Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Awas 5 Mindset Penghambat Kesuksesan Anda

Hello sahabat entrehub, di artikel kali ini saya kembali sharing tentang mindset. Jadi, ada beberapa jenis mindset yang harus kita hindari supaya kita tetap bisa maju. Topik saya kali ini adalah 5 Mindset Penghambat Kesuksesan Anda. Ngomong-ngomong soal mindset itu memang tidak ada habisnya. Karena memang harus diakui, bahwa mindset itu adalah suatu pola pikir yang dimiliki oleh manusia dan mempunyai dampak atau peranan yang sangat vital terhadap apapun di dalam kehidupan kita. Entah itu pekerjaan, karir, kesehatan, finansial, masalah keluarga atau apapun itu. Jadi mindset itu tidak akan pernah habis dibahas. 

Mindset Penghambat Kesuksesan Anda

5 Mindset Penghambat Kesuksesan Anda

Di kesempatan kali ini, saya akan membahas 5 jenis mindset yang akan menghambat kemajuan anda. Anda seringkali berkata, “Saya ini stagnan, saya tidak bisa maju. Saya sudah pada batasnya, tidak bisa bangkit dan lebih naik lagi”.

Apa ya penyebabnya? Rupanya, setelah ditelaah dan diteliti, research dari berbagai sumber, ada 5 jenis mindset penghambat kesuksesan anda. 

1. Khawtir Berlebihan

Yang pertama ialah khawatir terlalu berlebihan. Khawatir itu sebetulnya bisa dikatakan nyaris 70% rasa khawatir itu tidak bisa dibuktikan. Banyak kekhawatiran yang bisa dibuktikan itu kurang dari 25% . Maka kita harus sadar, buat apa khawatir? Khawatir itu meletihkan. Khawatir itu membuat anda lelah. Ketimbang anda khawatir, tiap hari pikirkan suatu hal yang tidak jelas, lebih bagus anda cari kegiatan. Cari kegiatan apa . Jadi saat anda telah pulang kerja, ketimbang muncul rasa khawatir kembali lebih bagus anda cari kegiatan seperti olahraga. Ketimbang melihat film sinetron, lebih bagus olahraga. Berbuat suatu hal yang positif, seperti meditasi. Pokoknya anda mencari satu kegiatan supaya anda tidak habiskan energi pada rasa khawatir itu. Aku yakin tiap orang mempunyai rasa khawatir. Tapi jika anda ikuti rasa khawatir anda, maka makin lama semakin bertambah besar.

Maka lebih bagus anda cari kegiatan yang positif. Seperti berkomunitas. Ini penting sekali, agar anda tidak khawatir terlalu berlebihan. Itu tips yang pertama. Dan jika anda khawatir terlalu berlebihan, anda tentu tidak bisa maju.

2. Selalu Hidup di Masa Lalu

Tips yang kedua, mindset penghambat kesuksesan anda ialah anda selalu hidup di masa lalu. Maksudnya hidup di masa lalu itu tidak perduli anda pernah tidak berhasil di masa lalu atau anda pernah sukses di masa kemarin. Banyak orang yang selalu merasa "Aku ini pernah sukses lima tahun/sepuluh tahun lalu. Tapi saat ini aku pailit. Dan ia masih merasa dianya seperti orang sukses. Ini yang amat berbahaya. Ia masih merasa dirinya seperti saat ia masih sukses. Sewaktu ia masih berhasil. Ingat, tidak ada sukses yang kekal. Yang kekal ialah perubahan. Anda harus ingat kalimat ini . Maka, jangan sampai hidup di masa lalu.

Untuk apa hari ini anda meratapi rasa sedih di masa lalu? Itu tidak mengubah segala hal. Misalnya, aku pernah tidak berhasil di pernikahan 2 kali. Ya .., ingin apalagi? Ingin diratapi terus? Ada kok orang yang pada akhirnya sukses di pernikahan ke-3 . Dan ia berbahagia selamanya. It's OK.., why? Why you sould meratapi kehidupan masa lalu? saya pernah jatuh pailit dalam kehidupan yang lalu. Karenanya saya tidak berani lagi untuk memulai usaha. Itu masa lalu. Sudut pandang anda di periode lalu dengan saat ini itu berbeda. Kemungkinan anda saat ini lebih wise, jauh lebih bijaksana, lebih mapan, wawasan lebih baik. Kenapa anda tidak berani memulai kembali? nah itu point yang kedua.

3. Hidup itu Susah dan Menderita

Mindset ke-3 penghambat kesuksesan anda ialah hidup itu susah dan menanggung derita. Ini ialah pola pikir. Sebenarnya bila kita pikir-pikir kembali, misalnya seperti orang hamil. Orang hamil itu bayinya akan sehat dalam kandungan jika lahirnya sesudah sembilan bulan 10 hari. Itu secara medis. Apa yang terjadi jika bayi itu baru lima bulan udah lahir? Jadi lahir prematur. Sebenarnya semua ibu hamil di muka bumi ini sebenarnya menanggung derita. Semua ibu hamil tidak ada yang merasakan enak.

