Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

8 Tips Memilih Kursus Online Terbaik Untuk Upgrade Ilmu & Skillmu

Kemajuan yang demikian cepat terjadi di era digital saat ini bila seorang pegawai tidak sanggup mengikuti perubahan, akan dengan gampangnya tersingkir di dunia kerja. Salah satunya cara untuk mengantisipasinya ialah mengikuti kursus online. Maksudnya supaya pegawai makin trampil di bidangnya, hingga makin lama tingkatan kariernya ikuti naik.

Tips Memilih Kursus Online Terbaik

Penting untuk memilih kursus online yang terbaik. Memulai pelatihan yang tidak sesuai minat kamu bisa dengan cepat membuat berhenti belajar dan jatuhkan kepercayaan diri. Nah saat ada ribuan kursus online, bagaimana kamu dapat memilih yang cocok?.

Tips Memilih Kursus Online Terbaik

Ikuti kursus online tentu saja di tempat yang akurat. Supaya tidak salah pilih, ikuti beberapa tips memilih kursus online ini. Berikut adalah beberapa tips yang dapat kamu pilih untuk menemukan kursus online yang tepat :

1. Tentukan Bidang Studi yang iIgin Dipelajari

Pertama, kamu cari info dahulu bidang study atau pelajaran apa yang ingin dipelajari (Kursus online sesuai bidang yang diminati). Apa itu tentang keuangan, software, atau apa? Dengan menentukan bidang, minatmu untuk belajar tetap stabil dari sejak awalnya sampai akhir kursus.

Sesudah tahu bidangnya, kamu dapat minta contoh modul yang hendak dipelajari. Disini kamu dapat lihat apa modul itu selaras ataukah tidak dengan skill yang ingin ditingkatkan.

Karena, bidang yang sama sesuai saja tidak jamin jika kamu akan mendapat skill optimal selama kursus. Perlu ditelaah kembali detilnya supaya kamu tidak menyesal di masa datang.

2. Sesuaikan dengan Anggaran

Tentu ada harga yang dibayarkan saat mengikuti kursus online, bergantung bidang masing-masing. Supaya tidak kesulitan keuangan, coba mencari kursus online yang sesuai anggaran. Mencari beberapa platform atau pengurus yang menyediakan bidang pembelajaran, lalu bandingkan harga.

Memang, ada kursus online yang tidak berbayar atau cuma-cuma. Tetapi umumnya, materi yang diberikan kurang dalam dan waktu kursusnya tidak teratur.

Tidak boleh ragu-ragu untuk ambil paket kursus online jika harga lebih murah. Misalkan, paket kursus 2 orang akan mendapatkan harga khusus. Seterusnya, kamu tinggal mencari orang yang kiranya ingin pelajari bidang yang serupa denganmu.

3. Akses yang Gampang

Kursus online umumnya memakai tool berbentuk aplikasi atau website. Pastikan tool itu gampang diakses untuk memberikan dukungan proses pembelajaran, jadi waktumu tidak habis menunggunya loading.

Baca ulasan dari anggota di kursus online yang berkaitan untuk ketahui efisiensi tool yang disediakan. Bila banyak kendala, semestinya mencari tempat kursus online lain. Sayang jika uangmu habis, tetapi kamu tidak mendapatkan pembelajaran yang optimal.

4. Penyelenggara yang paling dipercaya

Jangan cuman pilih tempat kursus online itu wajib jadi perhatian. Bila kamu telah memperoleh satu nama penyelenggara, lihat kembali review dari pihak lain yang pernah belajar disitu.

Bila review bagus, kamu dapat bayar langsung ongkos kursus sesuai waktu yang diharapkan. Bila kebalikannya, maka cari referensi lain di internet atau kontak beberapa orang yang awalnya pernah ikuti kursus dibidang yang serupa. Janganlah sampai udah bayar mahal, tetapi servicenya tidak sesuai dengan keinginan.

Sebuah penyelenggara yang dapat dipercaya atau paling dipercaya umumnya banyak mendapatkan tanggapan positif dari anggotanya.

5. Lihat Jadwal Kursus

kelihatannya memang sepele, tetapi untuk yang telah bekerja memerhatikan jadwal penting. Janganlah sampai jam kursus online dan jam kerja bentrok, yang ada belajarnya dapat kurang optimal.

Cari waktu luang dalam satu minggu, jadi di saat itu kamu dapat ikuti kursus online tanpa masalah apapun. Misalkan, kursus online di Hari Kamis dari jam 10 pagi sampai jam12 siang. Mau tidak mau, kamu harus kosongkan jadwal pada waktu serta hari itu.

Bikinlah pengingat tiap minggu supaya kamu tak lupa ikuti kursus online. Dengan begitu, kamu dapat ikuti pembelajaran dengan baik.

6. Pelayanan yang Baik

Penyelenggara yang menawarkan jasa belajar, baik lewat cara online atau off-line harus memerhatikan pelayanan. Misalkan, admin harus tanggap jawab pertanyaan seputar jadwal kursus online, ongkos, dan tipe paket.

