Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

12 Media Online untuk Mempromosikan Bisnis Anda

Sejak hadir dan populernya media sosial atau media online untuk promosi bisnis, promosi sebuah produk atau jasa sekarang makin maju dan gampang dilaksanakan dan mulai jarang dilaksanakan via radio, media tv atau cetak. Sekarang ini bisa disebut zaman digital di mana media digital sebagai wadah yang populer digunakan untuk mempromosikan sebuah bisnis.

Media Online untuk Mempromosikan Bisnis

Kehadiran media sosial sebagai media promosi yang disokong oleh kekuatan internet sekarang ini berpotensi mendukung kesuksesan promosi satu usaha atau produk secara mudah, cepat dan murah, bahkan juga tanpa modal sama sekali. Ditambah dengan berbagai sarana bermacam tools internet yang ada seperti blog, website, media sosial dan sifatnya yang global, real time dan praktis membuat kegiatan promosi bisnis Anda semakin lebih optimal karena jangkauannya yang luas dan nyaris tidak terbatas.

12 Media Online untuk Mempromosikan Bisnis Anda

Jadi apa saja sih media online yang efektif untuk dijadikan media promosi handal untuk mempromoskan bisnis Anda, berikut ulasan ke 12 media online untuk mempromosikan bisnis dan usaha Anda:

1. Blog atau Webite

media sosial online satu ini mempunyai kesamaan dengan website secara sepintas tetapi pemakaian blog hanya sekedar untuk mendukung usaha promosi. Tekniknya dengan memuat beragam artikel tentang bisnis dan produk online shop bahkan juga bila Anda ingin memuat informasi terkini atau berita mengenai toko online Anda dan memperlihatkan prestasi yang telah dicapai.

Untuk makin memaksimalkan pemakainnya, beberapa dari pelaku bisnis online yang memakai website menggunakan tehnik SEO untuk semakin memikat lebih banyak konsumen.

2. E-mail Marketing

E-mail marketing dipandang sebagai cara kuno antara media online yang lain tetapi tidak boleh meremehkan kekuatan media online satu ini. E-mail marketing dikenali memiliki kekuatan yang lumayan besar untuk lakukan promosi secara online karena ini merupakan sumber besar untuk mengirim info promosi hingga penawaran produk terbaru pada beberapa pelanggan.

3. Facebook

media online yang ini masih jadi opsi beberapa orang untuk menjalin komunikasi dengan keluarga dan relasi. Kehadiran mereka menjadi satu diantara alasan mengapa Facebook jadi media sosial yang banyak dijadikan media promosi online selain di website bisnis. Pemakaian Facebook sebagai media promosi juga dianggap relatif gampang oleh para pemain bisnis online bahkan juga cukup banyak dari beberapa pelaku bisnis yang telah mempunyai toko fisik pun manfaatkan Facebook sebagai media promosi produk.

Sering bisnis yang sukses berawal dari memperkenalkan produk mereka lewat Facebook. Bagaimana cara supaya promosi lewat Facebook cukup sukses? Pertama, pastikan halaman utama Facebook Anda menarik pelanggan karena ini bisa menjadi daya tarik yang membuat calon pelanggan memberi Like. Like inilah yang menjadi cara ke-2 yang perlu Anda peroleh sebanyak mungkin. Ke-3 , janganlah lupa untuk mengenali target konsumen dengan mencari orang-orang yang mempunyai minat dengan halaman Facebook Anda. Terakhir, konsentrasilah untuk membuat konten yang menarik.

4. Instagram

Kelihatannya media sosial satu ini sekarang sedang jadi unggulan media bisnis online. Selain karena bisa menampakkan photo produk karena caption yang dapat ditulis lebih panjang dibandingkan Twitter. Instagram gampang diakses dari handphone pintar dan sedang menjadi media sosial pendongkrak keberadaan paling tinggi di kalangan anak muda. Inilah peluang bagi Anda untuk mempromosikan produk dan bisnis dengan mudah karena calon pelanggan pun lebih banyak bergabung di media sosial ini. Hashtag adalah kekuatan promosi yang luar biasa bila Anda memakai Instagram sebagai media online untuk promosi bisnis Anda. Disamping itu, aktif berhubungan dengan para pelanggan menjadi satu diantara trik yang dapat membuat pelanggan menaruh perhatian lebih pada usaha Anda.

5. Youtube

Web broadcast yang dibangun di tahun 2005 ini sudah menjadi media online beberapa orang dalam mengekspresikan diri mereka lewat video. Youtube sebagai salah satu website yang sekarang ini sangat disukai oleh banyak orang dari semua kelompok, jenis kelamin dan umur. Karena mempromosikan bisnis di Youtube sudah merupakan bagian harus dari sebuah gagasan promosi suatu bisnis. Cara utama bila ingin mempromosikan bisnis pada Youtube ialah mengunggah video lewat akun pribadi lalu tentukan kategori yang pas untuk tipe bisnis yang hendak dipromosikan, judul video sebaiknya menarik dan mengandung banyak kata kunci yang banyak digunakan orang untuk memperbesar peluang muncul pada laman pertama pada Youtube saat hasil pencarian video terkait kata kunci keluar.

6. Twitter

Selainnya Facebook, Twitter menjadi salah satu media sosial yang sering dipakai sebagai media online untuk promosi bisnis secara online. Walau awalannya cuman dirancang untuk bisa berbagai status yang populer dengan maksimum 160 karakter, sekarang Twitter sanggup menjadi media online yang cukup ampuh untuk memasarkan produk. media digital ini dipandang gampang dijangkau oleh pelanggan online shop manapun karena dengan handphone pintar (smartphone) masyarakat bisa secara mudah mengakses microweb yang satu ini.

