Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

10 Peluang Usaha di Desa

 Peluang Usaha di Pedesaan, Tinggal di desa atau kampung memiliki keindahannya tersendiri, mulai dari lingkungan yang hijau, udaranya yang segar, makanan-makanan yang masih alami, penduduk yang ramah dan begitu banyak kelibihan lainnya yang tidak bisa Anda dapatkan dikota. Namun hari ini kebanyakan anak muda merantau meninggalkan kampung halaman untuk bersekolah dan mencari uang. 

Peluang Usaha di Desa

10 Peluang Usaha di Desa atau Perkampungan

Sangat sedikit anak muda yang tergerak untuk memajukan perekonomian pedesaan. Rata-rata mereka lebih memilih meninggalkan kampung. Mereka beranggapan menjadi pekerja atau membuka bisnis di desa itu tidak memiliki prospek, padahal mereka salah besar ! Jadi berikut 10 potensi bisnis yang bisa dimaksimalkan di kampung atau pedesaan. 

1. Jualan Produk UKM Online

Peluang bisnis di desa yang pertama ialah menjual produk UKM secara online yang dapat dijangkau semua orang. Produk kreatif UKM lokal lagi memiliki perhatian yang serius oleh pemerintah. Karena produk UKM benar-benar membantu negara berkompetisi dalam pasar bebas. Bila Anda cermat melihat peluang, Anda dapat mengembangkan beberapa produk UMKM yang berada di wilayah Anda. Misalnya; produk kerajinan tangan seperti batik catat, Tas, sepatu, produk rajutan dan ada banyak lainnya

Anda dapat mulai dengan membuat merk dan paket yang memikat dan memasarkan produk UKM itu secara online, hingga produk Anda dapat di jangkau oleh orang-orang tanpa batasan, bahkan juga di seluruh dunia. Melakukan promosi dengan cara-cara modern, misalkan memakai media online seperti sosial media, instagram atau dengan Marketplace seperti shopee, lazada, bukalapak, tokopedia dll. Karena bila Anda cuman mengandalkan pemasaran lokal yang berada di kampung, kekuatan bisnis Anda akan kecil. Ini berbeda bila Anda menjangkau pasar online yang tanpa batas. Ini jadi jalan keluar salah satu persoalan kita di mana para pengerajin yang kebanyakan orang tua tidak memahami perihal marketing online. Disini seorang pemuda harus mengambil peranannya manfaatkan tehnologi yang lebih mereka kuasai.

2. Bisnis Pariwisata Pedesaan

Peluang usaha yang ke-2 dengan memanfaatkan Desa Wisata Bisnis pariwisata sekarang ini paling prospektif, Anda dapat jadikan peluang ini sebagai salah satunya sumber bisnis di pedesaan. Anda dapat bekerja bersama dengan pihak terkait seperti pemerintah desa, pemuda desa, kementrian kehutanan, kementrian dinas terkait atau pertanian. Ada banyak tempat-tempat yang cantik di Indonesia yang sedikit dikenali orang dan memerlukan perawatan dan pengembangan. Anda dapat menawarkan wisata alam, seperti panorama sawah, wisata air terju, wisata hutan lindung, tidak ada selesainya bila disebut satu-satu dengan melimpah ruahnya kekayaan alam yang kita punyai.

Silakan cari potensi wisata apa yang telah ada di daerah Anda. Sumber penghasilan anda dapat peroleh dari pengunjung yang hadir, jual souvenir dan sewakan perlengkapan-peralatan pembantu lainnya. Bisnis ini paling prospektif, dengan manfaatkan potensi alam pedesaan Anda bisa memperoleh keuntungan dari segi bisnis ini. Disamping dari segi bisnis oriented, Anda dapat mendayagunakan SDM pedesaan dan manfaatkan tempat yang semula kurang produktif bahkan juga kerap kali disebutkan menyeramkan jadi lebih berguna dan produktif.

