Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

9 Tempat Wisata Menarik Di Rokan Hulu

Tempat Wisata Menarik Yang Ada Di Rokan Hulu - Kabupaten Rokan Hulu merupakan salah satu Kabupaten dari Provinsi Riau dengan ibu kota yang berkedudukan di Pasir Pengaraian, Jika dari ibukota Provinsi Riau yaitu Kota Pekanbaru dapat ditempuh sekitar tiga sampai 4 jam perjalanan dengan menggunakan kendaraan atau sekitar 180 km. Mengunjungi Provinsi Riau khususnya di Kabupaten Rokan Hulu tidak lengkap rasanya jika tidak mengunjungi Objek wisata di Rokan Hulu riau Indonesia. Banyak sekali Wisata alam yang bisa anda jadikan tujuan rekreasi saat liburan di Rokan Hulu.

9 Tempat wisata menarik - Bagi anda yang memang berasal dari Kabupaten rokan hulu tentu sedikit banyaknya sudah mengetahui dimana saja tempat wisata di rokan hulu, paling tidak sudah pernah mendengar dan sudah mengetahui letak atau tempat-tempat objek wisata di kabupaten Rokan Hulu, Namun jika anda berasal dari Luar Kkabupaten rokan hulu atau bahkan di luar provinsi Riau, pasti belum tahu tempat-tempat menarik yang wajib anda kunjungi di Rokan Hulu sebagai tempat rekreasi bagi anda dan keluarga.

9 Tempat Wisata Yang Wajib Anda Kunjungi Di Rokan Hulu


1. Aek Martua


Air Terjun Aek Martua ini objek wisata di Kabupaten rokan hulu yang paling populer, karena air terjun ini memiliki keunikan dan keistimewaan tersendiri karena memiliki beberapa tingkat, sehingga sering pula disebut Air Terjun Tangga Seribu. Oleh karena itu tempat ini banyak dikunjungi wisatawan, selain keunikan yang menjadi daya tarik objek wisata air terjun aek mertua, tempat ini juga memiliki pemandangan alam yang indah untuk dinikmati, lokasi  Air terjun ini terletak di kawasan dataran tinggi pegunungan Bukit Barisan.  Nama Aek Martua ini adalah nama sebuah sungai di mana air terjun ini berada dan berasal dari bahasa suku Mandailing yang artinya adalah Air Bertuah.

2. Wisata Goa Huta Sikafir

Goa ini berada di kawasan hutan. Ada banyak goa-goa besar dan kecil yang memiliki nama-nama seperti goa marmut, landak, Goa mata dewa, atau Lepong. Menyususi goa-goa ini cukup membuat lelah berpetualang. Jika bingung masyarakat sekitar ada untuk jadi pemandu. juga Goa Huta Sikafir sekitar dua kilometer dari pusat kota Pasirpengaraian berada di Desa Pawan.


Jika lelah berjalan menyusuri Goa Huta Sikafir, tidak jauh dari sana ada sumber mata air panas. Destinasi ini masih berada di Desa Pawan, kalau ragu tinggal Tanya masyarakat sekitar pasti ketemu. Di sana bisa melepas penat dengan mandi dengan sumber mata air panas langsung. Dipercaya mandi dengan air panas ini bisa mengobati penyakit kulit, sebab dalam airnya terkandung material belerang.

3. Museum Kupu-Kupu

Museum Kupu - Kupu adalah pusat penangkaran kupu-kupu yang diklaim merupakan satu-satunya penangkaran kupu-kupu di Sumatra. Penangkaran ini berada di objek wisata air panas bumi Hapanasan, Desa Kaiti, Kecamatan Rambah. Museum Kupu-Kupu ini merupakan objek wisata edukasi yang ada di Kabupaten Rokan Hulu riau, karena tujuan pembangunan Museum Kupu-Kupu ini ditujukan untuk pendidikan dan penelitian tentang kupu-kupu yang ada di Sekitar Areal Museum dan Seluruh Rokan Hulu. 


