Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sekilas Tentang Digital Marketing

Apakah sobat tahu apa yang dimaksud dengan Digital Marketing ?? lebih jelasnya mari kita lihat penjelasan sekilas tentang Digital Marketing.

Digital Marketing

Sekilas Tentang Digital Marketing

Digital marketing adalah media yang cukup penting. Di mana, digital marketing dipakai untuk mempromosikan satu produk seseorang kepada orang lain yang membutuhkan. Bicara tentang digital marketing, media yang dipakai dalam digital marketing ialah komputer, notebook, laptop,,tablet dan handphone. Dengan memakai digital marketing, maka anda lebih gampang untuk mempromosikan produk yang dipasarkan.

Dengan memanfaat kan digital marketing, maka seseorang akan mendapatkan keuntungan dari usaha yang di lakukan. Memulai usaha memang tidak cukup mudah, hingga banyak para pebisnis yang cari cara untuk memulai usaha itu.

Apa Itu Digital Marketing

Digital marketing ialah upaya pemasaran produk dengan media digital dan koneksi internet. Seperti Google Bisnisku, WhatsApp Bisnis, website/blog, dan basis lainnya.

Kenyataannya, pengguna internet di dunia udah 4,8 miliar orang lebih (Data Reportal). Itu berarti, semakin banyak orang terhubung dengan internet sehingga usaha digital marketing mulai dibutuhkan.

Tujuan, Manfaat, Keungggulan dan Kelebihan Strategi Digital Marketing

Ide dan penerapan digital marketing merupakan hal yang sudah dilakukan untuk mendongkrak penjualan produk dari sebuah merek. Seiring dengan perkembangan teknologi, trend di dunia usaha makin bervariasi. Satu diantaranya ialah trend digital marketing. Digital marketing ialah aktivitas pemasaran atau promosi suatu brand atau produk dengan memakai media digital atau internet. Tujuan dari digital marketing ialah untuk menarik pembeli dan calon konsumen secara cepat. Seperti kita ketahui, penerimaan teknologi dan internet dalam masyarakat sangat luas, sehingga tidaklah aneh bila kegiatan digital marketing jadi opsi khusus untuk perusahaan.

Sebagai pelaku bisnis, Anda perlu belajar digital marketing? Inilah manfaat digital marketing:

  • Fleksibel digunakan semua tipe bisnis yang ingin beralih ke online. Apa lagi ada bermacam media digital marketing dari yang gratis sampai berbayar;
  • Mampu menjangkau konsumen secara personal sesuai dengan customer journey atau persiapan untuk membeli;
  • Lebih mudah mengukur kesuksesan strategi, ingat tools digital marketing menyediakan metrik performa iklan;
  • Mengoptimalkan tingkat konversi karena digital marketing sanggup melemparkan promosi ke target audience detil.

Banyaknya digital marketing yang dipakai oleh perusahaan, menunjukkan jika digital marketing banyak memiliki keuntungan dan kelebihan yang dapat didapat. Berikut beberapa keunggulan marketing digital dibanding dengan marketing konservatif.

1. Kecepatan Diseminasi

Taktik marketing dengan memakai media digital bisa dilaksanakan dengan cepat sekali, bahkan juga dalam perhitungan detik. Disamping itu, digital marketing dapat diukur secara real time dan tepat.

2. Kemudahan Evaluasi

Dengan memakai media online, hasil aktivitas marketing dapat segera dijumpai. Info seperti berapakah lama produk Anda sudah dilihat, berapakah beberapa orang yang menyaksikan produk Anda, berapakah prosentase alterasi pemasaran dari tiap iklan dan lain-lain.

3. Jangkauan Lebih Luas

Keunggulan setelah itu lingkup geografis Digital Marketing yang luas. Anda bisa menyebarkan merk atau produk Anda ke penjuru dunia cuman dalam langkah-langkah gampang dengan memakai internet.

4. Murah dan Efisien

Dibanding dengan marketing tradisionil, pasti marketing digital lebih murah dan efisien. Irit sampai 40% untuk anggaran biaya, menurut Laporan Pengeluaran Marketing Digital Gartner. Disamping itu, survey memperlihatkan jika 28% pebisnis kecil akan berpindah ke digital karena bisa dibuktikan lebih efisien.

