Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tergiur Bisnis Online Sharp Indonesia Siap Perluas Pemasaran Lewat e-Commerce

Sharp Indonesia Tergiur Bisnis Online - Pertumbuhan bisnis online ternyata menggiurkan perusahaan elektronik asal Jepang, PT Sharp Electronics Indonesia (SEID), untuk memperluas jaringan perdagangan secara elektronis (e-commerce). 

Tahun 2017 Sharp Electronics Indonesia menargetkan kenaikan penjualan secara online  lima kali lipat atau 500 persen. Sebelumnya, sebagian besar atau 80 persen penjualan barang elektronik Sharp adalah melalui jaringan distribusi ritel secara tradisional seperti toko-toko elektronik. Sisanya 18 persen penjualan melalui pasar modern termasuk pasar swalayan besar dan online, kemudian dua persen penjualan secara proyek. "Tahun 2016 penjualan Sharp secara online baru satu persen, kami harapkan tahun 2017 sedikitnya bisa memberi kontribusi penjualan lima persen," kata Senior GM Penjualan Nasional SEID Andry Adi Utomo beberapa waktu lalu di Jakarta via anatarnews.com.

Sharp Indonesia Siap Perluas Pemasaran Lewat e-Commerce / Tribunnews image
Ia melihat di tengah pasar bisnis ritel tradisional yang cenderung turun, pasar online cenderung naik. Sejak tahun 2014, menurut dia, penjualan secara online di Indonesia terus tumbuh. Pada 2014 pertumbuhan penjualan online mencapai 45 persen, kemudian tetap tumbuh 37 persen pada 2015, dan 26 persen pada 2016. "Tahun 2017 bahkan (penjualan online) bisa tumbuh 22 persen," kata Andry.  Hal itulah yang membuat pihaknya tergiur masuk ke jaringan perniagaan secara online.   

Untuk mencapai target pertumbuhan penjualan secara online yang signifikan tersebut, pihaknya telah menyiapkan sejumlah produk elektronik yang khusus dan unik sesuai kebutuhan pasar online yang biasanya sangat perhatian pada masalah harga, keunikan, dan teknologi. "Kami akan membuat produk-produkyang unik untuk pasar online, seperti ultrasonic washer (penghilang noda kain dengan teknologi ultrasonik), serta barang-barang kecil lainnya," ujar Andry.

Namun SEID, tidak akan langsung main ke jaringan perniagaan secara elektronis tersebut, melainkan kerja sama dengan bisnis yang menjual barang elektronik online yang sudah ada seperti Lazada, Blibli, dan bhineka.com. Kami juga mengajak dan mengajari para mitra kami di pasar tradisional untuk ikut masuk ke bisnis secara online," kata Andry. 

Menurut Andry Tahun 2016 Sharp telah membukukan pendapatan sekitar Rp7,8 triliun tumbuh sekitar dua persen dibandingkan tahun sebelumnya. Omzet sebesar itu, kata dia, memperkokoh Sharp Indonesia sebagai perusahaan ketiga terbesar dalam jaringan Grup Sharp setelah  Amerika Serikat dan China. 

Sharp Indonesia Siap Perluas Pemasaran Lewat e-Commerce


Sharp Indonesia Siap Perluas Pemasaran Lewat e-Commerce - PT Sharp Electronics Indonesia (SEID) bakal memperluas pemasaran produk elektronik melalui e-commerce atau perdagangan secara elektronis guna memenuhi target pertumbuhan penjualan sebesar 15 persen tahun ini. Sharp tengah menjajaki kerja sama dengan perusahaan ritel terbesar untuk memperluas penjualan secara e-commerce," kata GM Penjualan Nasional SEID.

Selama ini, lanjut dia, SEID telah terjun ke dalam perdagangan secara elektronik tersebut, di tengah maraknya bisnis online. "Kira-kira sekitar 5-10 persen penjualan (Sharp Indonesia) berasal dari e-commerce," ujar Andry. Tahun lalu total penjualan produk Sharp di Indonesia mencapai Rp8,3 triliun atau sekitar 19,3 persen dari total pasar dari industri elektronik di dalam negeri. "Nilai penjualan tersebut naik sekitar 102 persen dibandingkan tahun sebelumnya (2014)," kata Andry GM Penjualan Nasional SEID.

Tahun 2016, SEID, lanjutnya, menargetkan nilai penjualan naik sebesar 15 persen dibandingkan tahun 2015. Untuk itu, tahun ini Sharp berencana secara ekspansif meluncurkan produk baru untuk menggairahkan pasar, antara lain melalui mesin cuci top loading berkapasitas besar (Megamouth) 10 dan 11 kilogram. 

Berbisnis secara e-commerce untuk produk besar seperti barang elektronik, yang mahal adalah biaya transportasinya. Apalagi biaya transportasi di Indonesia termasuk yang termahal di Indonesia," kata Andry. Oleh karena itulah, pihaknya tengah menjajaki kerja sama dengan perusahaan ritel besar untuk pengiriman barang dari satu titik terdekat dengan konsumen.

Post a Comment for "Tergiur Bisnis Online Sharp Indonesia Siap Perluas Pemasaran Lewat e-Commerce"