Dengan adanya pusat informasi dan penangkaran kupu-kupu itu, setidaknya Pemerintah Rohul cukup serius dalam mengembangkan objek wisatanya sekaligus melestarikan alam dan lingkungan. Di gedung ini juga terdapat data dinding dalam bentuk visual penelitian mulai sejak tahun 2003.

4. Benteng Tujuh Lapis


Setelah melihat makam kita bisa langsung melanjutkan dengan kendaraan ke daerah Dalu-dalu Kecamatan Tambusai sekitar 23 km dari makam raja-raja Rambah. Benteng tanah yang dibuat masyarakat dalu-dalu pada zaman penjajahan Belanda atas petuah Tuanku Tambusai di atas bumbun tanah ditanam bambu atau aur berduri. bekas benteng tersebut yang ditinggalkan Tuanku Tambusai pada tanggal 28 Desember 1839. Disekitar daerah dalu-dalu ini juga terdapat beberapa benteng-benteng yang disebut Kubu.

5. Istana Rokan


Istana Rokan merupakan wisata sejarah yang sudah sangat populer di mayarakat kabupaten Rokan hulu (Rumah Tinggi), istana ini terletak di desa Rokan IV Koto sekitar 46 km dari Pasir Pengarayan. Istana Rokan adalah peninggalan kesultanan “Nagari Tuo” berumur 200 tahun. Istana dan beberapa rumah penduduk sekitar ini memiliki koleksi ukiran dan bentuk bangunan lama khas melayu (Rumah tinggi).

6. Sumber Air Panas Pawan

Destinasi wisata di Kabupaten Rokan hulu yang populer lainnya adalah Sumber air panas pawan yang Terletak di desa Pawan sekitar 9 km dari Pasirpengaraian. Tempat ini sangat diminati oleh wisatawan, dengan keunikan ada dua sumber air panas dari gejala post vulkanis yang masing-masing sumber berbeda panas airnya (Suhu sisi kiri 600oC dengan debit air 7200 ml/dtk, sisi kanan 480-580oC dengan debit air 1800 ml/dtk), yang disalurkan ke beberapa pancuran yang jatuh di tepi sungai kecil yang airnya dingin dan bersih lagi jernih dengan suhu 200-250 oC. 


Tempat ini baik untuk rekreasi kesehatan, sambil bersantai bersama keluarga, yang didukung oleh alam yang asri serta tempat parkir yang luas, tersedia pula Camping Ground, jadi sangat tepat jika anda jadikan tempat rekreasi di akhir pekan.

7. Wisata Danau Cipogas

Danau Cipogas terletak di Desa Haiti dan Desa Sialang Kecamatan Rambah Kabupaten Rokan Hulu. Di Danau Cipogas terdapat Bendungan Kaiti terdapat batu-batuan yang besar dengan aliran sungai dari kaki Bukit Haorpit yang terjal dan berbatu, konon dahulu kala tempat petua-petua melakukan semedi/pertapaan. Daerah ini memiliki cerita/dongeng yang dapat kita tanyakan kepada juru kunci daerah ini. Daerah Cipogas dan Bendungan Kaiti dapat ditempuh dengan kendaraan roda dua sekitar 4 km dari Pasirpengarayan serta bersimpangan dengan objek Air Panas Pawan dan Goa Huta Sikafir.

Disamping itu bendungan yang genangan airnya menjadikan tempat ini cocok untuk berekreasi sambil mendayung kereta air yang dapat disewa kepada pemilik kereta air di sekitar danau, kegiatan ini lebih cocok untuk melihat tebing batu-batu sungai sepanjang danau ke hulu.

Sungai Cipogas, di hulu sungai ini tidak jauh berjalan ada tebing yang terjal untuk kegiatan panjat tebing, di sini selalu dijadikan kegiatan pertandingan panjat
tebing alam.

