Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

8 Kekayaan Alam Luar BIasa Yang Dimiliki Indonesia

Kekayaan Alam Luar BIasa Yang Dimiliki Indonesia - Bumi adalah anugerah yang luar biasa sehingga kita, manusia dan semua makhluk hidup dapat hidup di dalamnya dengan nyaman dan tercukupi semua kebutuhannya. Sebagai anugerah dari Tuhan, Bumi dengan beragam kekayaan yang berlimpah di dalamnya sudah mampu memenuhi semua kebutuhan hidup makhluk hidup, baik mulai dari pangan, sandang dan papan. Bumi telah menyediakan semuanya sebagai suatu jenis sumber daya alam.


Kekayaan Alam Indonesia - Mempunyai banyak jenis sumber daya alam adalah suatu kebahagiaan dan anugerah begitu besar. Bagaimanapun sumber daya alam ini adalah suatu kekayaan. Kekayaan suatu wilayah yang paling utama terletak pada potensi sumber daya alam yang dimilikinya. Kita semua mengetahui bahwasannya bentang alam di Bumi ini berbeda antara satu dengan yang lainnya.

Berbicara mengenai potensi kekayaan alam di setiap wilayah yang berbeda- beda, maka suatu keberuntungan besar bagi kita semua yang tinggal di Indonesia. Indonesia memiliki tanah yang begitu subur, air yang melimpah, dan iklim yang mengahdirkan curah hujan yang seimbang sehingga menjadikan tanah air Indonesia sebagai pemiliki kekayaan alam yang sangat berlimpah. Kekayaan alam Indonesia telah dikenal oleh negara- negara hampir di seluruh dunia. Berikut kami rangkum daftar Kekayaan alam Luar Biasa yang dimiliki Indonesia diantaranya meliputi:

8 Kekayaan Alam Luar Biasa yang Dimiliki Indonesia

1. Tambang Emas Kualitas Terbaik

Siapa sangka Indonesia merupakan negara yang mempunyai wilayah dengan kandungan emas kualitas terbaik di dunia. Seperti yang kita ketahui bersama bahwasannya emas merupakan logam mulia yang sangat didewakan oleh semua orang. Dari kita sendiri pun pasti telah mengetahui tambang emas manakah yang dimaksud. Ya, Freeport yang berada di Papua merupakan tambang emas terbesar dan kualitas terbaik di dunia.

Tambang emas Freeport berlokasi di Papua dan jelas masih dalam wilayah atau kawasan Indonesia. Hal ini berarti tanah yang mengandung emas kualitas terbaik di dunia tersebut adalah tanah Indonesia. Seharusnya ini bisa menjadi potensi perekonomian Indonesia yang luar biasa, namun karena adanya berbagai faktor, justru Indonesia sendiri belum bisa mencicipi buah manis dari kepemilikan tambang emas tersebut.

2. Kekayaan Alam Tambang Batu Bara

Selain tambang emas yang merupakan harta karun, ada harta karun lainnya yang juga tersimpan di Indonesia. Adalah tambang batu bara, yaitu barang tambang yang sangat penting keberadaannya. Batu bara ini merupakan sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui sehingga setiap orang yang menggunakannya pun harus berhati- hati. Indonesia merupakan negara yang memiliki tambang batu bara yang terbesar di dunia.

Tambang batu bara ini banyak terletak di Pulau Kalimantan dan juga Sumatera. Berbeda dengan tambang emas yang berada di Papua dan dikelola oleh perusahaan asing, batu bara yang juga merupakan barang tambang penting ini telah dikelola oleh perusahaan dalam negeri. Perusahaan yang mengelola tentang tambang batu bara adalah PT. Bukit Asam.  Beberapa media Internasional meyatakan bahwasannya tambang batu bara yang terbesar adalah yang berada di Indonesia.

3. Cadangan Gas Alam

Harta karun selanjutnya setelah emas dan batu bara adalah gas alam. Indonesia benar- benar bak surga yang didalamnya ada berbagai macam hal yang dibutuhkan umat manusia. Sumber daya alam penting lainnya yang dimiliki tanah Indonesia adalah gas alam. Gas alam yang paling besar di Indonesia berada di Blok Natuna dan juga Blok Cepu. Gas alam ini sangatlah penting keberadaannya.