Cara-cara untuk mengoptimalkan promosi dan marketing produk melalui Twitter dengan memperbanyak jumlah followers, mengirim tweet dengan teratur, mempromosikan situs dengan teratur, menentukan waktu posting tweet, sewa buzzer untuk tingkatkan promosi, atau mungkin dengan saling promosi akun twitter bisnis online lainnya.

7. Telegram

Media online satu ini tak perlu disangsikan lagi kemampuannya dalam mempromosikan produk, telegram sebagai media online terbaru yang mulai banyak dipakai sebagai media bisnis online. Kehadiran telegram di Indonesia menambahkan semarak persaingan aplikasi perpesanan. Latar belakang yang ada dalam simbol warna biru. Disamping itu ada juga simbol pesawat berupa kertas. Hal tersebut seperti ingin menyampaikan bahwa telegram ialah aplikasi yang cepat dan tepat dalam menyampaikan pesan.

Semenjak kehadirannya di tahun 2013, telegram mempunyai kelebihan dibanding dengan aplikasi lainnya. Dia sanggup menggabungkan pesan e-mail dan text. Bahkan juga, yang makin menarik, sanggup menggabungkan fitur yang ada dalam Snapchat dan Whatsapp. Selain itu, telegram mempunyai pasar bisnis yang menguntungkan bersama Facebook.

8. Whatsapp

Dengan adanya media online, beberapa orang di beberapa penjuru dunia bisa tersambung satu dengan lain. Salah satunya media online yang terkenal sekarang ini ialah WhatsApp. WhatsApp ialah aplikasi pesan instant terpopuler, per September 2015, 900 juta orang secara aktif memakai WhatsApp. WhatsApp berperanan sebagai aplikasi messenger online yang saat ini lebih banyak dipakai untuk beragam hal seperti chat personal, komunitas, seminar online dan sebagainya.

WhatsApp dirilis pada January 2009. Tapi, di tahun 2014, WhatsApp resmi jadi milik Facebook sesudah lewat proses akuisisi selama 8 bulan. Pada WhatsApp, Anda bisa mengirim text, photo, audio, file dan gambar ke pengguna yang lain, menelepon, video call, dan membuat story. Untuk memakai WhatsApp, Anda cukup lakukan register menggunakan nomor smartphone Anda. WhatsApp bisa dijalankan di banyak platform yakni Android, iOS, Windows Phone, Symbian, dan Web-Based.

9. Kaskus

media online yang ini tak perlu disangsikan lagi potensinya dalam mempromosikan produk. Kaskus terkenal sebagai marketplace yang sering dipakai untuk jualan dan dianggap sebagai media sosial paling efektif untuk menjalankan bisnis ditambah dengan kehadirannya sebagai Forum Jual Beli. Perlu Anda pahami bahwa tidak gampang lakukan promosi dan bisnis di Kaskus karena banyak penipuan dari bisnis online yang berawal di media sosial ini tetapi tidak berarti tidak mungkin Kaskus bisa jadi media bisnis yang ampuh.

10. Path

Path mulanya terkenal sebagai media sosial yang terbatas karena keterbatasan jumlah rekan yang dapat ditambah pada akun ini. Walau demikian, bukan berarti account ini tidak bisa dijadikan media internet marketing dan promosi. Dapat dikatakan bahwa Path sebagai wujud privat dari Facebook dan Twitter tetapi tidak berarti media online satu ini tidak dapat memberikan Anda peluang memperlebar pasar dan jaringan.

11. Market Place

Nach selain memakai media sosial sama seperti yang disebut sebelumnya, Anda bisa juga memakai media online situs marketplace seperti OLX.co.id, tokopedia.com, elevenia.com, shopee.co.id dan lain-lain. Media promosi digital ini benar-benar membantu banyak pelaku bisnis online untuk memiliki halaman toko mereka sendiri dan melakukan aktivitas promosi dan marketing produk mereka.

Sering beberapa pemilik usaha yang telah mempunyai toko fisik juga membikin halaman toko mereka di beberapa marketplace buat meluaskan jaringan dan mendapatkan semakin banyak pelanggan.

12. Google My Business

Media online Google My Business adalah sebuah tools dari Google yang diluncurkan buat memudahkan calon konsumen ketahui informasi bisnis Anda. Beberapa info yang hendak ditampilkan tools ini meliputi, nama usaha, alamat / lokasi usaha, alamat e-mail, jam operasional, nomor telepon perusahaan, website, photo kantor, sampai ulasan pelanggan. Memaksimalkan manfaat Google My Business untuk promosi lokasi usaha sangat bagus sebagai salah satunya strategi digital marketing yang dapat datangkan lebih banyak konsumen.

Pandai dalam gunakan media sosial untuk promosi - termasuk melakukan kontak dengan calon customer dan pelanggan ialah kunci keberhasilan media online dalam meluaskan jaringan dan pada akhirnya memperbesar keuntungan bisnis. Dekatkan diri Anda dengan banyak orang dengan cara jadi kawan untuk mereka, bukan hanya promosi akan tetapi berikan info berkaitan dengan bisnis sebagai minat pelanggan. Dengan seperti ini Anda tidak kesusahan lagi dalam membuat iklan mendapatkan pelanggan dan produk.

Demikian ulasan mengenai beberapa media online untuk mempromosikan bisnis Anda, semoga bermanfaat !

Post a Comment for "12 Media Online untuk Mempromosikan Bisnis Anda"