Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sekilas Tentang Internet Marketing

EntreHub.Org - Internet marketing itu ilmu wajib bagi para pemilik bisnis di era digital saat ini. Kalau gak paham ilmu ini, sobat tidak akan dapat menarik banyak pelanggan. Kompetitor akan lebih cepat terkenal dari bisnis sobat.

Internet Marketing

📌 Apa Itu Internet Marketing?

Internet marketing adalah jenis pemasaran yang menggunakan Internet dan berbagai platform online sebagai sarananya. Internet marketing ini juga bisa diartikan sebagai bentuk dari teknik pemasaran online yang mengacu pada suatu iklan (ads) dan upaya pemasaran dengan menggunakan situs web dan email untuk dapat mendorong penjualan melalui perdagangan elektronik (e-commerce).

Platform yang umum digunakan dalam Internet Marketing adalah :

+ Website, 

+ Mesin Pencarian (google)

+ Email, 

+ Media sosial

+ Messenger 

+ Telegram

+ Whatsapp, dll

Karena menggunakan internet sebagai media, jenis pemasaran ini dikenal juga sebagai online marketing. 

📌 Tujuan Internet Marketing

  1.  Internet marketing dilakukan untuk memikat calon konsumen.
  2. Internet marketing dilakukan untuk mempertahankan dan memelihara hubungan dengan pelanggan lama.
  3. Dapat menjangkau banyak calon customer dengan biaya yang lebih murah.
  4. Bisa melacak dan mengukur data respon customer terhadap kegiatan marketing yang sudah dilakukan perusahaan.
  5. Bisa menjangkau satu pasar global sebagai pangsa pasar baru.
  6. Menyajikan suatu promosi yang semakin menarik.
  7. Memudahkan sebuah proses pembelian dibanding denegan mekanisme offline.
  8. Persinalisasi suatu marketing untuk setiap calon konsumen.

📌 Manfaat Internet Marketing

  • Waktu yang tak terbatas atau 24 jam non-stop.
  • Jangkauan pasar benar-benar luas. (Tidak hanya kabupaten, kota, provinsi, negara bahkan dapat mencapai dunia)
  • Irit biaya juga. (Dapat mengirit sampai 80% biaya suatu marketing)
  • Jalinan langsung dengan para customer. (Dapat live chat, messenger atau email)
  • Minim terhadap suatu risiko.
  • Banyak saingan,dll.

📌 Keuntungan Internet Marketing

  1. Internet marketing sebagai suatu alat yang baik untuk membuat interaksi dengan konsumen.
  2. Perusahaan bisa berinterkasi dengan banyak konsumen agar bisa pelajari mengenai kebutuhan dan keinginan konsumen yang lebih detil dan untuk membangun database konsumen.
  3. Internet marketing dapat mengurangi biaya dan meningkatkan efisiensi. Online marketer bisa menghindari biaya-biaya untuk dapat mempertahankan tokonya dan biaya dari penyewaan, asuransi, dan perlengkapan yang lain.
  4. Internet marketing menawarkan satu fleksibilitas yang besar yang memungkinkan marketer untuk membuat penyesuaian pada penawaran dan program-programnya.

📌 Tempat Pemasaran Internet

  • Sosial media (facebook, twitter, telegram,instagram, dll)
  • Mesin pencari (Google, Bing, Yahoo, Yandex, dll)
  • Marketplace (shopee, bukalapak, tokopedia, lazada, olx, dll)
  • email marketing 
  • video marketing. (youtube, vidio.com, dll)
  • Forum jual beli,dsb.

📌 Jenis-Jenis Internet Marketing

Iklan (Advertising)

Iklan ditampilkan pada sebuah situs oleh pihak ke-3 atau website agar lalu lintas mengarah pada website perusahaan. Dengan menjalankan pemasangan iklan ini secara Langsung bisa membuat produksi perusahaan jadi meningkat.

Search Engine Marketing (SEM)

Jenis marketing ini adalah suatu usaha mempromosikan web dengan meningkatkan visibilitas dalam halaman hasil mesin penelusuran atau SERPs seperti Google, Bing, Yahoo dan lain-lain.

Search Engine Optimization (SEO)

SEO adalah sebuah proses menaikan visibilitas website atau halaman situs pada mesin perayap.

Social Media Marketing

Marketing tipe ini dijalankan dengan memakai sebuah media sosial dengan memanfatkan lalu lintasnya seperti menggunakan Facebook atau twitter dan sosial media yang lain.

E-mail Marketing

Marketing dengan langkah ini dijalankan dengan e-mail dan mengikutsertakan langsung marketing pesan dengan mengirimkan pesan lewat surat elektronik.

Website Marketing

Situs website pada perusahaan yang dipakai untuk promosi.

Refferal Marketing

Cara ini ialah agar bisa mempromosikan produk atau layanan ke customer baru lewat rekomendasi, sistem ini umum terjadi dari mulut ke mulut.

Inbound Marketing

Marketing inbound ini adalah dengan memanfatkan konsumen setia untuk membuat dan berbagi.

