentar bawah ini ya. Hal tersebut sangat membantu perkembangan blog ini loh. Terima kasih.

Post a Comment for "9 Hal Penting Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membuat Sebuah Blog "