3. Usaha Pertanian

Produk Organik Pertanian organik memerlukan tempat yang sama sesuai dan kondisi lingkungan yang mendukung. Pedesaan ialah lokasi yang pas untuk meningkatkan produk pertanian organik. Bila produk pertanian kekinian telah banyak memiliki kompetitor, karena itu produk pertanian organik masih jarang dan berpotensi bisnis yang besar. Warga dunia sekarang makin mencari produk-produk pertanian organik karena lebih menyehatkan, walau pada harga yang lebih mahal. Pecinta produk organik makin besar, ini ialah kesempatan bisnis yang masih terbuka lebar. Pecinta produk organik makin besar, ini ialah kesempatan bisnis yang masih terbuka lebar. Tetapi yang penting jadi perhatian ialah lajur distribusinya, bila dusun atau tempat Anda tidak begitu jauh dari kota atau mempunyai akses angkutan yang bagus ke kota karena itu usaha ini benar-benar pas untuk Anda.

4. Usaha Peternakan Ayam kampung, Kambing atau Sapi Pedesaan

Peluang usaha peternakan sama dengan lingkungan yang asri, sepi dan sejuk. Keadaan ini benar-benar pas untuk meningkatkan usaha peternakan di desa. Biasanya usaha peternakan yang sudah dilakukan oleh warga perdesaan masih dilingkup rumah tangga, maknanya hewan ternak yang dipiara liar di lingkungan rumah. Anda mulai bisa membuat peternakan dengan rasio yang lebih besar. Misalkan membuat kandang peternakan ayam, pembesaran sapi atau kambing. Peternakan di perdesaan benar-benar sesuai. Ini karena lingkungan dusun yang natural serta benar-benar pas untuk usaha ternak. Disamping itu untuk makanannya bisa secara mudah anda peroleh karena terdapatnya beberapa tanaman yang melimpah.

Daging ternak yang dibuat semakin lebih berkualitas, misalkan daging ternak lebih rendah lemak, kesehatan ternak lebih terbangun hingga resiko rugi akan makin kecil, dan ada demikian beberapa kelebihan lainnya.

5. Peluang Usaha Perikanan

Peluang bisnis yang ke-5 ialah Usaha perikanan, Anda dapat mengoptimalkan usaha perikanan yang paling pas dijalanakan di daerah yang mempunyai pengairan yang terjaga. Anda mulai bisa memiara ikan dengan membuat kolam-kolam ikan yang diairi dari sungai. Usaha perikanan pas di dusun dekat pegunungan yang airnya selalu mengucur. Anda dapat memiara ikan air tawar yang mempunyai nilai ekonomis tinggi seperti ikan guramih. Sebagi misalnya, anda dapat meniru Dusun Nila di Dusun Nganjat, Kec. Polanharjo, Kab. Klaten atau Daerah Lele di Dusun Tegalrejo, Kec. Sawit, Kab. Boyolali. Banyak masyarakatnya yang memiara ikan nila dan lele, baik budidaya benih atau pembesaran. Usaha budidaya perikanan saya rasa pas dilaksanakan di dusun karena tempat yang luas, lingkungan seperti air yang tetap terlindungi kealamiannya.

6. Peluang Bisnis Buka Toko Kelontong

Peluang bisnis yang cocok dijalankan didesa selanjutnya yaitu buka usaha toko kelontong dengan konsentrasi jual beberapa produk lokal desa. Buka usaha toko kelontong dengan ide toko kekinian sebagai ide bisnis yang bagus. Bila umumnya toko kelontong memiliki konsep apa yang ada, Anda dapat membuat toko kelontong sangat menarik seperti minimarket yang ada dikota. Anda dapat isi produk di toko dengan beberapa produk yang dibuat oleh petani lokal. Misalkan toko kelontong yang sediakan beras, sayur-sayuran, bawang, cabe, tomat dan buah-buahan. Khusus produk yang tidak di menghasilkan dari lokal, Anda dapat lengkapi produk seperti mi instant, bumbu, camilan seperti jajan dan makanan ringan. Anda dapat cari distributor toko kelontong yang komplet dan murah.

