Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

25 Ide Usaha Kreatif Kekinian Modal Kecil Bisa Anda Coba di Tahun ini

Ingin memulai usaha tetapi kebingungan usaha apa? Coba baca nih beberapa Ide usaha kreatif yang kemungkinan dapat Anda coba! Menjalankan usaha tidak hanya membutuhkan pengetahuan usaha yang kuat. Kreatifitas dibutuhkan untuk buka peluang-peluang usaha yang baru. Khususnya ide usaha kreatif. Kreatifitas dibutuhkan untuk mempertahankan usaha dalam hadapi kompetisi. Seorang pebisnis yang tidak berinovasi dan berpikiran kreatif akan gampang dilupakan. Bisnisnya akan terbenam ditelan waktu. Kesempatan kali ini EntreHub akan memberi ide usaha kreatif kekinian yang cocok dilakukan oleh milenial tahun ini.

Ide Usaha Kreatif

Ide Usaha Kreatif Modal Minim yang Dapat Anda Coba

Ada beberapa ide usaha kreatif yang dapat Anda coba kerjakan. Beberapa memerlukan modal besar, tetapi beberapa lainnya tidak.

Beberapa dapat ditangani sendiri, beberapa tidak mungkin dilakukan sendiri . Maka, saat sebelum memutuskan untuk terjun dalam usaha kreatif, seharusnya pikirkan dulu sumber daya dan kemampuan diri kita. Jangan sampai usaha yang Anda mulai dengan kerja keras, harus hancur karena salah perkiraan.

Usaha kreatif yang ingin Anda tekuni pun dapat ditentukan juga dari siapa yang jadi sasaran pasar Anda. Apa Anda mengkhususkan diri pada pasar lokal, atau malah membangun produk untuk pasar internasional.

Karena, selera di antara masyarakat Indonesia pun berlainan dengan masyarakat dunia internasional. Tetapi tak perlu bingung dalam menentukan usaha apa yang ingin Anda bangun.

Berikut ini kami mengulas lebih dari 25 ide usaha kreatif yang mencakup beragam industri — dari kuliner sampai digital. Berikut di antaranya:

  • Usaha cemilan 
  • Usaha kerajinan tangan dari rotan
  • Ide Kreatif menjadi dropshipper
  • Jual barang unik online
  • Usaha Produk daur ulang
  • Usaha sewa kostum
  • Jasa sewa Clothing line
  • Usaha Scrap frame
  • Usaha desain grafis
  • Bisnis Suvenir Pernikahan 
  • Design case smartphone
  • Penyewaan Perlengkapan Bayi
  • Dan masih banyak lagi!

Oh iya, perlu Anda ketahui bahwa sebagian dari usaha ini membutuhkan keahlian tersendiri yang tidak bisa dipelajari dalam sekejap. Misalnya seperti design, musik, dan memasak. Oleh karenanya, Anda perlu menimbang ilmu yang Anda punyai sebelum memulai bisnisnya. Berikut contoh-contoh ide bisnis kreatif menarik yang dapat Anda lakukan.

1. Usaha Camilan

Cemilan seperti keripik kaca dan makaroni pedas sedang banyak disukai oleh orang. Anda bisa mulai menjalankan bisnis dengan jual cemilan semacam ini. Anda bisa juga berinovasi dengan melakukan modifikasi cemilan yang telah ada sebelumnya. Usaha cemilan unik semacam ini bisa juga disebutkan gagasan usaha yang pas untuk mahasiswa.

2. Usaha Kerajinan Tangan Berbahan Rotan

Rotan sebagai bahan baku yang dapat dibuat jadi beragam macam hal. Jika Anda mempunyai kreasi tinggi, gantilah rotan jadi suatu hal yang bermanfaat seperti tempat buah atau tempat tisu. Bikinlah wujud baru seperti karakter kartun atau sejenisnya untuk menarik konsumen. Disamping itu Ide kreatif ini dapat Anda terapkan untuk membikin tempat mainan, kerangjang pakaian kotor, tempat lampu, kotak aksesoris dan lain-lain yang dapat dibuat dengan rotan.

Untuk harga, Anda dapat jual beberapa barang rumah tangga yang unik itu dengan harga Rp100.000 sampai ratusan juta-an rupiah.