5. Membuat Nama Merk

Pemasaran digital menolong Anda membuat nama merk yang bagus. Kehadiran jagat maya dengan kehadiran merek Anda penting karena orang akan cari lewat cara online saat sebelum beli produk Anda..

Saat ini, kemungkinan Anda bertanya apa kelebihan digital marketing dibanding sistem tradisionil. Misalkan, melekat edaran di tiang jalan, menempatkan baliho, berpromosi di koran, atau media off-line yang lain. Tentu saja, digital marketing tawarkan beberapa kelebihan yang tidak dipunyai traditional pemasaran. Berikut sejumlah salah satunya:

  • Mudah mencapai sasaran pasar yang bertambah luas sampai ke milyaran pemakai internet di semua dunia;
  • Sekitaran 70% orang lebih sukai menggunakan internet untuk cari tahu produk dibanding iklan tradisional;
  • Memerlukan ongkos lebih rendah dan dapat ditata sendiri karena menggunakan platform digital;
  • Mengirit waktu dengan beragam tools automatis dibanding lakukan aktivitas promo dengan manual atau mengikutsertakan banyak kegiatan fisik;
  • Lebih cepat dan mudah untuk merajut komunikasi dua arah sampai layani calon konsumen setia, dibanding sekedar memperlihatkan papan iklan/edaran;
  • Bebas tentukan kapan dan durasi waktu penerapan program marketing.

Digital marketing ialah strategi yang tidak selamanya sukses digerakkan khususnya jika Anda kerjakan asal-asalan.

4 Jenis Digital Marketing yang Harus Kamu Ketahui

Digital Marketing ialah usaha untuk mempromosikan satu merk dengan memakai media digital yang bisa mencapai pelanggan dengan tepat waktu dan berkaitan. Anda dapat memperbandingkan di antara pebisnis yang mengaplikasikan strategi digital marketing sama yang tidak. Bisa ditegaskan, mereka yang mengaplikasikan taktik tata urus usaha dengan jaringan marketing digital mempunyai prospect usaha yang lebih bagus dibanding yang tidak. Tipe Marketing Digital:

1. Pemasaran Media Sosial 

Marketing sosial media ialah wujud marketing digital yang memakai platform sosial media dan website jaringan untuk mempromosikan produk atau service dengan cara berbayar dan tidak berbayar. Basis sosial media yang bisa dipakai diantaranya:

Facebook, Instagram, Twitter, dan lain-lain.

2. E-mail Marketing

E-mail marketing ialah cara marketing produk dengan mengirim info tertentu atau tawarkan up-date ke calon konsumen setia lewat e-mail.

3. SEO

SEO  yang disebut ringkasan dari Search Engine Optimization, ialah strategi atau serangkaian teknik sistematis untuk menempatkan sebuah website atau blog pada halaman khusus SERP (Search Engine Result Page) dan mempunyai potensi sesuai keyword yang ditetapkan.

4. Konten Marketing 

Konten Marketing ialah tipe marketing digital yang fokus pada pembuatan dan pendistribusian content untuk sasaran pasar atau pengunjung. Tujuan khusus content untuk menarik perlakuan yang memberikan keuntungan dari pelanggan potensial. Contoh konten pemasaran diantaranya posting website, video, podcast, studi kasus, ebook. Itu tadi 4 jenis digital marketing yang harus dipunyai pelaku bisnis online.

Tools Digital Marketing Harus di Miliki untuk Bisnis Online

Hai sahabat Entrehub.org ini kali kita ingin ulas mengenai tools Digital marketing terbaik yang keren sekali dan dapat dicoba untuk para pebisnis online dan digital marketing. Ok kita akan mengulas mengenai toolsnya tetapi harus diingat jika ini harus disesuaikan dengan keperluan masing-masing ya Jadi kemungkinan setiap pelaku Digital marketing tentu punyai strategi dan keperluan yang berbeda.