7. Training Ketermpilan Pemuda

Peluang usaha di daerah yang ke tujuh ialah buka bisnis training anak-anak muda dan mengurus ketrampilan mereka. Bila daerah Anda mempunyai sumber daya manusia yang besar, terutamanya angkatan muda yang belum diperbedayakan optimal, Anda dapat latih mereka beberapa skill. Misalkan mengajarkan mereka jadi design, latih menulis Artikel, latih jualan lain-lain dan online. Seperti yang sudah dilakukan oleh Mas Bayu Novi Darmawan, Beliau membangun daerah marketing, di mana manfaatkan kekuatan anak-anak muda belajar jadi seorang CS online, dan jadi content writer. Anda bisa juga fokkus menemukan beberapa pekerjaan freelance yang banyak bersebaran lewat cara online seperti situs Upwork. freelancer, dan com.com situs itu sediakan beberapa ratus bahkan juga beberapa ribu tugas yang dapat Anda lakukan dari rumah. Lalu Anda membuat mekanisme untuk anak-anak muda itu untuk mengerjakannya.

8. Bisnis Jasa Rias Pengantin

Buka jasa rias pengantin sekalian membuat desain idenya, bersamaan perubahan tehnologi info sekarang warga perdesaan mulai mengikuti rutinitas warga kota dalam beragam hal. Satu diantaranya ialah ide bisnis acara pesta pernikahan. Anda dapat masuk pada baris bisnis ini, yakni dengan buka jasa tata dandan pengantin sekalian paket sarana yang lain dan alat. Misalkan cetak undangan, membuat mahar dll. Anda dapat cari gagasan di internet, ikuti training merias. Bila Anda tidak mempunyai peralatan seperti peralatan pelaminan, team photografer dan yang lain, Anda dapat ajak kerja-sama orang yang lain memang mempunyai sarana itu. Untuk kurangi modal, Anda dapat menyaratkan untuk membayar 50%, dan menjadikan uang DP itu sebagai modal Anda untuk Even Organizer. dan menjadikan uang DP itu sebagai modal Anda untuk Even Organizer.

9. Bisnis POM Bensin Mini

Bila dusun Anda jauh dari pom bensin punya Pertamina, Anda dapat memanfatkan kesempatan bisnis buka POM bensin Mini, atau istilah terkenalnya Pertamini. SPBU mini sebagai usaha bahan bakar minyak atau BBM ketengan dan bukan sah dikeluarkan oleh Pertamina. Langkah awal menjalankan bisnis ini ialah mempersiapkan lokasi usaha yang tepat. Misalkan ada di perempatan jalan yang ramai, bersisihan dengan pasar, stasiun, sekolah, dan lain-lain. Seterusnya, beli mesin pom bensin mini yang harga berkualitas dan murah.

Kelebihan usaha pertamini ialah resiko rugi benar-benar kecil, benar-benar gampang dalam pengendalian, dan cepat BEP atau balik modal. Mesin Pertamini gampang bawa-bawa bila berpindah lokasi. Bila di daerah Anda tidak ada, karena itu waktunya Anda selekasnya ambil kesempatan ini.

10. Peluag Usaha Counter Pulsa

Bisnis jualan pulsa dapat Anda kerjakan di kampung. Keperluan pulsa elektrik sekarang menjadi keperluan primer sebagian warga baik di kota atau di desa. Sekalinya untungnya tidak demikian besar untuk tiap item-nya, tetapi revenue Anda akan konstan sepanjang ada pemakai smartphone. Selainnya jualan pulsa Anda bisa juga mengawali jual-beli Handphone baru dan sisa, ini dapat menjadi salah satunya penghasilan yang besar untuk Anda, mulai jual beberapa handphone lalu secara perlahan-lahan tingkatkan banyaknya. Dan yang jangan ketinggal ialah aksesori smartphone seperti casing, powerbank. Trick dalam usaha counter pulsa ialah keuntungan paling besarnya didapat dari pemasaran aksesori, sementara untuk handphone dipasarkan murah. Karena bila orang telah beli smartphone, kemungkinan besar akan diimbangi aksesoris.

Baik sobat, terimakasih telah menghabiskan waktu membaca artikel ini. Itulah Ide-ide bisnis yang bisa Anda lakukan di desa atau kampung Anda. Jika Sobat memiliki ide usaha lainnya silahkan menuliskannya di kolom komentar dibawah! sampai bertemu kembali di artikel kami selanjutnya. Salam sukses untuk Anda.

Post a Comment for "10 Peluang Usaha di Desa"