3. Ide Kreatif Menjadi Dropshipper

Untuk Anda yang ingin membuat usaha kreatif tetapi terkendala modal, maka dapat memulai dengan jadi dropshipper.

Triknya juga gampang karena sekarang ini telah banyak situs e-commerce yang menawarkan menjadi dropshipper. Tidak adanya modal membuat tipe usaha ini minim resiko.

Keuntungan yang didapat termasuk lumayan mengingat tidak ada modal yang penting dikeluarkan. Hanya dengan modal smartphone dan internet pun Anda sudah dapat menjadi dropshipper.

4. Jual Barang Unik Online

Ide usaha kreatif selanjutnya adalah berjualan barang unik online. Barang-barang unik mempunyai harga jual yang tinggi sekali dan jadi incaran beberapa kolektor. Menjadikan kesempatan kali ini untuk mengumpulkan beberapa barang unik lalu menjualnya kembali. Supaya transaksi bisnis lebih gampang dan aman, Anda dapat menggunakan rekber atau marketplace seperti Tokopedia, Bukalapak, Lazada atau Shopee.


5. Usaha Produk Daur Ulang

Barang sisa yang ada di dalam rumah Anda dapat disulap jadi barang yang berguna dan mempunyai harga jual yang tinggi. Misalkan koran atau majalah sisa yang dapat diganti jadi benda yang lebih berguna. Misalnya jadi lampu dan keranjang. Usaha ini dapat menjadi peluang usaha rumahan ibu rumah-tangga, karena usaha produk daur ulangi ini waktu penyelesaiannya fleksibel.

6. Usaha Sewa Kostum

Orang Indonesia memiliki banyak perayaan seperti acara pesta pernikahan, peringatan hari Kartini, dan hari pahlawan. Tiap perayaan itu diperlukan kostum. Buka usaha penyewaan kostum dapat datangkan keuntungan yang menarik.

7. Buka Usaha Clothing Line

Usaha clothing line benar-benar dekat sama anak muda. Akhir-akhir ini banyak brand clothing line lokal bermunculan. Kwalitasnya juga tidak kalah dari merek luar negeri. Untuk memasarkan produk, Anda bisa menggunakan website atau media sosial.

8. Usaha Scrap Frame

Saat berbicara berkenaan usaha frame, kemungkinan yang berada di pemikiran Anda ialah pigura kayu yang perajinnya dapat ditemukan dengan mudah.

Tetapi, mungkin Anda tidak pernah dengar mengenai usaha scrap frame. Kerajinan ini berbentuk frame, tapi didalamnya bukan hanya photo atau lukisan.

Alih-alih, pembuat scrap frame memadukan gambar dengan kertas atau kain yang jadi seni tiga dimensi untuk membuat makin menarik.

Salah satunya praktisi usaha ini ialah id.rumahkertas. Design scrap frame yang dihasilkan bisnis ini dipersonalisasikan untuk beragam keperluan, termasuk ucapan terima kasih, kado pernikahan, dan hadiah ulang tahun.

Nach, untuk Anda yang hoby membuat kerajinan tangan berbahan kertas, ide usaha kreatif ini layak dicoba karena belum begitu banyak orang yang menjalaninya.

9. Usaha Desain Grafis

Ide usaha kreatif kekinian selanjutnya adalah jasa design grafis. Sekarang ini, perusahaan mulai gencar lakukan online martketing. Keperluan akan jasa design grafis juga bertambah. Anda dapat manfaatkan kesempatan ini untuk mulai menjalankan bisnis.

10. Bisnis Suvenir Pernikahan Kustom

Untuk yang kerap diundang ke acara pesta pernikahan, Anda barangkali merasa suvenir yang dikasih ke beberapa tamu mempunyai desain yang kurang variatif. Ini dapat Anda buat jadi ide untuk memulai bisnis suvenir pernikahan yang tidak biasa, seperti Biebie Gift.

Disamping menyediakan beragam jenis cinderamata unik seperti pouch earphone dan frame photo, produsen tersebut menerima jasa kustomisasi suvenir pernikahan — tentu saja dengan range harga per produk dan batas minimum pesanan yang sudah ditentukan.

