Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Manfaat Kopi Untuk Perawatan Rambut, Jangan Buang Ampasnya

Kopi adalah minuman hasil seduhan biji kopi yang telah disangrai dan dihaluskan menjadi bubuk. Kopi merupakan salah satu komoditas di dunia yang dibudidayakan lebih dari 50 negara. Dua varietas pohon kopi yang dikenal secara umum yaitu Kopi Robusta (Coffea canephora) dan Kopi Arabika (Coffea arabica).


Pemrosesan kopi sebelum dapat diminum melalui proses panjang yaitu dari pemanenan biji kopi yang telah matang baik dengan cara mesin maupun dengan tangan kemudian dilakukan pemrosesan biji kopi dan pengeringan sebelum menjadi kopi gelondong. Proses selanjutnya yaitu penyangraian dengan tingkat derajat yang bervariasi. Setelah penyangraian biji kopi digiling atau dihaluskan menjadi bubuk kopi sebelum kopi dapat diminum.


Sejarah mencatat bahwa penemuan Kopi sebagai minuman berkhasiat dan berenergi pertama kali ditemukan oleh Bangsa Etiopia di benua Afrika sekitar 3000 tahun (1000 SM) yang lalu. Kopi kemudian terus berkembang hingga saat ini menjadi salah satu minuman paling populer di dunia yang dikonsumsi oleh berbagai kalangan masyarakat.[butuh rujukan] Indonesia sendiri telah mampu memproduksi lebih dari 400 ribu ton kopi per tahunnya.Di samping rasa dan aromanya yang menarik, kopi juga dapat menurunkan risiko terkena penyakit kanker, diabetes, batu empedu, dan berbagai penyakit jantung (kardiovaskuler).

Selain dari beberapa khasiat seperti yang kami jelaskan diatas ternyata ada menfaat lain dari ampas kopi loh. Bagi kamu yang setelah minum kopi, langsung membuang ampasnya? Ternyata, kopi dan ampasnya punya banyak manfaat, lho. Nggak cuma untuk perawatan wajah, kopi juga bisa digunakan untuk perawatan rambut agar lebih sehat dan indah. Apa saja manfaat kopi untuk kesehatan rambut? Simak ulasannya berikut ini!

1. MERANGSANG PERTUMBUHAN RAMBUT


Manfaat Kopi yang pertama adalah merangsang pertumbuhan rambut. Kafein dalam kopi ternyata bagus sekali untuk merangsang pertumbuhan rambut. Karena itu, manfaatkan ampas kopi yang juga mengandung kafein. Jika diaplikasikan merata pada kulit kepala, kandungannya akan merangsang pertumbuhan akar rambut yang lebih cepat. Kalau Anda memiliki rambut yang tipis dan tidak bervolume, bisa lho menggunakan cara ini. Caranya gampang kok. Seduh kopi bubuk dan tunggu beberapa saat hingga suhunya turun. Setelah itu, tuangkan cairan kopi beserta ampasnya ke seluruh rambut. Gosokkan ampasnya pada kulit kepala. Pijat selama beberapa menit, lalu bilas dan lanjutkan dengan keramas.

2. MEMBUAT RAMBUT LEBIH BERKILAU


Kopi Membuat Rambut Lebih Berkilau. Wanita mana yang nggak mau rambutnya terlihat indah, lembut dan berkilau? Nah, daripada menghabiskan waktu dan biaya untuk perawatan di salon, coba praktikkan cara sederhana ini di rumah. Selain lebih hemat, rambut juga akan terhindar dari kerusakan karena menggunakan bahan-bahan alami. Caranya mudah, campurkan 1 sendok makan kopi bubuk jenis apa saja dan 2 sendok makan minyak zaitun. Aplikasikan mulai dari bagian tengah batang rambut (tak perlu dari akar) hingga ke ujung rambut. Tunggu sampai 15-30 menit, lalu bilas hingga bersih.

3. MEMBERSIHKAH KULIT KEPALA DAN MENGATASI KETOMBE


Kopi bermanfaat Membersihkan Kulit Kepala. Mirip seperti scrub untuk wajah, ampas kopi juga mampu membersihkan minyak dan mengangkat kotoran. Karena itulah, ampas kopi juga bisa digunakan untuk mengatasi ketombe di kulit kepala. Anda bisa langsung menggunakan ampas kopi yang diaplikasikan merata pada kulit kepala sambil dipijat perlahan. Setelah itu, bilas menggunakan air atau lanjutkan dengan keramas menggunakan shampo agar tak ada ampas yang tertinggal. Jika dilakukan rutin selama 3 kali seminggu, kulit kepala akan bersih dan terbebas dari ketombe.

4. MENJADIKAN RAMBUT LEBIH LEMBUT DAN HARUM


Kopi Menjadikan Rambut Lembut dan Harum. Anda punya rambut yang kering dan kaku? Coba rawat juga dengan bantuan kopi! Campurkan kopi bubuk dengan kondisioner yang biasa Anda pakai. Kopi akan membantu Anda melembutkan rambut yang kering dan kasar secara alami. Nggak cuma itu, kondisioner campuran ini juga akan membuat rambut Anda harum seperti kopi!

5. MENGUATKAN AKAR DAN BATANG RAMBUT


Kopi Bermanfaat Menguatkan Akar dan Batang Rambut. Kopi juga bisa mengatasi masalah rambut rontok Anda, lho. Rambut yang mengalami kerontokan disebabkan oleh akar rambut yang tidak kuat dan kondisi batang rambut yang lemah. Yuk, manfaatkan ampas kopi untuk mengatasi hal ini. Oleskan ampas kopi pada kulit kepala, lalu pijat perlahan agar khasiat kopi meresap. Lakukan hal ini tiap kali sebelum keramas. Anda pasti nggak akan nyesel deh dengan hasilnya :)


Demikian ulasan tentang Manfaat Kopi Untuk Perawatan Rambut, Jangan Buang Ampasnya, selamat mencoba dan terimakasih ! (Referensi : Wikipedia/Vemale)

Post a Comment for "Manfaat Kopi Untuk Perawatan Rambut, Jangan Buang Ampasnya"