Selain gas alam keduanya juga memproduksi minyak Bumi yang merupakan hajat hidup masnyarakat di dunia. Namun, seperti halnya tambang emas di Papua, karena beberapa faktor maka tambag gas alam tersebut dikelola oleh pihak asing. Perusahaan dalam negeri sendiri yang mengelola minyak Bumi adalah PT. Pertamina yang semakin hari semakin memperbaiki kualitas diri dan siap bersaing di dunia Internasional.

4. Kekayaan Hutan Hujan Tropis Yang Terbentang Luas

Selain sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui, Indonesia juga mempunyai sumber daya alam yang dapat diperbaharui yaitu hutan hujan tropis (baca: jenis hutan hujan tropis). Hutan hujan tropis yang dimiliki Indonesia adalah hutan yang sangat hijau dan juga lebat. Seperti yang kita ketahui bersama bahwasannya fungsi hutan memegang peranan sebagai paru- paru dunia, maka tentu saja hal ini akan sangat baik bagi kawasan Indonesia dan juga kesemibangan alam di dunia.

5. Kekayaan Bawah Laut Yang Melimpah Ruah

Berkat letak geografis Indonesia yang berada di antara 2 samudera, Indonesia mempunyai wilayah laut yang sangat luas. Wilayah laut Indonesia ini sungguh merupakan keajaiban karena menyimpan hasil laut yang begitu banyak. Tidak hanya berbagai jenis ikan dan binatang laut lainnya, namun laut Indonesia juga menghasilkan banyak hasil laut non binatang yang tentu saja memuat nilai ekonomis.

Selain untuk diperdagangkan, kekayaan bawah laut yang begitu indah ini juga dibuka untuk  objek wisata. Terbukti dengan adanya objek wisata ini banyak sekali wisatawan yang tertarik bahkan wisatawan mancanegara.

6. Kesuburan Tanah Indonesia

Selain berbagai macam barang tambang yang notabene adalah sumber daya alam tidak dapat diperbaharui, ada wujud kekayaan alam lain yang juga sangat penting. Kekayaan lain yang sangat penting dan lagi- lagi dimiliki oleh Indonesia adalah kesuburan tanah (baca: ciri-ciri tanah yang subur). Indonesia memiliki kesuburan tanah yang tiada bandingannya. Banyak sekali jenis tanaman yang dapat hidup subur di Indonesia, dan hal ini tentu saja merupakan anugerah yang wajib disyukuri  oleh kita semua.

7. Hasil Tanaman Indonesia

Karena Indonesia memiliki tanah yang subur, maka hasil tanaman Indonesia pun sangat melimpah. Bahkan dahulu Indonesia menjadi incaran bayak negara untuk dijajah karena menginginkan hasil tanaman Indonesia ini. Tanaman Indonesia yang sangat penting ini beripa hasil pertanian, perkebunan, maupun hasil hutan. Beberapa tanaman yang dihasilkan Indonesia adalah kelapa sawit, kpi, tembakau, padi, rotan, karet, rempah- rempah, dan lain sebagainya.

8. Kekayaan Fauna Yang Langka

Indonesia memiliki beberapa kekayaan yang berupa fauna atau binatang. Bahkan ada binatang khas Indonesia yang hanya terdapat di Indonesia saja. Binatang langka yang hanya terdapat di Indonesia saja adalak Komodo dan Anoa. Komodo merupakan kadal raksasa yang hanya hidup di Pulau Komodo, Flores. Sementara Anoa adalah sapi hutan yang hanya terdapat di daratan Sulawesi. Selain kedua binatang tersebut, masih banyak sekali binatang atau satwa yang dimiliki oleh Indonesia dan merupakan kekayaan alam di Indonesia.

Itulah beberapa kekayaan alam luar biasa yang dimiliki oleh Indonesia. Berbagai macam kekayaan alam itulah yang menyebabkan Indonesia menjadi negara yang diperebutkan oleh banyak negara lainnya. Semoga informasi ini bermanfaat jangan lupa untuk tetap melesatarikan Alam Indonesia Yang kaya

Post a Comment for "8 Kekayaan Alam Luar BIasa Yang Dimiliki Indonesia"