Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

9 Tempat Wisata Kuliner di Medan yang Wajib Dikunjungi

Tempat Wisata Kuliner Terpopuler di Medan
Medan merupakan kota populer di Sumatera. Ibu kota Provinsi Sumatera Utara ini bahkan menjadi salah satu pintu masuk wisatawan mancanegara di Indonesia bagian barat, terbukti dengan lokasinya yang berada tak jauh dari bandara besar berstandar internasional, Bandara Internasional Kuala Namu.

Tempat Wisata Kuliner di Medan yang Wajib Dikunjungi

Tempat Wisata Kuliner Terpopuler di Medan - Medan juga menjadi pintu masuk bagi setiap wisatawan yang ingin mengunjungi berbagai tempat wisata pilihan seperti Danau Toba dan Danau Singkarak. Nah, sebelum Anda melanjutkan perjalan wisata Anda, sebaiknya Anda berhenti sejenak dan menikmati sajian lain yang ditawarkan kota Medan.

Kota ini memiliki banyak tempat wisata kuliner yang sayang untuk dilewatkan. Berikut rangkuman 9 tempat wisata kuliner menarik di Medan yang wajib Anda kunjungi:

Tempat Wisata Kuliner Terpopuler di Medan

1. Kedai Durian Ucok

Kedai Durian Ucok Medan
Tempat Wisata Kuliner di Medan yang kita ulas pertama adalah Kedai Durian Ucok. Ya seperti di kota-kota lain, Medan juga tak bisa dilepaskan dari buah durian. Durian Medan terkenal dengan dagingnya yang legit dengan sensasi rasa sedikit pahit yang menggoda. Jika Anda datang ke Medan, kunjungan Anda tak akan berarti tanpa berkunjung ke Kedai Durian Ucok yang terletak di Jalan Wahid Hasyim, sebelumnya di Jalan Iskandar Muda.

Kedai Durian Ucok merupakan tempat penjualan buah berduri ini yang paling laris di Medan. Buka pada malam hari sampai mejelang pagi, Kedai Durian Ucok mampu menjual 6.000-7.000 buah durian dalam semalam.

Durian dapat dimakan di tempat ataupun dibawa pulang. Uniknya, Bang Ucok atau Zainal Abidin, pemilik kedai, membolehkan Anda menukar durian dengan yang baru jika merasa durian yang telah dibuka rasanya kurang enak.

Kedai ini tak pernah kehabisan stok buah durian. Durian didapat dari berbagai daerah penghasil durian di Sumatera Utara seperti Sidikalang dan Sibolga. Jika sedang tidak musim durian (Maret-Mei), maka Bang Ucok mengandalkan tengkulak yang telah memiliki stok durian sebelumnya.

2. Merdeka Walk

wisata kuliner Merdeka Walk
Tempat wisata menarik di Medan selanjutnya Merdeka Walk, Suka wisata kuliner di malam hari? Datang saja ke Merdeka Walk yang merupakan kawasan hiburan malam dan tempat wisata kuliner di Medan yang terbesar.

Merdeka Walk sangat ramai di malam hari dan menjadi tempat berkumpulnya ratusan orang di Medan. Sedikitnya terdapat 30 outlet kuliner dan 700 bangku yang disediakan untuk pengunjung. Berbagai kuliner lezat dapat Anda cicipi mulai dari soto, lontong sayur, sushi, steak sampai sop buntut.

Menariknya, di sini juga biasa dijadikan lokasi berbagai kegiatan seru anak muda seperti lomba dance, lomba band dan juga nonton bareng pertandingan bola.

3. Restoran Tip Top

wisata kuliner Restoran Tip Top
Restoran Tip Top tempat wisata kuliner yang sudah sangat populer di telinga orang Medan dan juga wisatawan yang berkunjung ke kota ini. Restoran ini pada awalnya terletak di Jalan Pandu, dengan nama Retoran Jangkie, sesuai dengan nama pemiliknya. Namun kemudian, pada tahun 1934 restoran berpindah ke Jalan Kesawan dan namanya pun ikut berganti menjadi Restoran Tip Top.

Restoran Tip Top masih mempertahankan suasana tempo dulu. Bangunan yang digunakan masih berarsitektur khas Belanda. Meskipun bangunannya kental nuansa Eropa, namun menu yang disajikan cukup beragam, mulai dari nusantara, oriental sampai internasional.

Tempat wisata kuliner ini populer dengan roti dan es krim yang dibuat dengan resep asli sehingga rasanya tak berubah dari generasi ke generasi.

4. Pasar Malam Jalan Semarang

wisata kuliner Pasar Malam Jalan Semarang
Tempat wisata kuliner Jalan Semarang merupakan daerah pecinan yang pada siang hari merupakan sentra penjualan onderdil kendaraan di Medan. Malam harinya, kawasan sepanjang 200 meter ini disulap menjadi pasar malam dan tempat wisata kuliner favorit di Medan.

Kawasan ini telah populer sejak tahun 1960an sebagai salah satu pusat hiburan di kota Medan. Pasar malam mulai aktif sejak pukul 18:00 dan tutup pada pukul 01:00. Berbagai menu pilihan dapat Anda cicipi di sini mulai dari sate sampai martabak. Salah satu menu favorit di sini adalah nasi bebek Hainan.

