Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ini Manfaat Minum Kopi Sebelum Berolahraga dan Bahaya Meminumnya di Pagi Hari

Manfaat Minum Kopi Sebelum Berolahraga

Ini Manfaat Minum Kopi Sebelum Berolahraga dan Bahaya Meminumnya di Pagi Hari

Jika selama ini Anda disarankan untuk minum air putih lebih dulu sebelum olahraga, mungkin saran minum kopi sebelum olahraga agak aneh didengar. Namun, pernahkah Anda mencoba minum kopi sebelum olahraga?

Dikutip dari boldsky.com ada banyak manfaat minum kopi sebelum olahraga. Beberapa manfaat minum kopi sebelum berolah raga adalah sebagai berikut.

Berikut Manfaat Minum Kopi Sebelum Berolahraga

1. Kebugaran

Ketika mengonsumsi minuman yang mengandung kafein dalam jumlah kecil, ini akan membantu menjaga kebugaran tubuh secara keseluruhan. Itulah kenapa minum kopi sebelum olahraga akan meningkatkan kekuatan dan kebugaran tubuh saat mengeluarkan energi selama berolahraga.

2. Membakar Lemak Dalam Tubuh

Kafein juga bisa meningkatkan kecepatan pembakaran lemak dalam tubuh. Minum kopi sebelum olahraga akan meningkatkan metabolisme dan membantu membakar kalori lebih baik selama olahraga.

3. Melancarkan Peredaran Darah

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kopi bisa meningkatkan sirkulasi darah. Kafein bisa melancarkan peredaran darah dan ini akan meningkatkan kemampuan Anda dalam berolahraga sehingga Anda lebih berenergi.

4. Meredakan Nyeri

Secangkir kopi dapat bereaksi sebagai pereda rasa nyeri secara alami. Minum kopi sebelum melakukan olahraga akan memperkecil kemungkinan nyeri atau ngilu setelah olahraga.

5. Meningkatkan Kemampuan Otak

Olahraga tidak hanya tentang kebugaran fisik, tetapi juga untuk meningkatkan kemampuan otak. Minum secangkir kopi sebelum olahraga akan membantu Anda melepaskan stres serta meningkatkan ingatan. Tubuh yang bergerak dan otak akan berhubungan erat. Kafein membantu proses ini dengan baik. Ini juga akan meningkatkan fokus dan konsentrasi Anda.

Tentu saja bukan berarti Anda bisa minum kopi kapan pun Anda mau, dan pastikan tidak minum kopi berlebihan karena apa pun yang berlebihan akan berakibat buruk untuk kesehatan, termasuk juga kopi.

Lalu Apa Bahaya Minum Kopi di Pagi Hari

Bahaya Meminumnya di Pagi Hari - Minum kopi di pagi hari biasa menjadi andalan bagi sebagian besar orang dengan alasan agar lebih bersemangat saat bekerja dan menjalani aktivitas seharian. Ternyata, kebiasaan yang banyak dilakukan sebagian besar orang selama ini, salah.

Banyak orang menganggap bahwa kopi di pagi hari adalah energy booster yang dapat menyegarkan mata dan otak. Namun, pagi hari ternyata bukanlah waktu terbaik untuk menikmati kopi seperti espresso, cappuccino, atau coffe latte. Waktu ideal untuk mulai menikmati justru setelah Anda sampai di kantor, yaitu sekitar pukul 10 pagi.

Bahaya Minum Kopi di Pagi Hari

Di pagi hari, jumlah hormon kortisol di dalam tubuh sedang tinggi-tingginya. Hormon stres inilah yang menjaga mata Anda tetap terbuka dan tingkat kewaspadaan pun tinggi. Ketika tingkat hormon kortisol tinggi, tubuh sebenarnya tidak memerlukan tambahan stimulan seperti kafein untuk menyegarkan otak dan tubuh.

Oleh karena itu, asupan tubuh dengan kafein di pagi hari justru akan memberi sinyal pada tubuh agar lebih sedikit memproduksi kortisol. Alhasil tubuh jadi ketergantungan pada kopi untuk menjaga agar mata dan tubuh tetap segar di pagi hari. Padahal, membiarkan tubuh berfungsi dengan semestinya merupakan cara yang lebih baik ketimbang dipicu faktor dari luar.

Selain itu, pastikan bahwa Anda minum kopi tidak lebih dari tiga cangkir dalam sehari dan minumlah pada saat-saat tertentu saja agar mendapatkan manfaatnya secara maksimal. Minumlah kopi pada pukul 10.00–11.00 saat produksi kortisol mulai turun dan gula darah menyebabkan tubuh sedikit lemas.

Selanjutnya, minumlah kopi saat menjelang makan siang, yaitu pukul 12.00–13.00. saat produksi kortisol kembali turun sekitar pukul 14.00–17.00 juga menjadi waktu yang baik untuk mengonsumsi kopi. Menjelang malam, tidak disarankan meminum kopi karena akan meningkatkan stimulasi otak yang efeknya bisa beberapa jam setelahnya dan menyebabkan Anda sulit tidur. 

Demikian ulasan manfaat minum kopi sebelum berolahraga dan bahaya meminumnya di pagi hari, semoga bermanfaat tetap selalu menjaga kesehatan.

Baca Juga :

Post a Comment for "Ini Manfaat Minum Kopi Sebelum Berolahraga dan Bahaya Meminumnya di Pagi Hari"