Trending Marketing

Langkah marketing yang konsepnya sama dengan word of mouth berbentuk pesan elektronik yang ditebarkan dari seseorang ke beberapa orang yang dikenalinya dengan terus-menerus.

Dropship atau Reseller

Pengertiannya adalah orang yang memperjualkan kembali suatu produk atau jasa dari pihak lain cukup dengan daftar atau gambar saja, tidak memiliki barang yang dijual tersebut.

Afiliasi

Sebuah program pada suatu perusahaan penyedia suatu jasa atau produk, di mana pembelian yang sudah dilakukan beberapa konsumen tidak langsung menuju di pihak khusus, tapi pada beberapa pihak yang tercatat sebagai afiliasi marketing.

📌 Strategi Internet Marketing Perlu Dijalankan

Dalam Internet marketing ada beberapa taktik strategi pemasaran yang boleh dilakukan dengan saranan yang berbeda seperti berikut ini :

  • Ciptakan Website Bisnis Anda
  • Membuat Blog 
  • Datangkan Traffic dengan teknik SEO
  • Datangkan Traffic dengan teknik SEM
  • Terapkan Email Marketing   
  • Lakukan Guest Blogging
  • Bangun Komunikasi dengan Social Media Marketing
  • Manfaatkan Google Bisnisku   
  • Lakukan Affiliate Marketing
  • Bekerjasama dengan Influencer

📌 Bisnis Internet Marketing Untuk Sumber Penghasilan 

Bisnis Internet marketing untuk sumber pendapatan dapat dilakukan dengan beberapa jenis bisnis, diantaranya ialah sebagai berikut : 

1. PPC (Pay Per Click)

Program PPC (Pay Per Click) banyak diikuti oleh pemiliki website atau blog untuk mendapatkan suatu penghasilan dari properti online mereka, misalnya saja Artikel Blog, channel YouTube, Forum Online, Portal Berita, dan lain-lain.

Penghasilan yang akan didapatkan dari sebuah program PPC ini adalah berasal dari kunjungan dan juga klik yang dilakukan oleh pengunjung pada sebuah iklan yang ada di sebuah situs.

Beberapa perusahaan yang menawarkan program PPC diantaranya sebagai berikut :
  • Google Adsense
  • Bidvertiser
  • Chitika
  • Infolinks
  • Kumpul Blogger
  • Sitti
  • ID Blog Network
  • AdsenseCamp, dll.

2. PPS (Pay Per Sale)

Dari program bisnis internet marketing ini kita akan dibayar setiap kali terjadi pembelian suatu produk yang berasal dari link affiliasi milik kita.

Besarnya penghasilan ini sangat tergantung pada banyaknya barang yang dijual, dan juga rate persentase komisi dari pemilik barang tersebut.

Perusahaan yang menawarkan program PPS diantaranya yakni :
  • Amazon.com
  • Clickbank.com,dsb.

3. PPL (Pay Per Lead)

PPL adalah salah satu program affiliasi dimana penjual atau vendor akan memberikan komisi setiap kali kita berhasil mengirimkan leads pada penjual atau vendor.

Misalnya saja kita mengarahkan pengguna internet untuk dapat mendaftar pada email newsletter, free trial, atau mengisi formulir, melalui link affiliasi milik kita. Salah satu perusahaan yang menawarkan program PPL yaitu perusahaan MaxBounty.com.

4. Menjual Produk Orang Lain atau Produk Sendiri 

Saat ini, menjual sesuatu melalui internet bukanlah sesuatu yang luar biasa. Kita juga bisa menjual apapun lewat internet baik itu barang maupun jasa. Selain itu, pada bisnis offline kita bisa juga dipasarkan melalui internet.

Proses internet marketing dengan cara menjual suatu produk orang lain adalah dengan cara menjadi reseller atau dropshipper produk orang lain. Begitu juga dengan pada produk digital lainnya, kita bisa menjadi affiliate marketer untuk sebuah produk yang dijual orang lain.

5. Online Auction (Pelelangan)

Di internet juga ada tempat untuk dapat menjual sesuatu milik kita atau milik orang lain yang kita bantu jualkan, dengan cara lelang. Tentunya ini bisa juga menguntungkan karena kita bisa menjual barang kita tersebut pada orang yang menawar dengan harga tertinggi. Perusahaan terkenal yang menyediakan fasilitas pelelangan online diantaranya :
  • eBay.com
  • Flippa.com,dll.

📌 Cara Menjadi Internet Marketing yang Sukses

Bagaimana cara menjadi internet marketing yang handal dan sukses. Pemahaman pada langkah ini benar-benar sangat Anda perlukan karena sebagai seorang marketing, Anda harus mempunyai kekuatan supaya produk atau jasa yang Anda pasarkan dapat konsumen membeli. Anda juga harus dapat kuasai beragam media promosi di internet marketing agar bisa capai target yang telah Anda tentukan. Berikut beberapa cara yang bisa Anda kerjakan:

1. Pilih Media Internet Marketing yang Benar

Sama seperti yang telah kami terangkan di bagian awalnya, jika internet marketing akan manfaatkan beragam media internet. Dimulai dari SEO, SEM, blogger, dan lain-lain. Nah, supaya Anda menjadi seorang internet marketing yang sukses, Anda harus pilih media mana yang hendak Anda kuasai.

