Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

12 Peluang Usaha yang Cocok untuk Ibu Rumah Tangga

Mengawali usaha untuk ibu rumah-tangga bisa gampang-gampang susah, apa lagi kalau sudah mempunyai anak. Membagikan waktu untuk keluarga dan mengurus tugas perlu ketekunan dan tentu saja tenaga extra.

Ada begitu banyak pilihan usaha yang cocok untuk ibu rumah-tangga muda ataupun tua yang bisa untuk mulai dicoba. Ditambah, di periode internet seperti saat ini untuk memasarkan barang dapat jadi lebih praktis.

Peluang Usaha yang Cocok untuk Ibu Rumah Tangga

Walau menjalankan usaha sekalian mengurusi keluarga bukanlah hal yang gampang dilaksanakan bersamaan, tetapi referensi berikut menjadi rekomendasi beberapa ibu rumah-tangga untuk pilih Peluang usaha yang cocok dan mendatangkan cuan loh.

12 Peluang Usaha yang Cocok untuk Ibu Rumah Tangga

Berikut ini ada 12 kumpulan ide bisnis dan peluang usaha menjanjikan yang bisa menjadi referensi bagi siapa saja yang ingin membuka usaha, berikut ini daftar usaha nya :

1. Membuka Usaha Toko Kelontong

Buka toko kelontong sendiri bisa saja pilihan pas untuk Anda yang ingin membuka usaha di rumah. Bila mempunyai lahan tersisa untuk toko, Anda bebas jualan apa saja, khususnya yang dibutuhkan warga sekitaran.

Misalkan saja, bahan sembako, frozen food, toko plastik dan bahan kue, atau keperluan rumah tangga setiap hari yang lain.

Kelebihan mempunyai toko kelontong, Anda tidak membutuhkan ketrampilan khusus untuk menjalankannya tetapi putaran uang dapat diperoleh lumayan besar dan cepat. Anda pun bebas sesuaikan jam membuka toko dengan kegiatan sebagai ibu rumah-tangga.


2. Usaha Roti dan Kue Kering

Untuk yang punyai hoby di dapur, buka pesanan kue dan roti kering bisa saja peluang usaha untuk ibu rumah-tangga.

Selain memasarkannya di sekitar lingkungan seperti tetangga, Anda dapat meluaskan pasar dengan mempromokannya di sosial media atau marketplace.

Melihat minat warga pada kuliner sekarang ini tengah tinggi, Anda dapat ikuti hasrat pasar dengan membuat makanan yang populer ataupun produk terbatas tetapi unik kreativitas Anda.


3. Usaha Ketring Rumahan

Jalankan bisnis kulineran seperti katering dapat diawali dari skala kecil bila Anda pemula. Anda dapat menawarkan makanan seperti nasi boks atau prasmanan untuk acara, arisan, sampai pesan antara online.

Dengan begitu, Anda tidak perlu keluarkan dana extra untuk buka tempat makan khusus seperti warung. Cukup persiapkan dapur yang pantas untuk memproses masakan.

Panduan untuk yang ingin jalankan bisnis kulineran yang semakin tumbuh subur, Anda harus stabil dengan rasa dan terus membenahi kualitas makanan supaya konsumen setia tidak kabur selesai sekali mencoba.

Anda bisa juga mengangkat nilai jual makanan dengan paket yang bagus dan menarik. Tidak ada kelirunya untuk mempertimbangkan ide alat makan ramah lingkungan.


4. Usaha Laundry Kiloan

Laundry atau binatu termasuk tipe usaha paling simpel tetapi cukup memberikan keuntungan, bermodal dan operasional bulanan yang tidak terlampau besar. Bahkan juga ibu rumah-tangga muda atau pemula gampang memulai usaha ini.

Kunci sukses usaha laundry kiloan ialah pada lokasi vital, investasi alat, dan service yang bagus. Anda dapat menambahkan service antar-jemput cucian gratis dan tidak boleh sangsi untuk memberikan promosi di awal membuka supaya laundry Anda dilirik konsumen setia.


5. Usaha Penyuplai kontrakan, Rumah Sewa atau kost-kosan

Bila Anda punya modal lebih buat membangun kamar kostan atau kontrakan, peluang  usaha yang datangkan penghasilan sampingan ini bisa saja tepat. Usaha yang menjanjikan ini termasuk punyai prospek yang cerah dan cuan.