11. Usaha Design Case Smartphone

Sejalan dengan menjamurnya penggunaan smartphone, kebutuhan case juga bertambah. Case jadi lapisan perlindungan untuk menghindari smartphone dari goresan. Anda dapat tawarkan jasa membuat atau design case smartphone sesuai design yang mereka harapkan. Untuk memasarkannya Anda dapat gunakan marketplace atau media sosial seperti Instagram.

12. Penyewaan Perlengkapan Bayi

Untuk yang telah berkeluarga tentunya tahu berapakah biaya yang dibutuhkan untuk keperluan bayi Anda. Bermacam keperluan primer, seperti baju, konsumsi, dan kesehatan sudah memakan banyak biaya.

Selain itu, Anda pun membutuhkan beragam fasilitas seperti tempat tidur, kereta bayi, dan mainan untuk menjamin kenyamanan dan kebahagiaan sang buah hati.

Namun, semua barang itu tidak dipakai kembali sesudah anak Anda bertambah usia. Seringkali anak-anak yang cepat bosan dengan hiburannya.

Oleh karenanya, cukup banyak orangtua yang mengharap dapat menyewa fasilitas-fasilitas untuk buah hatinya dibanding harus beli.

Dari sini ide kreatif persewaan perlengkapan bayi ada. Bila ingin menjalankan bisnis, ide ini dapat Anda coba, terutama karena belum banyak yang melakukannya.

Salah satunya contoh yang dapat Anda pakai sebagai ide ialah Babyloania. Jasa persewaan peralatan bayi online ini diawali dengan beberapa sarana punya pendirinya yang tidak dipakai kembali. Tetapi, makin lama layanan ini menyediakan bermacam pilihan produk, termasuk fasilitas ibu hamil dan menyusui.

Disamping itu, Babyloania punyai trik untuk menambahkan directory produknya, yakni dengan cari mitra yang ingin titip sewa lewat layanannya. Menarik kan? Langkah ini bisa dipakai bila Anda belum memiliki modal besar untuk stok awalnya jasa penyewaan Anda.

13. Usaha Penyewaan Perlengkapan Photografi

Tempat sewa kamera atau peralatan photografi yang lain bukan hal baru. Namun, sedikit orang yang memainkan usaha ini di luar kota-kota besar. Walau sebenarnya, sekarang ialah saat yang cocok untuk memulainya. Kenapa? Alasannya ada dua.

Pertama, kebutuhan photografi masyarakat, khususnya golongan muda, bertambah karena platform-platform sosial media yang terkonsentrasi pada konten visual.

Walau telah banyak smartphone yang diperlengkapi dengan sarana pengambilan gambar yang canggih, camera DSLR atau mirrorless masih tetap tawarkan hasil lebih baik. Oleh karena itu, banyak orang yang tertarik untuk memilikinya.

Namun, harga perlengkapan photografi tidak dapat dijangkau untuk banyak orang. Bahkan, cukup banyak penyedia jasa photografi yang melakukan pekerjaannya dengan perlengkapan pinjaman.

Nach, kedua situasi di atas jadi alasan kenapa persewaan peralatan photografi sebagai ide usaha yang menggiurkan. Bila berminat untuk menjalaninya, pertama kali Anda harus pertimbangkan perlengkapan apa yang biasanya dicari oleh pribadi yang ingin belajar photografi.

Ini penting karena ada banyak jenis lensa, kamera, dan aksesoris yang ada di pasaran. Tentu saja Anda tidak mau menyewakan barang yang tidak disukai atau diperlukan oleh masyarakat luas.

Disamping itu, ada baiknya kalau Anda mengambil mekanik kamera untuk pastikan jika perlengkapan yang disewakan berada dalam kondisi prima.

14. Jasa Pembuatan Konten

Kreativitas diperlukan dalam penulisan konten. Bila Anda mahir menyampaikan gagasan lewat tulisan, pekerjaan ini cocok untuk Anda. Cari lowongan pembuatan konten di website freelance lokal atau internasional. Samakan dengan skill Anda, apakah membuat konten secara tulisan atau visual.

15. Jasa Videografer

Tidak hanya photografer, jasa videografer juga diperlukan dan dibayar mahal. Anda bisa mendapatkan pekerjaan dari Youtuber atau menjalani usaha videografer panggilan untuk acara tertentu.