Karena apa? Makan tak enak, tidur tidak enak. Perut besar mesti dibawa ke sana kesini. Tiap hari harus bawa beban 15-30 kg di tubuhnya itu bukanlah hal mudah. Dan itu sepanjang sembilan bulan. Itu benar-benar tidak nyaman. Tapi dia bukan fokus pada beratnya, tetapi fokus pada bayi yang hendak lahir sembilan bulan 10 hari setelah itu. Mindset itu harus anda punyai. Saat fokus ke permasalahan, maka anda akan menderita. Tapi jika anda fokus pada goals atau hasilnya, maka penderitaan itu akan lenyap. Sama dengan proses turunkan berat badan. saya tahu itu tidak nyaman. Anda harus mengganti pola makan anda, dari makanan kesukaan anda. Misalnya seperti anda suka garam, suka gula, suka makanan manis, suka makan pada malam hari.

Anda sukai ngemil, sukai ice krim, pokoknya sukai konsumsi makanan yang manis dan nikmat di lidah. Tapi itu ialah makanan yang tidak diperlukan oleh badan. Satu hari saat anda mengganti pola makan anda, seperti makanan yang tawar, cuman buah dan sayur, tanpa garam, tanpa gula, dan di lidah rasanya kurang nyaman, karena itu anda merasa menderita. Anda merasa ingin menyerah. Tapi ingat prosesnya. Saat anda menyaksikan penurunan berat badan seperti salah satu contoh yang sekarang ini sedang nge'trend, yakni Dewi Hughes.

Dia sukses menurunkan berat tubuhnya 75 kg. Woow.. mengagumkan sekali, menginspirasi sekali.. Anda dapat lihat, kenapa ia sukses? Walau sebenarnya dulu ia sama. Pola makannya sama. Tetapi saat ia konsisten, ia sukses. Siapakah yang tidak ingin turunkan 75 kg saat berat tubuh anda 150 kg lebih? Semuanya orang ingin. Tetapi ingat, bukan fokus pada prosesnya. Tetapi fokus pada hasilnya. Dan pada akhirnya anda akan membuat satu mindset baru, pola baru. saya tidak makan manis tak apa-apa kok. saya tidak ngemil tak apa-apa. saya tidak makan malam tak apa-apa. Pada akhirannya akan tercipta satu pola baru agar mindset anda bisa lebih maju.

4. Tidak Ada yang Memahami Saya

Mindsite yang ke-4 penghambat kesuksesan anda ialah tidak ada yang mau memahami saya . Maka orang jangan terlalu lemah. Sebetulnya siapakah yang ingin memahami di dalam hidup anda? Suami anda? Kekasih anda? Orangtua anda? Ingat, saat orang itu tak lagi ingin memahami anda, lalu anda ingin apa? Menyiksa diri? Anda shock? Anda ingin melarikan diri ke sudut dunia? Lantas anda setiap hari ingin menyanyikan lagu galau untuk menghibur anda? No.. That's not the solution. Be brave and be tough..! Anda harus lebih berani dan kuat. Orang yang paling memahami anda itu bukan orang lain, tapi anda sendiri. Anda yang paling mengetahui siapa anda . Maka kadang-kadang coba ngaca. Seperti motto saya. saya cinta diri saya, saya benar-benar bahagia, saya tentu dapat! Lakukan auto suggestion semacam itu. Jangan berkata "saya bimbang, saya kebingungan, saya resah". Maka pada akhirnya anda jadi orang yang lemah. Apa anda ingin jadi orang yang lemah? Lantas anda selalu berkata ‘tidak ada yang ingin memahami diri saya'? Selanjutnya anda jadi orang yang alay dan lebay, up-date status di media sosial "Tidak ada seorang pun yang ingin memahami diri saya.." Lantas anda ingin jadi orang seperti apa? Memang ada orang yang ingin perduli? Paling beberapa orang malah mem'bully anda "Oh, kasihan..".

Lalu anda dikasih beberapa tips dan doa agar anda semakin banyak berdoa dan sebagainya. Menurut saya itu cuman kata-kata hiburan. Kunci paling besar ialah tidak dengan anda mengumbar kesedihan anda di media sosial atau jadi orang yang lemah. Tapi please be brave, please be tough. Jadilah orang yang kuat. Tidak ada orang sukses yang tidak membayar harga. Berusahalah untuk menantang rasa sedih dan letih anda, karena itu anda bisa jadi lebih baik.

5. Suka Menunda

Dan yang terakhir, mindsite yang kelima penghambat kesuksesan anda ialah saya masih mempunyai banyak waktu (anda suka menunda), kenapa banyak manusia sukai menunda. Karena anda merasa ‘saya masih punya banyak waktu'. saya merasa diri saya ini masih muda lalu kapan anda ingin melakukan pekerjaan? saya kerjakan besok.. Kapan anda ingin lakukan pekerjaan? Aku melakukan minggu depan.. Kapan anda ingin melakukan pekerjaan? Tahun depan.. Tahun depannya ditanyakan, kapan wisuda? 1/2 tahun lagi.. 1/2 tahun kembali ditanyakan, kapan wisuda? Tidak tahu. Jawabnya tidak jelas. Selalu jawabnya menunda, menunda, menunda.. Kapan anda ingin jadi entrepreneur? saya coba dalam 2 tahun ini. Sesudah dua tahun ditanyakan kapan mau usaha? Anda menjawab ‘sepertinya saya tidak cocok..' . Maka kalimat penundaan ini ialah sebuah penghambat paling besar untuk mindset anda bila anda ingin maju.

Jangan menjadi orang yang lemah. Buatlah keputusan yang terbaik sekarang juga. Demikian untuk artikel tentang mindsite penghambat kesuksesan anda, semoga bermanfaat dan sukses untuk anda !!. 

Post a Comment for "Awas 5 Mindset Penghambat Kesuksesan Anda"