8. Wisata Pemandian Batu Gajah

Objek wisata yang ada di Kabupaten Rokan Hulu Riau memang kaya dengan objek wisata alam seperti air terjun dan sejumlah pemandian dengan airnya yang sejuk serta jernih karena menyatu dengan alamnya yang eksotis. Dengan pemandangan alam yang asri dan hutan alam yang masih rimbun, pemandian Batu Gajah yang ada di Rokan Hulu Provinsi Riau ini tidak kalah dengan tempat pemandian alam di daerah lainya yang ada di Indonesia bahkan di dunia.


Disini, pemandian yang dikelilingi batu gajah benar-benar alami alias belum tersentuh dan tertata oleh pemerintah daerah yang berkuasa. Objek pamandian ini dikenal oleh masyarakat setempat dengan nama Batu Gajah yang berada di Desa Pawan Kecamatan Rambah Kabupaten Rokan Hulu, Riau. Untuk menuju lokasi pemandian Batu Gajah memang memerlukan sedikit pengorbanan, karena jalan yang dilalui masih asli berupa jalan tanah yang bergelombang. Dengan badan jalan selebar 2 meter ini hanya bisa dilewati kendaraan roda dua dan dapat ditempuh dalam waktu 20 menit dari Pasir Pangaraian atau 15 menit dari Jalan Besar Simpang Pawan.

Selama dalam perjalanan, pengunjung akan ditawarkan pemandangan yang asri, ada hutan alam. Tidak hanya itu, suhu sejuk langsung bisa dirasakan begitu pengunjung tiba di lokasi. Air sungai yang kecil hampir menyerupai curuk, jelas terlihat biota air yang berenang bebas didalam air tersebut. Dikeliling batu-batu besar, seolah-seolah ditata rapi menyerupai pemandian. Riak air kecil, membuat suasana di lokasi tersebut menjadi lebih dingin.

Mengapa pemandian ini disebut Batu Gajah, karena pemandian disini ada sebuah batu yang dilihat secara sekilas menyerupai gajah yang sedang berendam di sungai tersebut. Menurut masyarakat, beberapa waktu lalu, dibatu menyerupai gajah tersebut yang masih memiliki kuping lebar yang menjadi ciri khas gajah.

Berdasar informasi beberapa akhir ini bentuk kuping di Batu Gajah ini lama kelamaan semakin menghilang dan tidak diketahui penyebabnya dan kuping gajah itu sudah hilang. ada yang istimewa di air pemandian tersebut, pengunjung bebas berenang tanpa ada larangan. namun begitu, tidak disarankan anak-anak berenang tanpa didampingi orang dewasa karena kedalaman air mencapai 3 meter lebih. Pemandian tersebut baru satu tahun terakhir ini banyak dikunjungi warga, baik dari Pasir Pangaraian Kabupaten Rokan Hilir dan dari wilayah Riau. Sedangkan, untuk wisatawan luar Riau, daerah ini belum banyak yang mengetahui keberadaan tempat wisata alam ini. 

9. Taman Nasional Bukit Suligi

Lokasi wisata Rokan Hulu yang satu ini Memiliki jenis flora dan fauna yang dilindungi oleh pemerintah, ada danau yang indah didalam taman ini yang dijadikan sebagai tempat rekreasi bagi masyarakat yang berkunjung. Selain berekreasi tempat ini dijadikan tempat penelitian biologi yang membuat tempat ini menarik. Seperti tempat wisata sumber air panas Pawan di Taman Nasional Bukit Suligi juga terdapat sumber air panas yang tidak terlalu besar serta goa-goa dan seramnya hutan yang lebat. Bagi para wisatawan yang ingin bermalam ditempat ini tersedia camping ground untuk menginap.


Demikian ulasan tentang 9 Tempat Wisata Menarik Di Rokan Hulu, semoga informasi ini bisa menjadi referensi bagi anda yang ingin berkunjung ke kabupaten Rokan hulu, semoga liburan anda bisa makin menyenangkan dengan mengunjungi tempat-tempat menarik di indonesia khususnya ditempat wisata Rokan Hulu Provinsi Riau.
Baca Juga : 

Post a Comment for "9 Tempat Wisata Menarik Di Rokan Hulu"