Ini jadi sangat penting karena akan lebih baik bila Anda cuman pilih satu media untuk selanjutnya Anda kuasai dengan maksimal, dibanding memilih beberapa media namun kurang maksimal. Sebagai contoh, Anda dapat memilih untuk konsentrasi pada SEO marketing . Maka Anda harus mengoptimalkan promosi sebuah produk atau jasa dengan memakai SEO. Oleh karena itu, Anda harus benar-benar mengerti tentang SEO dan aplikasinya supaya bisa maksimal membantu keperluan konsumen.

2. Ingat, Selalu Konsentrasi Pada Merek!

Cara menjadi internet marketing yang selanjutnya adalah fokuskan selalu perhatian Anda pada merek produk atau jasa yang Anda promosikan. Anda harus mengacu pada merek itu dan menunjukkan apa keunggulan dari merek produsen. Karena dengan langkah ini customer bisa ketahui apa keunggulan pada brand itu dan berminat untuk membeli atau memakainya . Maka, janganlah sampai promosi yang Anda kerjakan bersifat general ya, harus selalu obyektif pada merek yang Anda promosikan.

3. Maksimalkan Pemakaian E-mail Marketing

Kehadiran e-mail seakan menjadi sisi penting dalam beragam aktivitas masyarakat. Atas alasan itu, e-mail marketing menjadi jalan yang baik sekali untuk membantu kesuksesan internet marketing yang Anda lakukan. Pada konsepnya dengan e-mail marketing, Anda dapat memberi info ke calon konsumen lewat e-mail mereka.

Informasi yang Anda beri lewat e-mail termasuk beragam. Bisa jadi informasi yang mempunyai tujuan untuk edukasi dan memberikan informasi, tetapi bisa juga berbentuk pemberitahuan terhadap adanya diskon, produk baru, dan lain-lain. Pemakaian e-mail marketing rupanya dapat membantu Anda untuk tingkatkan awareness dan engagement konsumen pada brand yang Anda promosikan.

Itulah mengapa banyak internet marketing sukses yang memakai e-mail marketing sebagai bagian dari strategi mereka. Bikinlah strategi berbentuk e-mail blast yang telah terkonsep dan tersusun dengan rapi. Kirim secara berkala ke beberapa konsumen setia supaya mereka bisa selalu berasa dekat dengan brand Anda. Dengan demikian dapat tercipta ikatan yang bagus di antara konsumen dan brand.

4. Bangun Relasi yang Baik

Bukan hanya di dunia nyata saja tapi di dunia maya juga untuk menjadi seorang internet marketing yang sukses, perlu dibangun relasi bisnis yang bagus dengan banyak orang.

Cukup banyak media yang bisa digunakan agar bisa membuat relasi yang bagus, seperti sosial media (Facebook, Twitter, Instagram), Google Plus, LinkedIn, dan lain-lain.

5. Pahami Produk yang Akan Dipromosikan

Pembeli ialah raja, mereka memiliki hak untuk mengetahui detil produk yang dipromosikan sebelum akhirnya memilih untuk membeli.

6. Buat Target yang Tinggi

Tidak boleh gampang merasa senang atas satu perolehan yang sudah didapat dari internet marketing. Bila di suatu target terasa tidak lagi menantang, karena itu sebaiknya agar bisa membuat target baru yang lebih tinggi untuk pengembangan diri sendiri.

7. Hargai Orang-Orang yang Pernah Bekerja sama

Membangun suatu relasi dengan beberapa orang yang pernah bekerja sama sebuah point yang perlu untuk menjadi internet marketing sukses. Bila perlu, tampilkan semua testimoni para konsumen setia yang telah merasa senang bekerja sama dengan Anda atau perusahaan.

Tidak cuman konsumen setia saja yang hendak merasa dihargai, orang yang lain punya niat lakukan kerja sama di masa datang pun akan lebih percaya membuat keputusan.

Bisnis Anda Butuh Internet Marketing, Mengapa?

✔️ Jangkauan Lebih Luas

✔️ Tidak Memerlukan Modal Besar

✔️ Performa Mudah Diukur 

✔️ Menghasilkan Audiens yang Relevan 

✔️ Mudah untuk Mendapatkan Leads (Prospek)

✔️ Usaha Pemasaran Jadi Lebih Ringan

Apakah Bisnis Anda Sudah Siap Menerapkan Internet Marketing?

Saat ini banyak perusahaan mengalokasikan anggaran pemasaran mereka untuk internet marketing. Oleh karena itu, tidak heran apabila tidak sedikit kompetitor Anda yang sudah melakukan pemasaran online.

Jadi, tunggu apa lagi? Anda perlu menerapkan internet marketing dengan berbagai strategi yang ada. Demikianlah penjelasan mengenai Internet Marketing Semoga bermanfaat

Post a Comment for "Sekilas Tentang Internet Marketing"