16. Jasa Fotografer

Fotografer benar-benar cocok untuk Anda yang kreatif. Sekarang ini pun banyak orang yang butuh jasa fotografer. Baik untuk acara pernikahan, peluncuran produk, acara keluarga, dan masih banyak lagi. Memang untuk menjadi fotografer dibutuhkan modal yang cukup.

Namun, Anda bisa sewa kamera-kamera yang harganya selangit itu. Anda perlu mengasah kemampuan fotografi lebih jauh lagi. Bahkan juga, seorang fotografer pernikahan saja dapat dibayar sampai Rp9 juta per acara.

17. Jasa Pembuatan Website

Website ialah faktor paling penting untuk online presence Anda — apa lagi untuk tujuan bisnis. Di zaman yang serba digital ini, perusahaan tanpa website tidak akan dapat berkompetisi dalam industrinya.

Namun, tidak semuanya pemilik usaha mempunyai waktu untuk belajar membuat sebuah web dan mengurus keperluan teknis terkait. Karena alasan itu, agency jasa pembuatan website jadi alternatif utama.

Memulai usaha dengan peluang besar ini tentu saja sebagai salah satu pilihan penting untuk orang-orang yang mengenyam pendidikan IT. Akan tetapi, pintunya masih terbuka untuk Anda yang mempunyai latar belakang lain. Namun, perjalanan Anda akan lebih panjang lagi. Mengapa begitu?

Sebenarnya, Anda bisa mempelajari dasar-dasar pemrograman website secara otodidak lewat buku atau panduan online mengenai pemrograman website.

Namun, pembuatan situs melibatkan beragam hal-hal lain, seperti pengetahuan tentang kinerja database. Ditambah lagi, Anda perlu pahami macam-macam workflow yang dipakai secara umum agar bisa bekerja dengan situs developer yang lain. Pada titik ini, Anda mau tidak mau harus ambil kuliah IT.

Kerja keras Anda juga tidak berhenti di situ. Bila ingin menjalankan jasa pembuatan website, pekerjaan Anda bukan hanya membuat web untuk klien, tapi juga mengurusi layanan web hosting mereka.

18. Menjadi Blogger

Apakah menulis merupakan salah satu hobi Anda? Bila ya, Anda mungkin akan tertarik untuk jadi seorang blogger. Jangan salah kira. Blogging bukan hanya aktivitas untuk salurkan minat semata-mata, tapi bisa menjadi mata pencarian.

Sebagai contoh, blogger Michelle Schroeder-Gardner hasilkan $1.500.000 dari blognya, Making Sense of Cents, di tahun 2018.

Anda juga bisa memperoleh penghasilan dengan menjadi penulis blog. Tetapi, perlu diketahui bahwa pendapatan blogger tidak datang dari tulisannya sendiri. Ada bermacam cara untuk menghasilkan uang dari blog. Yang pertama dan salah satunya yang sangat umum ialah memanfaatkan Google AdSense.

Google AdSense ialah platform yang memungkinkan Anda untuk meletakkan banner iklan di titik-titik tertentu pada blog Anda. Berita baiknya, platform ini tidak menuntut biaya — malah, Anda yang dibayar.

triknya, Google AdSense memakai sistem pay-per-click. Maknanya, Anda akan dibayar tiap ada pengunjung blog yang mengeklik iklan dari Google AdSense. Bayaran yang ditawarkan di Indonesia berkisar di antara $0,01 sampai $5.

Selainnya AdSense, Anda dapat menjual produk untuk sumber pendapatan, baik itu berbentuk fisik atau digital. E-book, misalkan. Tetapi, perlu Anda ingat jika produk yang dipasarkan harus berkaitan dengan topik blog Anda dan diperlukan oleh beberapa pembaca.

19. Bergabung dengan Program Affiliate

Dalam sebuah program affiliate, Anda mempromosikan produk atau jasa seseorang dengan referal link sebagai fasilitasnya. Link inilah yang menjadi asal penghasilan Anda. Dari tiap pembelian yang sudah dilakukan lewat link itu, Anda akan memperoleh komisi.

Lalu, apa yang penting dilakukan dengan link ini? Selanjutnya, Link tersebut Anda tempatkan di posting website, sosial media, atau video YouTube yang berkaitan dengan barang atau layanan yang Anda rekomendasikan.