Penting untuk memilih penyelenggara yang baik dari sisi layanan. Bila satu saat terjadi masalah, maka admin akan cepat memberi respon masalah itu . Maka, kamu tak perlu kelamaan menanti apa lagi sampai cari tahu sendiri jawabnya.

Bagus tidaknya pelayanan dapat dilihat melalui feature live chat yang disediakan penyelenggara kursus itu. Bila servis cepat, kamu tak perlu berpikir panjang kembali untuk segera mendaftarkan.

7. Mulai Belajar

Bila kursus online akan segera mulai, tambahkan pengingat ke kalender kamu atau buat catatan di buku harian, sehingga kamu siap saat kursus online dimulai.

8. Jaga Konsistensi Belajar

Walau tujuan kursus online ini hanya untuk tingkatkan skill, sebaiknya kamu harus selalu konsisten ikuti pembelajaran. Tanpa konsistensi, pengetahuan yang didapat umumnya hanya sekadar saja. Benar-benar sayang apa lagi jika biaya pelatihan online nya mahal.

Ingat, kamu bayar kursus online pakai uang bukan gunakan daun atau kertas. Coba menghargai tiap keringat yang kamu keluarkan untuk menghasilkan uang untuk mengikuti kursus online.

Dengan ini, kamu dapat serius menjalani kursus online. Tidak ada namanya ogah-ogahan walau telah capek bekerja sepanjang hari.

Daftar Situs Belajar Kursus Online Untuk Upgrade Ilmu & Skillmu

Berikut ini kumpulan situs website tempat belajar dan kursus online terbaik untuk Anda yang ingin mengupgrade skill ;

1. KhanAcademy.org

Kursus online tanpa keluarkan dana dapat kamu dapatkan di website Khan Academy. Course yang ditawarkan variatif, beberapa salah satunya ada kelas SAT, Matematika, Arts dan Humanities.

Kamu dapat mengunduh website yang digagas oleh Salman Khan ini di iOS atau Android. Selain belajar online, kamu bisa juga turut partisipasi jadi volunteer di website ini.

2. eDX.org

Dua universitas elite dunia yang punyai misi yang serupa untuk memberikan dukungan dunia pengajaran, sudah melahirkan website belajar online edX semenjak 2012 lalu.

Harvard University dan MIT menggarap serius website belajar online edX dengan matang yang dapat kamu saksikan dari content materi yang belum pasti berada di kelas umum sekolah.

3. Alison.com

Alison adalah website belajar atau kursus online yang berdiri semenjak tahun 2007. Sampai saat ini, telah 11 juta pemakai yang belajar online dari 195 negara.

Khusus untuk kamu yang ingin belajar online atau pelatihan design grafis, ada banyak tipe kursus yang dapat kamu pilih. Dimulai dari membuat desain produk, desain thinking (menganalisa dan pengamatan desain), sampai program belajar online dengan gelar Diploma. Satu lagi berita baiknya, kamu dapat mengakses beberapa pelatihan secara gratis, loh!

4. Brainly.co.id

Website ini termasuk hebat dan interaktif karena kamu dapat ajukan beragam pertanyaan yang digolongkan ke sejumlah bidang studi. Ada tab untuk subyek History, Math, Language, Social Studies, SAT, dan pertanyaan ilmu dan pengetahuan umum lainnya.

5. Udemy.com

Website belajar online Udemy memberikan sarana kursus design grafis yang terdiri ke sejumlah kategori. Kamu dapat pilih kursus membuat desain logo, karakter, melukis dalam bentuk banyak, dan digital.

Tiap category ini punyai beberapa modul atau materi yang dapat kamu pelajari dengan bayar program design grafis pilihanmu dimulai dari harga 10$ atau sekitaran 140 ribu rupiah saja.

Serunya lagi, Udemy buka peluang untuk kamu yang telah pakar di bagian design untuk jadi tutor di pelatihan design grafis online di website-nya.

6. Ruangguru.com

Kreasi anak bangsa yang cukup dikenali di kalangan siswa ini ialah situs kursus online Ruangguru.

Di website ini kamu dapat tentukan beberapa program seperti lesonline, ruangles, atau ruanguji. Ruangles tawarkan sarana guru private yang hendak membantu kamu belajar dengan datangkan guru ke tempat dan waktu yang telah kamu tentukan.

7. Coursera.org

Saat masuk ke website ini, kamu akan disambut nuansa biru dan turquoise dan tagline "Take the world's best courses, online."

Belajar diplatform kursus online Coursera memungkinkan kamu untuk pelajari modul dari beragam kampus hebat di dunia. John Hopkins University, University of Michigan, dan Illinois ialah tiga universitas besar US yang menyediakan materi belajar online melalui Coursera. Lingkup bidang kursus online yang dijajakan lumayan luas, dimulai dari Algorithm, Paleobiology, bahkan juga ada pula tentang perpajakan di Amerika.

8. Canva Desain School

Canva Desain School telah mempunyai 9800 lebih pelajar yang tersebar di banyak negara. Canva tergolong website belajar online yang menyediakan pelatihan design workshop interaktif dan grafis. Belajar online melalui Canva, kamu akan mendapatkan modul.