1. Google Analytics

Tools digital marketing yang pertama kali yang dapat dipakai oleh para pemilik website atau pelaku digital marketing itu ialah Google analytics . Jadi kemungkinan rekan-rekan tidak asing dengan Google analytics, Google panduan ini berguna sekali untuk kita dapat mentrek data traffic web kita dapat untuk analitis trafik dapat untuk hitung atau menghitung Confession di web kita, juga bisa untuk menyaksikan demografi pengunjung web kita, menyaksikan performnce content dan banyak secara singkat ini tuch penting sekali dan harus dipakai untuk usaha online anda.

2. Google Search console

Tools untuk digital marketing yang ke-2 namanya Google Search console jika ini lebih detil ke pemilik web atau kepelaku SEO karena search console ini dapat menolong kita untuk memperoleh data mengenai beragam hal sekitar web kita, misalnya data performnce content web kita di Google selanjutnya data mengenai apa content situs kita terindeks satu tidak semua itu dapat kita explore dan check dari Google Search console ini . Maka ini benar-benar menolong dan benar-benar dibutuhkan oleh beberapa pemilik web.

3. Ubersuggest

Tools digital marketing yang ke-3 yakni Ubersuggest. Ubersuggest ialah tool untuk penelitian kata kunci yang diperkembangkan oleh Neil Patel, salah seorang ahli digital marketing dan SEO yang cukup terkenal. Melalui tool ini, Anda bisa cari gagasan kata kunci atau lakukan penelitian kata kunci yang sesuai arah content Anda.

Platform ini sudah sering dipakai oleh beragam perusahaan untuk memberikan dukungan usaha content pemasaran yang sudah dilakukan, seperti Nike, Twitter, CNN, sampai Spotify. Beberapa feature khusus yang dipunyai oleh Ubersuggest diantaranya:

  • Keyword Analyzer - memberikan info tentang volume pencarian, tingkat kesulitan dan ide content dari sebuah kata kunci
  • Competitive Analysis - menampilkan bagaimana kompetisi keyword khusus dibanding dengan pesaing
  • SEO Explorer - memberi informasi apakah web Anda telah mengaplikasikan praktek SEO secara baik

Salah satunya keunggulan Ubersuggest ialah bentuknya yang ramah untuk pemakai.

Disamping itu, Anda dapat memakai feature khusus dengan gratis untuk tiga kata kunci saja. Nach, untuk memperoleh feature dan hasil penelusuran yang lebih komplet, Anda perlu abonemen service Ubersuggest

4. Google Trends

Tool Digital marketing yang ke-4 namanya Google Trends, jika ini fungsinya untuk melihat apa yang trend di penelusuran Google baik itu di negara Indonesia atau di beberapa negara lain ini umumnya lebih digunakan oleh para konten Creator yang mungkin oleh youtuber, pemilik blog para pembuat content atau melakukan marketing. Dengan menggunakan Google Trends kita dapat pantau apa sich yang sedang jadi tren di pencarian Google misalnya di Indonesia dari hari ke hari Nach di sana datanya dapat kita pakai mungkin buat content media sosial atau content website atau buat campaign tertentu dan lain-lain jadi ini juga membantu.

5. Google My Business

Tools marketing digital yang ke-5 namanya Google my business kalau ini sangat bagus digunakan oleh beberapa pebisnis baik itu yang mikro yang UMKM atau yang besar juga bisa karena Google my bisnis ini memungkinkannya kita untuk menampilkan usaha kita di Google . Maka saat orang mencari suatu hal di Google atau orang ketik nama disekitar mereka akan secara mudah memperoleh akses ke bisnis kita alamatnya kontaknya dan lain-lain nach jika rekan-rekan ingin coba dan Pakai Google Map bisnis bisa ke Google bisnisku di sana kita dapat lihat beberapa fiturnya dan ini gratis sehingga kita dapat daftarkan bisnis kita itu langsung di Google dengan gratis dan tak perlu keluar biaya sama sekali jadi ini benar-benar menolong juga.

6. Canva

Marketing digital tools yang ke enam ialah Canva. Tool Canva penggunaannya lebih untuk desain grafis tentunya siapa saja dapat gunakan tool ini secara mudah walau anda tidak pakar dalam desain untuk membuat konten-konten desain misalnya Instagram Story, Instagram Post untuk design iklan misalkan atau design video dan lain-lain ini dapat di-export dan dimaksimalkan.

