Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Memulai Bisnis Reseller Toko Online Untuk Pemula

Cara Memulai Bisnis Reseller Toko Online Untuk Pemula. Bisnis seperti produk smartphone, fashion, baju dan elektronik adalah bisnis yang tak akan pernah habis sebab barang-barang tersebut merupakan kebutuhan sandang yang setiap hari digunakan manusia. Peluang bisnis fashion dan elektronik ini sangat potensial untuk dijadikan usaha jangka panjang. Namun meski potensial, tingginya kompetisi pasar pada bisnis fashion dan elektronik ini dan minimnya modal merupakan hambatan yang paling banyak ditemui ketika ingin memulai bisnis ini.
pixabay image
Memang pada umumnya pada bisnis yang potensial kita akan selalu menemukan banyak pebisnis pesaing yang juga terjun didalamnya, seperti bisnis baju ini. Nah, untuk memenangkan persaingan bisnis maka kita harus membangun brand produk. Namun untuk menguatkan brand awarness ini membutuhkan proses panjang dan modal tidak sedikit dalam menerapkan promosi. Ini tentu tidak cocok bagi pemula dengan tanpa modal banyak. Akhirnya kebanyakan pebisnis pemula dengan modal minim bangkrut dan gulung tikar sebab tidak dapat bersaing dan habis modal.

Apa Itu Reseller ?


Sering kita dengar dan baca istilah reseller dalam dunia internet. Apa reseller itu?. Mungkin sebagian orang sudah tahu apa yang dimaksud pengertian reseller disini. kita ulas kembali tentang pengertian reseller itu. Re artinya kembali , seller artinya penjual, jadi arti reseller adalah menjual kembali suatu produk yang dilakukan oleh penjual setelah penjual tersebut membelinya. Kebanyakan orang masih salah kaprah tentang pengertian reseller disini. Mereka beranggapan bahwa reseller itu menjadikan mereka media untuk jualan, karena faktanya kebanyakan orang membeli produk dari suatu website dan mempromosikan url webnya dengan harapan dapat suatu komisi. Padahal reseller itu sendiri hanyalah 1 fitur saja dari bisnis online tersebut yang di dalamnya tidak ada paksaan. 

Kalau anda malas mempromosikan url replika anda jangan berharap komisi datang dengan sendirinya karena prinsip bisnis internet itu Promosi = traffic = uang. Jadi ikalau malas mempromosikan produk orang lain kenapa ANDA tidak jualan saja produk ANDA sendiri yaitu dengan mempromosiian produknya sendiri tanpa reseller tanpa embel-embel yang lain, dan menikmati hasilnya sendiri. Bagi anda yang ingin punya produk sendiri kenapa tidak mencoba saja hasilkan uang tambahan. Produk = laku = uang masuk rekening anda. 

Bisnis Reseller Toko Online Bagi Pemula 


Bisnis Toko Online Bagi Pemula. Nah dari memperhatikan masalah diatas, maka pada kesempatan ini saya ingin membagikan solusi alternatif yang tak kalah menguntungkan dalam menjalankan bisnis fashion seperti bisnis baju, yaitu dengan cara memulai bisnis toko online sendiri. 


Kenapa harus bisnis Reseller toko online? Sebab ditengah perkembangan teknologi ini internet menjadi kebutuhan penunjang (sekunder) bagi hampir semua orang di dunia. Pengguna menggunakan internet untuk berbagi informasi, bekerja, dan tidak sedikit juga yang menggunakannya untuk belanja.

Secara singkat berikut ini beberapa hal yang harus anda penuhi untuk memulai bisnis Reseller Toko Online Untuk Pemula, antara lain :
  • Komputer / Laptop
  • Koneksi internet
  • Website/Blog toko online
  • Toko lain yang menerapkan sistem reseller atau dropship (Bisa cari Di Google)
  • Pengetahuan tentang internet marketing.
  • Simple bukan? namun kenyataannya jika dibilang bisnis online itu mudah alias gampang itu tidaklah benar, perlu proses waktu belajar untuk memulai bisnis toko online sendiri. 

Cara Memulai Bisnis Reseller Toko Online Untuk Pemula


Untuk selengkapnya, silahkan simak tips langkah-langkah memulai bisnis reseller toko online untuk pemula berikut ini :

1. Siapkan Kelengkapan 


Langkah pertama yaitu menyiapkan PC / komputer atau laptop dan koneksi internet. Hal ini wajib dipenuhi sebagai modal awal memulai bisnis online shop.

2. Memilih produk yang kita jual


Bicara bisnis berarti bicara produk apa yang kita tawarkan kepada calon pembeli. Apabila produk yang kita tawarkan banyak menarik perhatian dan minat calon pembeli maka tentu bisnis kita akan sukses. Begitupun sama halnya dalam menjalankan bisnis online shop reseller. 

Banyak produsen penyedia program reseller atau dropship yang menawarkan produk-produk menarik dan tentunya banyak dicari pengguna internet. Ada berbagai produk dari berbagai passion dapat anda temukan di internet, misalnya saja fashion seperti baju muslim, baju distro, baju batik, atau pada passion elektronik seperti smartphone samsung, iphone dan asus, atau pada passion kesehatan seperti obat herbal, obat peninggi badan, obat pelangsing badan, dan masih banyak lagi passion bisnis lainnya di internet.

Produk-produk diatas memiliki sangat banyak peminat di internet yang beberapa diantaranya rutin berbelanja online. Dan tentunya dengan strategi pemasaran yang baik akan membawa puncak kesuksesan sebuah bisnis toko online. Jadi pilihlah produk yang memiliki banyak peminat.