5. Rumah Makan Tabona

wisata kuliner Rumah Makan Tabona
Jika anda paling suka dengan kari tempat wisata kuliner yang satu ini jangan sampat anda lewatkan ya, yakni Rumah Makan Tabona terletak di Jalan Mangkubumi, Medan. Tempat wisata kuliner ini menyajikan beragam kari lezat mulai dari bihun kari, kari ayam, kari daging kambing sampai kari daging sapi.

Rumah Makan Tabona ini buka sejak pukul 06:30 sampai 16:30, rumah makan ini ramai sekali terutama saat jam makan siang karena berada di kawasan perkantoran.

6. Mie Ayam Jamur Kumango

wisata kuliner Mie Ayam Jamur Kumango
Masih di kawasan Jalan Mangkubumi, mari bergeser ke Mie Ayam Jamur Kumango. Rumah makan ini menyajikan menu spesial yaitu mie ayam jamur yang siap menggoyang lidah Anda.

Mie tipis kenyal dipadukan dengan irisan daging ayam dan jamur serta taburan tauge, sawi dan bawang goreng bisa jadi membuat Anda ingin menikmati dua porsi sekaligus. Menikmati mie ayam jamur spesial ini belum lengkap tanpa kopi susu tradisional yang dijamin akan menambah nikmat santap kuliner Anda.

7. Kedai Kopi Apek

wisata kuliner Kedai Kopi Apek
Ini tempat yang wajib dikunjungi para penggemar kopi. Keda Kopi Apek yang terletak di Jalan Hindu 37 ini merupakan kedai kopi tertua dan populer di Medan.

Kedai Kopi Apek sudah berdiri sejak tahun 1922 dan sampai sekarang cita rasa kopinya tak berubah. Konon, kunci kenikmatan kopi di sini ada pada pemilihan kopi terbaik, pengaturan suhu air sampai teknik mengaduk yang harus dilakukan dengan tepat.

Menu favorit di sini adalah Kopi O yang merupakan kopi hitam tanpa gula. Untuk menemani secangkir kopi, sebaiknya Anda juga memesan menu lain seperti roti bakar, roti kukus, martabak telur atau nasi soto.

Kedai Kopi Apek buka pukul 06:00 – 14:00 pada hari Senin – Sabtu dan pukul 06:00 – 11:30 pada hari Minggu.

8. Kawasan Kuliner Pagaruyung

wisata kuliner Kesawan Kuliner Pagaruyung
Ingin menikmati kuliner khas India? Tak perlu jauh jauh pergi ke negara asalnya, di kota Medan juga ada loh! Sesuai dengan namanya, kawasan Kuliner Pagaruyung ini berada di Jalan Pagaruyung daerah Kampung Madras, tidak jauh dari Jalan Zainul Arifin, Medan. Jalanan ini akan dipadati para penjual kuliner sejak pukul 6 petang hingga lewat tenagh malam. Yang membuat kawasan kuliner Pagaruyung sangat populer adalah banyaknya pedagang yang menawarkan masakan khas India dan Nusantara dengan cita rasa kelezatan yang telah diakui sampai ke luar kota Medan. Kebanyakan menu-menu India yang ditawarkan disini adalah seperti martabak India, roti cane, atau nasi briani. Ada juga minumannya yang khas yaitu teh tarik. Yang unik, selain bisa menikmati menu makanannya, Sobat juga bisa melihat proses pembuatannya.

9. Kesawan Square

wisata kuliner Kesawan Square
Tempat Wisata Kuliner di Medan yang kita ulas terkhir ini begitu populer tentunya bagi warga Medan bukan, Ya hampir sama hal nya dengan kawasan Jalan Semarang, di Kesawan Square ini juga tergolong sebagai kawasan kulinernya kota Medan yang selalu ramai dikunjungi setiap harinya. Ada beragam makanan yang tersedia di Kesawan Square ini, mulai dari yang halal sampai dengan yang non halal. Bagi traveller yang mencari makanan halal, tidak perlu khawatir kerana disini sudah dibedakan. Tempat makan yang menyajikan menu halal menggunakan kursi warna biru beserta beberapa atribut lainnya, sedangkan untuk non halal, menggunakan atribut berwarna merah. Jadi aman kan? tidak perlu kuatir salah tempat makan.

Berada di Kesawan Square yang ada di sepanjang 800 meter ini, Soabt seakan dibawa ke masa lalu. Disini sahabt akan menikmati kuliner lezat dengan ditemanai ragam bangunan tua peninggalan masa penjajahan dan pastinya bisa menjadi pengalaman menarik. Hal tersebut karena memang Kesawan Square berada di kawasan kota lama atau lebih tepatnya di Jalan Ahmad Yani.

Demikian info bebrapa Tempat Wisata Kuliner di Medan yang Wajib Dikunjungi, semoga bermanfaat dan menjadi rekomendasi untuk para Traveller yang akan mengunjungi Sumatera Utara khususnya Kota Medan.
Baca Juga: Tempat Wisata Paling Menarik di Sumatera Utara yang Wajib Dikunjungi