Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Manfaat Dan Khasiat Jagung Untuk Kesehatan, Wajib Tahu

Sekilas Tentang Tanaman Jagung


Jagung (Zea mays ssp. mays) adalah salah satu tanaman pangan penghasil karbohidrat yang terpenting di dunia, selain gandum dan padi. Bagi penduduk Amerika Tengah dan Selatan, bulir jagung adalah pangan pokok, sebagaimana bagi sebagian penduduk Afrika dan beberapa daerah di Indonesia. Pada masa kini, jagung juga sudah menjadi komponen penting pakan ternak. Penggunaan lainnya adalah sebagai sumber minyak pangan dan bahan dasar tepung maizena. Berbagai produk turunan hasil jagung menjadi bahan baku berbagai produk industri farmasi, kosmetika, dan kimia.


Dari sisi botani dan agronomi, jagung merupakan tanaman model yang menarik Sejak awal abad ke-20, tanaman ini menjadi objek penelitian genetika yang intensif. Secara fisiologi, tanaman ini tergolong tanaman C4 sehingga sangat efisien memanfaatkan sinar matahari. Dalam kajian agronomi, tanggapan jagung yang dramatis dan khas terhadap kekurangan atau keracunan unsur-unsur hara penting menjadikan jagung sebagai tanaman percobaan fisiologi pemupukan yang disukai.


Berdasarkan klasifikasinya tanaman ini memiliki nama lokal jagong, janggel, bun-tebun (Jawa), jagul, jagueng, jaun (Sumatera), katawung, boja, jele, pagung, jelai baha (Kalimantan), jagung, jago, terae jawa, pelak, (NTB/NTT), binte, binde, birale, dale (Sulawesi), slaru, bara kastera, kilate, jagong, pastel (Maluku), kasera, meru, katiburo (Papua). Nama latinnya Zea mays, dari famili Poaceae. Nama China : yu shu-shu.

Tanaman ini tingginya bisa mencapai 3 meter, tumbuh baik di udara yang kering di dataran rendah maupun tinggi. Tumbuhan asal Amerika bagian tengah ini daunnya berbentuk pita dengan panjang sampai 100 cm, ujungnya meruncing. Bunga jantannya berbentuk malai, warna putih kekuningan. Bunga betina keluar dari ketiak daun berbentuk tongkol dengan bulir-bulir (biji) berwarna kuning-oranye, ada juga yang berwarna putih, kemerahan, kecokelatan. Pada tongkol muncul rambut warna kecokelatan.


Tanaman jagung biasa tersedia di kebun jagung, pasar tradisional, pasar swalayan. Bagian yang digunakan sebagai obat : Tongkol dan bijinya, rambut, daun, dan akarnya.

Khasiat Jagung


Khasiat jagung : jagung merupakan sumber karbohidrat (73 g dari 100 g), mengandung vitamin A, B1, kalsium, fosfor, asam linoleat, asam palmitat, dan lain-lain. Memiliki efek meningkatkan fungsi paru-paru, jantung, limpa, hati, ginjal, juga menambah nafsu makan, diuretik, menurunkan panas, melancarkan ASI dan mengatasi diare.

Manfaat Jagung 


Produk utama jagung adalah bijiannya (grain). Dari bijian yang dihasilkan, jagung menjadi sumber pangan pokok manusia ketiga setelah gandum dan beras/padi. Bijian jagung dimanfaatkan sebagai pakan hewan, baik untuk unggas maupun ternak besar. Serapan terbesar di Indonesia sekarang adalah sebagai sumber pakan ternak. Olahan bijian juga diserap dalam industri pangan, farmasi, kosmetika, dan industri kimia.

Produk jagung penting lainnya adalah jagung tongkol. Jagung tongkol juga dipanen dalam usia sekitar tiga minggu setelah penyerbukan untuk dijadikansayuran atau direbus serta dibakar. Jagung manis biasanya mengisi pangsa ini. Tongkol jagung yang masih muda dan belum berkembang penuh dipanen sebagai sayuran segar yang dikenal sebagai jagung semi atau babycorn.


Tanaman jagung utuh yang masih hijau dimanfaatkan oleh usaha tani peternakan sebagai hijauan. Kandungan protein tanaman jagung cukup tinggi sebagai sumber pakan bagi sapi dan kerbau. Bidang bioenergi mengembangkan tanaman jagung dengan kandungan selulosa tinggi untuk dimanfaatkan biomassanya sebagai sumber energi terbarukan.

Resep Herbal sederhana dari tanaman jagung


1. Resep Melancarkan ASI : Bulir jagung masak disangrai sampai kering dan pecah-pecah (seperti berondong), untuk dimakan setiap hari.

2. Resep untuk radang ginjal : 15 tongkol berbulir dan rambutnya direbus dengan 3 gelas air sampai tersisa 2 gelas, buahnya dimakan dan airnya diminum sehari 3 kali @¾ gelas.

3. Resep untuk Diare : Bubuk tongkol jagung diseduh dengan air panas, minum setelah dingin.

4. Resep untuk Kencing manis : 30 g rambut jagung direbus, airnya diminum.

5. Resep Melancarkan buang air kecil : Jagung muda direbus atau dikukus, dimakan sebagai sayuran.

Post a Comment for "Manfaat Dan Khasiat Jagung Untuk Kesehatan, Wajib Tahu"