3. Mencari mitra kerjasama reseller


Hebatnya dalam berbisnis online itu tidak harus membuat dan menjual produk buatan sendiri. Kita bisa bekerjasama dengan orang lain / perusahaan yang juga mencari mitra untuk menjualkan produknya, atau dengan kata lain produsen / perusahaan yang menyediakan program dropship. Dengan kata lain dalam bisnis toko online reseller disini maksudnya kita menawarkan dan menjual produk orang lain. 

Lalu bagaimana cara memperoleh keuntungan dari bisnis reseller? yakni dengan meninggikan harga. Misalnya pada sebuah contoh kasus, produsen produk fashion baju muslim menawarkan harga satuan Rp. 100 ribu untuk pembeli biasa dan Rp. 80 ribu untuk pembeli reseller. Maka sebagai reseller disini kita bisa menjual seharga Rp. 100 ribu di website toko online kita dan mendapat keuntungan Rp 20 ribu untuk tiap potong baju muslim yang berhasil kita jual. Atau bahkan sah-sah saja apabila kita menjualnya di toko online kita lebih mahal dibanding harga yang ditawarkan produsen untuk pembeli biasa.

Maka langkah selanjutnya yang harus anda lakukan yakni mencari produsen atau mitra kerjasama yang menerima sistem reseller atau dropship, salah satu yang saya rekomendasikan yakni Supplier.id, komisian.com dan Cakning.com.

4. Membuat website/blog toko online


Seperti yang sudah disebutkan diatas bahwa toko online adalah toko visual untuk menampilkan display produk yang anda jual, ini sama halnya dengan toko fisik pada bisnis online. Jadi buatlah toko online dengan desain dan tampilan semenarik mungkin.

Selain membuat toko online secara berbayar melalui website share hosted dengan domain dan hosting berbayar. Apabila anda pebisnis yang tidak memiliki cukup modal atau sekedar berkeinginan belajar memulai bisnis online shop dengan cuma-cuma tanpa modal, maka anda bisa mencoba memulai bisnis online shop tanpa modal dengan membuat toko online berbasis platform blogger. Blogger adalah situs web 2.0. yang bisa anda manfaatkan untuk membuat blog gratisan.

Nantinya alamat URL blog toko online anda akan menggunakan subdomain seperti warungsmartphoneonline.blogspot.com , ini dirasa kurang baik untuk sebuah website toko online. Untuk meyakinkan pengunjung melakukan pembelian maka sebaiknya anda menggunakan top level domain (TLD) .com, jadi alamat url website toko online anda akan menjadi www.warungsmartphoneonline.xyz

Nah untuk menggunakan domain www.namabisnis.com pada blogger maka anda bisa menerapkan blog custom domain.

Atau anda bisa membuat langsung website toko online profesional anda sendiri dengan CMS WordPress. Asalkan anda mau belajar, punya sedikit modal (sekitar 300ribu) untuk membeli domain dan sewa hosting, maka anda sudah bisa membuat website online shop profesional sendiri. Simak tutorialnya disini Cara Membuat Website Profesional

5. Mendatangkan pengunjung / traffic 


Berbicara toko online tentu sangat berkaitan dengan pengunjung website yang nantinya akan menjadi pembeli produk anda. Toko online berfungsi untuk menarik perhatian pelanggan, dimana pada bisnis internet untuk menarik perhatian pelanggan yaitu caranya dengan mendatangkan traffic. Semakin banyak traffic maka akan semakin besar persentase kemungkinan konversi penjualan produk pada webiste toko online kita. 

Pengunjung situs sendiri dapat datang dari berbagai cara, namun yang paling potensial mendatangkan banyak pengunjung hingga 80 % sekaligus yakni pengunjung yang berasal dari traffic organic dari mesin pencari Google dan beberapa persen pengunjung referral dari social media seperti facebook, twitter dan google plus. 

Kita bisa melakukan berbagai upaya untuk mendatangkan pengunjung. Silahkan simak selengkapnya cara meningkatkan traffic website.

6. Melakukan konversi penjualan 


Konversi penjualan adalah bagian terpenting dalam upaya menjadikan pengunjung website menjadi pembeli. Kebanyakan pebisnis online shop gagal pada tahap ini, mereka mampu menjaring banyak pengunjung, tapi gagal menjadikan pengunjung menjadi pembeli. 

Sebaiknya dalam menjual produk di toko online itu anda mencantumkan detail produk, harga, metode pembayaran, dan cara konfirmasi pembayaran, selengkap-lengkapnya. Sebab apabila tidak mencantumkan hal-hal tersebut akan menimbulkan kecurigaan pengunjung tentang keaslian produk. Karena dalam kasus tertentu ada juga pengunjung yg tidak jadi membeli dikarenakan tidak adanya detail metode pembayaran. Hal ini tentu menyia-nyiakan upaya kerja keras kita dalam meningkatkan penjualan.


Cukup sekian 6 hal diatas yang harus anda pahami. Semoga ulasan ini bisa membantu anda dalam memulai bisnis online shop anda. Jika dirasa artikel ini bermanfaat mohon bagikan artikel ini ke social media, dan apabila ada pertanyaan silahkan sampaikan melalui kolom komentar. Adapun jika anda sudah terjun menyelami bisnis reseller terlebih dahulu, saya harap anda juga bisa berbagi pengalaman dalam mengembangkan bisnis online shop anda melalui kolom komentar dibawah ini. (Referensi : Ehpedia)

Post a Comment for "Cara Memulai Bisnis Reseller Toko Online Untuk Pemula"