Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ini 9 Manfaat Mentimun Untuk Kesehatan Tubuh

Mentimun Untuk Kesehatan Tubuh - Sayuran yang satu ini mempunyai manfaat bagi tubuh, dan kesehatan bagi anda. Tanpa kita sadari bahwa makan sayuran mentimun bisa mencegah dan mengobati masalah kesehatan tubuh, walaupun dengan harga yang sangat murah namun kita harus mengakui semua khasiat yang ada di sayuran mentimun ini.


Sekilas Tentang Mentimun


"Menurut Wikipedia" Mentimun atau timun atau ketimun (Cucumis sativus L.; suku labu-labuan atau Cucurbitaceae) adalah tumbuhan yang menghasilkan buah yang dapat dimakan. Buahnya biasanya dipanen ketika belum masak benar untuk dijadikan sayuran atau penyegar, tergantung jenisnya. Mentimun dapat ditemukan di berbagai hidangan dari seluruh dunia dan memiliki kandungan air cukup banyak di dalamnya sehingga berfungsi menyejukkan. Potongan buah mentimun juga digunakan untuk membantu melembabkan wajah serta banyak dipercaya dapat menurunkan tekanan darah tinggi.

Memiliki warna buah hijau ketika muda dengan larik-larik putih kekuningan. Semakin buah masak warna luar buah berubah menjadi hijau pucat sampai putih. Bentuk buah memanjang seperti torpedo. Daging buahnya perkembangan dari bagian mesokarp, berwarna kuning pucat sampai jingga terang. Buah dipanen ketika masih setengah masak dan biji belum masak fisiologi. Buah yang masak biasanya mengering dan biji dipanen, warnanya hitam.

Cukup dengan meminum atau memakannya saja sudah cukup memberi efek baik di tubuh,  namun tahukah anda apa saja manfaat dan khasiat yang terkandung di dalam mentimun tersebut,,,? Berikut kami beri rangkumannya.

Ini 9 Manfaat Mentimun Untuk Kesehatan Tubuh


1. Terkandung Vitamin dan Mineral dalam Mentimun

Vitamin dan juga Mineral terdapat pada sayur mentimun, dan kabar baik bagi anda yang sedang menjalankan hidup sehat, karena mentimun adalah salah satu sayuran yang bisa memenuhi kebutuhan gizi harian tubuh kita.

Dan selain bisa untuk kesehatan tubuh, mentimun juga bermanfaat buat kecantikan yaitu sebagai masker wajah dan lainnya.

2. Mentimun Mampu Melawan Kanker

Kanker payudara, ovarium, rahim dan kanker prostat sangat sulit di sembuhkan, namun sayuran mentimun ini memiliki senyawa Pinoresinol, Cucurbitacins yang fungsinya mentimun dapat membekukan semua molekul jahat pada tubuh dan bisa mengendalikan atau melawan sel kanker tersebut.

3. Mentimun Dapat Membersihkan Racun

Batu ginjal dapat di atasi dengan mentimun, dengan secara rutin mengkonsumsi mentimun baik di makan langsung ataupun di buat jus sama saja, di yakini mampu melunturkan penyakit batu ginjal.

Kandungan air pada mentimun sangat tinggi, dan itu fungsi utamanya adalah mengeluarkan racun yang berlebih pada tubuh. Dan tidak heran jika air mentimun bisa menyembuhkan batu ginjal, karena air mentimun sedikit demi sedikit dapat mengikis batu ginjal tersebut. Jadi jika anda mengkonsumsinya rutin tiap hari maka sudah di pastikan batu ginjal bisa hilang dengan sendirinya.

4. Mentimun Dapat Mengatasi Hidrasi Tubuh

Pada sayuran mentimun di saat anda mengalami Hidrasi baik Hidrasi sehabis olahraga atau pun Hidrasi terkena sinar matahari, Jus atau air mentimun di yakini mampu mengatasi Dehidrasi tersebut, dan selain itu sayur mentimun bisa menjaga sel-sel yang baik tetap terjaga dan sehat.

5. Mentimun Menyehatkan Kulit dan Menyuburkan Rambut

Sulfur dan silikon juga di miliki mentimun yang fungsinya menyehatkan dan menyuburkan rambut, apalagi jika rambut anda terkena iritasi kulit atau lembab dan juga berminyak, mentimun adalah solusi yang aman dan alami. Hanya dengan menggosokan mentimun di bagian kulit kepala secara rutin masalah di kepala aman terkendali.

6. Mencegah Masalah Pencernaan

Dan bagi anda yang mempunyai keluhan di perut seperti maag, nyeri lambung dan asam lambung naik bisa di obati dengan mengkonsumsi air mentimun secara rutin. Karena air mentimun bisa membantu atau menjaga pencernaan dari segala penyakit dan bisa menjaganya tetap stabil dan sehat.

7. Meningkatkan Kesehatan Otak

Otak adalah salah satu organ yang bisa menggerakan semua organ tubuh, karena jika otak tidak berfungsi maka organ tubuh yang laiinya juga akan lumpuh.

Jadi jika anda mengiginka fungsi otak atau mengiginkan ingatan yang lebih tajam maka sebaiknya konsumsi sayuran mentimun. karena Fisetin dan antiinflamasi flavanol yang ditemukan dalam mentimun membantu meningkatkan fungsi otak dan memori.

8. Meredakan Nyeri Sendi dan Encok

Terkadang kita pernah atau sering merasakan nyeri sendi atau encok yang  sangat menyakitkan, itu tandanya anda memerlukan Vitamin A,C, D, B1, B6. Dan itu semua ada pada sayur mentimun, dan karena mentimun juga mengandung kalsium, folat, potassium, magnesium jadi jangan ragu untuk mengkonsumsinya, karena dengan anda mengkonsumsi mentimun maka nyeri pada persendian dan encok akan berkurang. 

9. Menurunkan Berat Badan

Bagi anda yang sedang menjalankan Diet ketat, sebaiknya lihat lagi menu diet anda, jika masih belum sempurna alangkah baiknya anda bisa masukan sayur mentimun di menu diet anda.

Mentimun mempunyai nutrisi dan air yang pas buat menurunkan berat badan anda. Efek dari mengkonsumsi mentimun adalah kurangnya nafsu makan, karena kadar air dalam mentimun sangat tinggi. Jadi banyak-banyaklah mengkonsumsi mentimun, selain sehat anda juga akan langsing alami.

Demikian ulasan tentang 9 Manfaat Mentimun Untuk Kesehatan Tubuh Namun jangan lupa juga harus di barengi dengan olahraga yang cukup supaya menjadi hidup sehat dan kuat.

Post a Comment for "Ini 9 Manfaat Mentimun Untuk Kesehatan Tubuh"