Untuk kamu yang pemula dengan design, web ini akan menolong proses kenalan kamu dengan design grafis agar lebih lancar. Berita baiknya, Canva telah mempunyai situs resmi versus bahasa Indonesia juga.

9. Zenius.net

Zenius ialah pionir web pembelajaran online di Indonesia yang dibangun tahun 2007. LMS ini sediakan beberapa materi pengajaran untuk pelajar SD sampai SMA. Materinya ada berbentuk video berbahasa Indonesia, dan e-book untuk kelompok soal Ujian Nasional.

Banyak pemakai yang mereferensikan website belajar ini secara eksklusif untuk anak IPA. Hal tersebut karena materi Zenius misalkan di mapel fisika dan matematika lebih mendalam. Zenius mengajari penurunan rumus dari rumus dasar yang tidak diulas di platform lain dan di sekolah juga.

10. Quipper.com

Serupa dengan Zenius dan Ruangguru, Quipper School ialah layanan pengajaran online baru khusus untuk guru dan pelajar SMP dan SMA. Learning Manajemen Sistem ini dibikin untuk memberikan fasilitas guru dan siswa dalam melakukan kegiatan belajar dan mengajar secara online.

Berlainan dengan Zenius yang direferensikan banyak pemakai untuk anak IPA, Quipper lebih direferensikan untuk anak IPS. Kenapa? Karena materi sosial di Quipper lebih komplet. Bahkan juga karena sangat selengkapnya, beberapa materi terkadang tidak pernah diberikan di sekolah offline.

11. Kelaspintar.id

Web belajar gratis milik PT Extramarks Education ini sediakan evaluasi untuk kelas 1 sampai 12. Materinya pembelajarannya sama sesuai kurikulum dan jumlah mata pelajaran. Di kelas pandai, Anda dapat belajar lewat video animasi, audio- e-book, dan visual.

12. Rumah Belajar

Dengan menggandeng beberapa perusahaan swasta penyuplai layanan pembelajaran online, Kemdikbud mengembangkan portal pembelajaran online, Rumah Belajar! Rumah belajar sebagai portal pembelajaran yang sediakan materi dan sarana pembelajaran untuk pelajar dan pengajar dari tingkatan PAUD sampai SMA/SMK.

13. Facebook Blueprint

Anda kemungkinan salah satunya pemakai Facebook. Tetapi pernah dengar tidak, jika platform media sosial yang ini punyai program e-learning? Namanya Facebook Blueprint! Facebook blueprint ialah platform belajar online gratis yang sediakan kursus mandiri iklan Facebook dan Instagram.

Facebook Blueprint mempunyai lebih 90 pelatihan mengenai advertising di Facebook dan Instagram. Kelas online ini benar-benar efektif untuk digital marketing yang ingin meningkatkan format iklan dan portofolio. Dan untuk pemula di bagian Facebook dan Instagram marketing, ada 13 kelas yang dapat Anda ambil.

14. IndonesiaMontessori.com

Untuk Anda, orangtua modern yang tak tetap ingin up-date soal parenting dan pengetahuan lain sekitar mengurusi anak, dapat mencoba belajar di IMC. Montessori ialah sistem pengajaran yang mempunyai tujuan meningkatkan potensi anak secara kognitif, emosional, sosial, dan fisik. Sistem pembelajaran Montessori dilaksanakan lewat interaksi ketimbang instruksi.

Di website kursus online IMC, Anda akan mendapati bermacam langkah untuk mempratikkan sistem montessori di mana saja.

15. Hubspot Academy

Meskipun sudah punya gelar pendidikan tertentu, tidak ada salahnya untuk meningkatkan skill profesional Anda dengan mengikuti kelas online. Di Hubspot Academy Anda bisa belajar banyak materi terutama yang berhubungan dengan karir dan bisnis. 

Tidak perlu bayar, alias gratis! Anda bisa belajar banyak tentang marketing, strategi konten dan media, kepenulisan, dan lain-lain.

Rangkuman

Belajarlah dengan Telaten dan Pantang Menyerah. Selesai mendapati tempat kursus online atau ecorse yang terbaik, setelah itu kamu ikuti prosesnya sampai usai. Proses belajar tidak ada yang gampang. Tetapi dengan telaten dan semangat tidak mudah menyerah, yakinlah kamu dapat melalui proses itu dengan baik. Disamping itu, ketrampilan kamu akan semakin bertambah untuk bekal memperoleh pekerjaan yang terbaik nantinya dan tentunya kamu dapat berkompetisi dengan pegawai lain karena kamu mempunyai ketrampilan yang terbaik.

Bagiamana makin tertarik bukan mengikuti kursus online? Apa lagi jika sekarang ini kamu seringkali work from home, sebaiknya kamu isi waktu senggang dengan ikuti kursus online buat memperoleh ilmu pengetahuan dan sertifikat yang memperkaya resume kamu. Selamat belajar!

Semoga artikel tentang 8 Tips Memilih Kursus Online Terbaik Untuk Upgrade Ilmu & Skillmu diatas bermanfaat untuk Anda !

Post a Comment for "8 Tips Memilih Kursus Online Terbaik Untuk Upgrade Ilmu & Skillmu"