Membangun kost - kosan atau kontrakan baiknya ada di lokasi vital dekat kampus dan perkantoran, ingat mahasiswa atau karyawan pasti mencari rumah memiliki jarak dekat.

Anda dapat mengoptimalkan layanan misalkan pemeliharaan dan pembersihan kamar teratur, laundry harian gratis, AC, dan parkir luas untuk tingkatkan daya saing.


6. Reseller dan Dropshipper

Peluang usaha yang cocok untuk ibu rumah-tangga muda/tua yang lainnya ialah menjadi reseller atau dropshipper. Walau serupa sama-sama berdagang, tetapi ke-2 nya punyai pekerjaan berbeda.

Sebagai reseller, Anda beli produk dengan jumlah partai dan jual kembali pada harga yang sudah disesuaikan. Harga dapat semakin tinggi bila melakukan pengepakan ulang dengan merek Anda.

Sementara dropshipper lebih simpel. Anda sebagai pihak ke-3 dari pemilik toko yang bekerja cuman memasarkan produk. Saat ada pesanan, pemilik toko yang mempersiapkan dan mengirim barang.

Kelebihan dua usaha ini, Anda tidak ribet menghasilkan barang sendiri, tinggal memasarkan dan mendapatkan selisih atas produk yang dijual.


7. Peluang Usaha Menjahit Pakian 

Bisnis ini memang tidak asing lagi bagi kita semua. Bisnis menjahit pakaian memang menuntut anda setidaknya untuk bisa menjahit. Namun bagaimana jika kita tidak bisa menjahit? Tenang saja, anda juga bisa melakukan bisnis menjahit ini apabila tidak bisa melakukannya sendiri yaitu dengan merekrut para pekerja jahit yang bisa anda bayar berdasarkan omset kerjaan ataupun gaji setiap bulannya. 

Disini anda harus kreatif dalam pemasaran, buatlah strategi marketing yang cukup efektif, sebarkan brosur ke setiap perumahan, toko kelontong, iklan baris koran, dan tempat strategis lainnya, dan andapun juga bisa sediakan servis jemput bola, yaitu bagi siapa saaja yang ingin membuat pakaian, anda bisa datang kesana dan mengukur ditempat konsumen diskusi disana dan deal disana juga.


8. Usaha Mengelola Kursus Jahit

Masih berhubungan dengan bidang usaha diatas. Mengelola kursus menjahit merupakan salah satu peluang usaha yang cukup menjanjikan juga lho. Memang disini anda dituntut untuk bisa menjahit juga, namun jika tidak andapun bisa menerapkan metode diatas. Merekrut ahli jahit untuk bisa memberikan pelatihan di tempat anda dengan metode privat/personal supaya lebih efektif sehingga murid pun akan senang belajar. 

Disini anda perlu modal mesin jahit minimal 5 - 10 buah mesin jahit supaya bisa menerima bamyak siswa sekaligus. Anda bisa kerjasama bagis hasil dengan pemberi materi kursus jahit. Dan untuk bagi hasil silahkan anda tentukan sendiri atau anda bisa gaji dia bulanan, monggo silahkan.


9. Bisnis Usaha Mengelola Butik

Sebuah kesempatan usaha yang berkaitan dengan pakaian saya rasa juga banyak digemari oleh banyak kalangan masyarakat. Apalagi jika anda membuat lebih eklusif dan khusus seperti butik, bisa butik busana muslim, butik batik dan sejenisnya. Memang diperlukan modal tempat disini, namun bagi ibu rumah tangga yang memiliki space kosong dirumahnya, bisa juga lho dimanfaatkan untuk buka usaha ini. Kunci dari butik ini adalah strategi marketing yang bagus dan kreatif. Anda harus rajin berpromosi entah itu lokal maupun online. 

Tentukan usia market konsumen, saya rasa usia muda menjadi target yang cukup bagus mengingat dunia fashion bagi kaum muda terus berkembang dan up to date. Anda bisa bekerjasama dengan perusahaan konveksi atau perajin batik/busana wanita untuk mensuplai kebutuhan butik anda nantinya. Intinya ini salah satu peluang usaha yang bisa dilakukan oleh ibu rumah tangga disela-sela kegiatan rutinitas harian mereka.