7. Google workspace

Tool Digital marketing yang ke-7 ialah Google workspace. Sebagian besar pelaku digital marketing sukai menggunakan beberapa produk dari Google termasuk Google workspace ini Google workspace ini ialah paket dari Google yang dapat kita pakai untuk akses ke beberapa aplikasi seperti Google Drive, Gmail untuk bisnis, selanjutnya Google menit dan banyak jadi semua produknya Google itu terintegrasi di satu tempat dan dapat kita gunakan dari yang namanya Google What's up buat pebisnis apa lagi pelaku Digital marketing umumnya benar-benar mengandalkan Google workspace ini.

8. Google Ads

Tools Digital marketing yang ke-8 ialah Google Ads, Alat ini pasti dipakai oleh beberapa plaku Digital marketing karena melalui Google Earth kita dapat buat iklan di Google pencarian. Nach di sana kita dapat iklankan tuch produk kita di penelusuran Google jadi saat orang cari sesuatu mereka bisa memperoleh akses ke produk  Service ataupun bisnis kita.

9. Media Sosial

Tools Digital marketing yang kesembilan sudah pasti tentunya ialah media sosial seperti Instagram, Facebook, Telegram, Whatsapp atau sosmed yang lain nach sosial media ini satu diantaranya dapat kita pakai sebagai fasilitas promosi sebagai sarana untuk mendatangkan traffic website dan berbagai strategi digital marketing yang lain tentunya dapat dimaksimalkan dengan  YouTube.

10. Unbxd

Dengan Unbxd, Anda bisa memaksimalkan pencarian situs Anda dengan memberi pengalaman yang lebih personal ke konsumen setia, seperti rekomendasi produk. Misalkan, saat pengunjung Anda melihat "disarankan untuk Anda", mereka cenderung pergi dan menjelajahi item yang ditawarkan dan melakukan pembelian. Anda bisa juga mendapatkan Unbxd sebagai plugin untuk Shopify.

11. Zendesk

Zendesk ialah perangkat lunak layanan pelanggan terkemuka yang menyediakan service pelanggan lewat obrolan, telephone, dan e-mail. Platform ini memungkinkan Anda terhubung dengan pelanggan, mengumpulkan data mereka, menanggapi ticket bantuan, dan lain-lain., untuk memenangkan kepercayaan dan loyalitas mereka. Optimalkan Antar-muka pengguna sama pentingnya dengan pengalaman pengguna. Itu adalah bagian dari itu dan mereka bekerja sama.

12. Optimizely

Dengan Optimizely, Anda bisa jalankan pengetesan A/B dan membuat website yang lebih bagus untuk pengunjung Anda. Tes beragam tatanan letak dan content untuk menyaksikan

apa yang mengonversi dan bekerja terbaik. Optimizely dapat ingat sikap pengunjung Anda dan sesuaikan content di website Anda dengan pencarian dan lawatan mereka awalnya.

13. Crazy Egg 

Digital marketing tools ini mirip dengan Hotjar, Crazy Egg memungkinkannya Anda melihat di mana pengguna mengeklik dengan peta panas. Cukup ketik URL Anda dan itu akan memperlihatkan peta panas Anda saat Anda mendaftar untuk uji coba gratis 30 hari. Yang paling penting, Anda mungkin bertanya kenapa pengunjung Anda tidak lakukan konversi. Crazy Egg tahu kenapa mereka pergi hingga Anda bisa meningkatkan halaman Anda untuk pengalaman pelanggan yang lebih baik.

14. SEMRush

Tools digital marketing SEMRush mengeklaim dirinya sebagai alat marketing lengkap. Ini jelas sebagai alat yang luar biasa bila Anda melihat analitik dari semua internet marketing termasuk sosial media, SEO, dan PPC. Alat ini benar-benar ampuh untuk penelitian pesaing dan advertensi. Disamping itu, SEMRush menganalisa content Anda untuk membantu berkinerja lebih baik daripada kompetitor Anda.

Ok demikian artikel  Sekilas Tentang Digital Marketing diatas, semoga bermanfaat !

Post a Comment for " Sekilas Tentang Digital Marketing"