Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Manfaat Mengkonsumsi Kacang Tanah Untuk Kesehatan

Manfaat Kacang Tanah Untuk Kesehatan - Siapa yang tak suka dengan kacang tanah? Bisa dikatakan hampir semua orang menyukai kacang tanah. Rasanya yang gurih, membuat kacang menjadi salah satu biji-bijian paling digemari. Sayangnya, beberapa orang memilih tidak mengonsumsi kacang tanah karena beranggapan bahwa kacang tanah menjadi penyebab utama jerawat. Mmm, benar nggak sih kacang tanah menyebabkan jerawat? 


Dikutip dari laman boldksy.com, kacang tanah merupakan biji-bijian yang memiliki nutrisi sangat sehat. Kecil kemungkinan bisa menjadi penyebab dari masalah jerawat selama kacang tanah dikonsumsi dalam jumlah tepat. Juga, ketika seseorang tidak memiliki alergi terhadap kacang tanah, kacang tanah justru sangat bermanfaat buat kesehatan. 

Sekilas Tentang Kacang Tanah


Wikipedia menyebutkan bahwa kacang tanah atau dalam bahasa latinnya Arachis hypogaea L merupakan tanaman polong-polongan atau legum anggota suku Fabaceae yang dibudidayakan, serta menjadi kacang-kacangan kedua terpenting setelah kedelai di Indonesia. Tanaman yang berasal dari benua Amerika ini tumbuh secara perdu setinggi 30 hingga 50 cm (1 hingga 1½ kaki) dengan daun-daun kecil tersusun majemuk.

Tanaman ini berasal dari Amerika Selatan tepatnya adalah Brazillia, namun saat ini telah menyebar ke seluruh dunia yang beriklim tropis atau subtropis Masuknya kacang tanah ke Indonesia pada abad ke-17 diperkirakan karena dibawa oleh pedagang-pedagang Spanyol,Cina,atau Portugis sewaktu melakukan pelayarannya dari Meksiko ke Maluku setelah tahun 1597 Pada tahun 1863 Holle memasukkan Kacang Tanah dari Inggris dan pada tahun 1864 Scheffer memasukkan pula Kacang Tanah dari Mesir Republik Rakyat Tiongkok dan India kini merupakan penghasil kacang tanah terbesar dunia.

Kandungan Gizi Kacang Tanah

  • Kacang tanah kaya dengan lemak, mengandungi protein yang tinggi, zat besi, vitamin E dan kalsium, vitamin B kompleks dan Fosforus, vitamin A dan K, lesitin, kolin dan kalsium.
  • Kacang tanah mengandung Omega 3 yang merupakan lemak tak jenuh ganda dan Omega 9 yang merupakan lemak tak jenuh tunggal.
  • Kacang tanah mengandung fitosterol yang dapat menurunkan kadar kolesterol dan level trigliserida,

Ini Manfaat Mengkonsumsi Kacang Tanah Untuk Kesehatan

Adapun manfaat sehat dari kacang tanah antara lain adalah sebagai berikut.

1. Mencegah Asma

Penelitian terbaru menyebutkan jika risiko asma bisa dicegah dengan konsumsi kacang tanah secara teratur dalam jumlah yang tepat. Para ahli bahkan menyarankan agar wanita hamil konsumsi kacang tanah agar bayi di kandungan terhindar dari risiko asma sejak ia masih bayi.

2. Mencegah Alzheimer

Kandungan niacin yang cukup tinggi di dalam kacang tanah bisa bantu meregenerasi sel otak dengan baik dan mencegah alzheimer. Tak hanya mencegah alzheimer, nutrisi dan vitamin di dalamnya bahkan mampu membuat otak makin cerdas, fokus dan tenang.

3. Menyehatkan Jantung

Kacang tanah mengandung vitamin E, asam folat, niacin dan mangan yang sangat baik buat kesehatan jantung. Kandungan senyawa coenzyme Q10 di dalamnya bahkan dipercaya mampu melindungi jantung dari berbagai masalah dan risiko penyakit berbahaya. Selain baik buat jantung, nutrisi pada kacang tanah juga baik buat hati dan organ dalam tubuh lainnya.

4. Menyehatkan Sistem Pencernaan

Kacang tanah adalah sumber serat yang baik buat sistem pencernaan. Nutrisi di dalamnya juga memaksimalkan kerja sistem pencernaan, membantu mengeluarkan racun dalam tubuh dan membantu menurunkan berat badan.

5. Melawan Risiko Depresi

Pekerjaan yang menumpuk, kisah asmara yang berantakan dan masalah lain sering kali membuat kita merasa stres dan depresi. Untuk melawan depresi ini, kita bisa mengonsumsi kacang tanah secara teratur dalam jumlah tepat. Senyawa yang disebut sebagai tryptophan di dalam kacang tanah sangat baik mencegah stres dan depresi.

Itulah beberapa Manfaat Mengkonsumsi Kacang Tanah Untuk Kesehatan. ini merupakan manfaat yang sangat mengagumkan? Semoga informasi ini bermanfaat dan kita semakin suka dengan kacang tanah. Agar tubuh sehat secara keseluruhan, penting bagi kita untuk memiliki pola hidup sehat, olahraga cukup, istirahat cukup dan konsumsi air putih cukup setidaknya sebanyak 8 gelas perhari.
Baca Juga :

Post a Comment for "Manfaat Mengkonsumsi Kacang Tanah Untuk Kesehatan"