10. Bisnis Produsen Kue 

Jenis ide peluang bisnis yang satu ini tentunya diminati juga dong buat anda ibu rumah tangga. Hobi memasak atau membikin berbagai jenis kue memang asik ya. Selain menyenangkan, membuat kue bisa dibisniskan juga. Sangat terbuka lebar pasar kue ini, dan jika anda bisa kreatif dan cerdik dalam marketing insyaAllah anda bisa mengisi pasar bisnis kue yang ada di masyarakat. Anda bisa memulainya dengan membuat berbagai macam resep kui, sudah banyak buku resep yang dijual umum, atau anda juga bisa ikut kursus singkat membuat kue. 

Intinya banyak cara jika kita ingin memanfaatkan ide bisnis menjadi produsen kue ini. Marketing yang bagus, sebarkan banyak brosur ke area perumahan, iklan baris di koran, dan kerjasama dengan beberapa swalayan untuk menitipkan kue buatan anda menjadi beberapa opsi strategi marketing yang bisa diambil. Saya yakin insyaAllah pasar bisnis kue ini masih sangat diminati dan akan terus berkembang nantinya.


11. Berjualan Busana Muslimah Online

Masih berkutat di dunia fahsion. Anda bisa berjualan jenis pakaian yang satu ini yaitu busana muslim. Selain anda memiliki butik (perlu modal tempat dan stock barang) jika ingin jualan dengan minim modal, jualah secara online. Kerjasama dengan produsen atau toko busana musim dengan harga kulakan diskon lalu bisa anda naikan berapa persen setiap item yang anda jual. Sedikit informasi dari teman saya yang juga berbisnis online jualan busana muslim, sebagai contoh dia kulakan pakaian satu pasang dengan harga Rp.130.000 dan dijual Online di harga Rp.200.000 diskon 10% belum termasuk ongkos kirim. Dia tidak usah stok barang, begitu ada orderan langsung pesan ke produsen yang sudah diajak kerjasama sebelumnya. 

Ini salah satu peluang bisnis yang mudah dilakukan dan kreatifitaslah yang diperlukan untuk membuat bisnis usaha ini bisa berkembang lebih luas lagi. Aktiflah di sosial media facebook, twitter dan sejenisnya, iklankan produk anda di web dan forum jual beli seperti kaskus, tokobagus, indonetwork, berniaga dan beberapa situs jual beli online lainnya untuk menunjang marketing anda. Respin setiap pertanyaan konsumen dengan cepat dan baik akan sangat membantu meningkakan brand anda dalam berjualan.


12. Broker Online 

Untuk jenis peluang usaha yang ke 12 ini saya rasa sangat menarik dan bisa dilakukan oleh banyak orang termasuk ibu rumah tangga. Sebenarnya jenis usaha broker online sedikit berhubungan juga dengan beberapa jenis usaha diatas misal "jualan busana muslimah online" namun disini saya rasa jenis produknya juga bisa kita perlebar. Broker properti, tanah, kendaraam dan masih banyak lagi yang bisa kita garap. 

Tipsnya mudah, silahkan cari para penjual produk yang ada di beberapa situs jual beli online seperti yang sudah saya sebutkan tadi misal olx, bukalapak, shopee, tokopedia dan sejenisnya, bisa juga melihat iklan di koran. Ajak kerjasama mereka para penjual, dan silahkan cari pembelinya via online juga, bisa di media serupa atau di tempat lain misal situs sosial media atau forum jual beli. 

Prinsipnya anda kulakan dengan harga rendah dan dijual dengan anda naikan harganya (atau bisa juga prosentase dari nilai jual yg sudah ditetapkan). Untuk jenis usaha broker online ini memang diperlukan kreatifitas serta juga waktu anda untuk online dalam sehari sisihkan waktu 2-4 jam untuk promosi dan juga mencari produk yang akan anda jual.

Ke 12 jenis peluang bisnis untuk ibu rumah tangga diatas saya rasa akan masih tumbuh dan terus berkembang di tahun ini dan juga ditahun yang akan datang seiring meningkatnya kebutuhan dan juga perekonomian masyarakat Indonesia. Intinya kita harus selalu kreatif dan terus berusaha, dan pastinya dimana ada kemauan pasti ada jalan. Silahkan mencoba dan semoga sukses. Demikian artikel tentang Peluang Usaha yang Cocok untuk Ibu Rumah Tangga ini semoga bermanfaat ya !

Post a Comment for "12 Peluang Usaha yang Cocok untuk Ibu Rumah Tangga"