Untuk alasan di atas, Anda perlu mempunyai online presence yang kompak sebelum mencari program affiliate — walau bukan seorang influencer. Dalam kata lain, minimal Anda harus mempunyai beberapa pengikut yang tertarik dengan produk atau jasa yang dipromosikan. Tanpa mereka, usaha Anda percuma kan?

20. Menjadi Influencer

Tidak ada yang menduga populer di media sosial saat ini menjadi usaha yang kreatif. Dari sana beberapa orang ini bisa mendapatkan uang. Ada beberapa langkah untuk populer dan jadi influencer di media sosial, dimulai dari membuat konten positif seperti sharing panduan, cover lagu sampai dengan mencari sensasi.

21.Admin Media Sosial

Admin sosial media memanglah bukan ide usaha baru. Namun, dampaknya kadang masih dianggap remeh oleh beberapa pelaku usaha kecil.

Menjadi seorang admin sosial media, Anda juga harus pahami media sosial marketing. Tetapi, kerja keras Anda tidak cuman berhenti di situ.

Anda pun perlu mempelajari sangkut-paut perusahaan yang merekrut Anda — dimulai dari riwayat usaha sampai produk atau layanannya. Ini diperlukan supaya sikap dan tindakan Anda bisa sesuai dengan visi serta misi perusahaan.

22. Jasa Konsultasi Usaha

Semua usaha, baik yang telah mempunyai nama atau yang baru dirintis, membutuhkan strategi usaha yang pas untuk bisa berkembang. Untuk memenuhi keperluan itu, tidak jarang ada perusahaan yang memakai jasa konsultasi usaha. Berikut alasan kenapa pekerjaan sebagai konselor perusahaan dicari oleh beberapa orang.

Maka untuk Anda yang berminat untuk menekuni usaha konsultasi bisnis, kompetensi-kompetensi perlu didapatkan lebih dulu sebelum memulainya.

23. Jasa Konten Mikroblog Sosial Media

Untuk Anda yang mempunyai skill dalam bidang tertentu, Anda dapat menjadikan sebuah konten loh. Contoh, Anda mempunyai skill programming, memasak atau bahkan Anda mempunyai pengetahuan bidang psikologi Anda dapat menjadikan konten. Seperti menulis pada platform blogger, Anda dapat buat konten berbentuk gambar atau infografis. Upload pada media sosial dan gunakan hashtag untuk memperoleh engagement yang dapat berupa follower, like, comment. Pendapatan dari usaha ini cukup banyak dimulai dari iklan sampai affiliate.

24. Peluang Usaha Studio Photo

Untuk Anda yang punya modal dan mempunyai skill khususnya bidang photografi dapat mencoba usaha ini. Buat ruangan dengan ide yang unik dan semenarik mungkin. Gunakan ruangan itu sebagai studio photo. Alasannya karena saat ini banyak milenial senang hal unik buat mereka posting di media sosia mereka.

25. Usaha Jualan Barang Second

Untuk Anda yang banyak memiliki barang tidak kepakai, Anda dapat menjualnya kembali loh tentu saja dengan harga yang lebih dapat dijangkau. Bukan hanya barang tidak kepakai punya sendiri, Anda bisa juga menjualkan barang punya orang lain. Nanti Anda dapat memperoleh komisi dari setiap barang yang terjual.

26. Usaha Jasa Mendengarkan Curhatan hati

Ide usaha kreatif dengerin curhat mungkin terdengar konyol ya. Tetapi usaha ini riil dan dapat Anda coba. Target pasar jasa ini ialah mereka yang dalam permasalahan tetapi tidak mempunyai rekan untuk berbagi rasa. Bisnis ini benar-benar gampang Anda kerjakan, dan usaha ini bisa saja peluang usaha tanpa modal, pokoknya Anda perlu jadi pendengar yang bagus dan pemberi saran yang baik bila dibutuhkan.

Artikel ini menyajikan lebih dari 25 ide usaha kreatif yang mencakup beragam industri, dari usaha kulineran rumahan, desain sampai IT dan digital. Semoga artikel tentang ide usaha kreatif kekinian ini bermanfaat untuk Anda ya !

Jika memiliki pertanyaan, jangan sungkan untuk meninggalkan komentar di kolom yang tersedia di bawah ini.

Post a Comment for "25 Ide Usaha Kreatif Kekinian Modal Kecil Bisa Anda Coba di Tahun ini"