Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tempat Wisata Paling Menarik di Sumatera Utara yang Wajib Dikunjungi

Tempat Wisata Paling Menarik di Sumatera Utara

Tempat Wisata di Sumatera Utara


Sahabat semua sudah tahu tentunya ya bahwa Medan adalah ibu kota Sumatra Utara yang merupakan kota terbesar keempat di Indonesia. Selayaknya kota-kota besar lainnya, selain sebagai pusat pemerintahan dan perdagangan, Medan juga sering menjadi kota tujuan wisata bagi masyarakat Indonesia.

Tempat Wisata Paling Menarik - Keindahan kota dan alam Medan, Sumatera Utara, tentu sudah tidak diragukan lagi. Kali ini kita akan jalan-jalan keliling obyek wisata Medan dan Sumatera Utara. Kota yang memadukan budaya modern dan kolonial ini memiliki banyak spot-spot wisata yang sayang untuk Anda lewatkan. Berikut ulasan tempat wisata di Sumatera Utara yang wajib Anda kunjungi.

29 Tempat Wisata di Sumatera Utara yang Paling Menarik Dikunjungi

1. Danau Toba

Tempat wisata Paling Menarik di Sumatera Utara yang pertama adalah danau toba. Nama Danau vulkanis yang paling besar dan luas di dunia ini sudah sampai ke mancanegara. Danau ini terbentuk karena letusan gunung berapi yang teramat besar. Letusan tersebut membentuk kawah yang besar dan lama-kelamaan akan terisi air.

Danau Toba merupakan salah satu wisata alam andalan dan terpopuler di Sumatera Utara. Danau Toba mempunyai air biru jernih, dengan pegunungan hijau di sekelilingnya, dan udara yang sejuk. Di tengah Danau Toba ada sebuah pulau kecil bernama Pulau Samosir, luasnya kurang lebih 647 kilometer persegi.

Untuk menikmati indahnya danau, anda dapat berkeliling menggunakan sepeda yang dapat disewa. Keliling di sepanjang tepi danau, kegiatan yang sungguh menyenangkan. Aktivitas lain yang dapat dilakukan ketika berkunjung ke Danau Toba antara lain adalah olahraga air, berenang, dan menyewa boat untuk jelajah danau. Oh, ya, bagi anda yang ingin tinggal lebih lama di Danau Toba, dapat menyewa penginapan atau hotel yang tersedia di sekitar obyek wisata eksotis ini. Alamat : Parapat, Sumatera Utara.

2. Merdeka Walk

Merdeka Walk
Setelah Anda seharian lelah berkeliling di Medan, menjelang petang berkunjunglah ke Merdeka Walk. Merdeka Walk atau sering disebut MW, merupakan salah satu tempat wisata kuliner di Medan, hiburan, dan juga lokasi nongkrong para pemuda Medan. Di sini terdapat beragam jenis gerai makanan khas Medan, western food, dan makanan Asia.

Salah satu spot ternyaman di Merdeka Walk adalah Center Piece, yang merupakan lahan dengan banyak pepohonan rindang. Di Center Piece ini biasanya digelar pertunjukan band, rap, breakers, dan hiburan lainnya.

3. Museum Sumatera Utara

Museum Sumatera Utara
Museum Sumatera Utara berlokasi di Jalan H.M Jhoni Nomor 51, Medan. Museum ini adalah museum terbesar di Sumatera Utara yang memiliki beragam jenis peninggalan sejarah dan budaya Sumatera Utara. Museum yang berdiri di atas lahan seluas 10.468 meter persegi ini terdiri dari dua lantai yang terbagi menjadi beberapa ruangan, yaitu ruangan pameran tetap, ruang pameran temporer, ruang audio visual, dan lain-lain.

Tempat wisata Museum Sumatera Utara memiliki 6.799 koleksi yang terdiri dari hewan khas Sumatera, diorama kehidupan pra sejarah, arca peninggalan Hindu – Budha, dan peninggalan bersejarah lain.

4. Taman Nasional Gunung Leuser

Wisata Alam Taman Nasional Gunung Leuser
Tempat wisata paling menarik selanjutnya, Taman Nasional Gunung Leuser adalah sebuah area pelestarian alam yang berlokasi di 2 Provinsi yaitu Sumatera Utara dan Aceh. Selain berfungsi sebagai area pelestarian alam,

Taman Nasional Gunung Leuser juga menjadi tempat wisata alam di Sumatera Utara yang cukup menarik karena keanekaragaman fauna dan floranya.

Taman Nasional Gunung Leuser sangat cocok untuk mencari ketenangan dari keseharian suasana kota yang biasa kita rasakan.

5. Istana Maimun

Wisata Sejarah Istana Maimun
Istana Maimun berlokasi di Jalan Brigjen Katamso, Kelurahan Sukaraja. Istana Maimun dibangun oleh Sultan Deli, yaitu Sultan Mahmud Al Rasyid pada tahun 1888 dan selesai pada tahun 1891.

Dibangun dengan desain arsitektur bergaya Italia, istana dengan luas 2.777 meter persegi terdiri dari dua lantai dan terbagi menjadi tiga bangunan induk, bangunan sayap kiri juga sayap kanan. Setidaknya ada 30 ruangan dalam istana yang kental dengan pangaruh budaya Eropa.

Alamat : Jalan Brigjen Katamso, Medan.

6. Taman Bermain Hillpark Sibolangit

Taman Bermain Hillpark Sibolangit
Hillpark Sibolangit merupakan tempat wisata taman bermain terbesar di Medan. Konsep yang diangkat sebenarnya hampir sama dengan konsep dari Dufan atau Trans Studio. Anda bisa menikmati wahana mulai dari roller coaster, ferries wheel (kincir raksasa), 4D theater, serta amphitheater berkapasitas 1.200 orang untuk pertunjukan dan konser.

Selain itu, kondisi taman bermain ini cukup bersih dan memiliki udara yang sejuk. Sayangnya, Hillpark Sibolangit hanya dibuka pada hari Sabtu, Minggu, dan saat hari libur nasional. Taman bermain ini cocok untuk menghabiskan waktu liburan bersama keluarga. Anda hanya perlu membayar biaya retribusi 45.000 Rupiah.

7. Masjid Raya Medan

Wisata Rohani Masjid Raya Medan
Masjid Raya Al- Mashun merupakan tempat wisata rohani yang lebih dikenal dengan Masjid Raya Medan ini berlokasi di Jalan Sisingamangaraja Nomor 718, Medan. Masjid yang terletak di jantung kota Medan ini dibangun pada 21 Agustus 1906. Gaya bangunannya adalah campuran antara Maroko, Eropa, Melayu, dan Timur Tengah.

Bangunan masjid ini begitu unik dengan rancangan berbentuk bundar segi delapan dan memiliki empat serambi utama di bagian depan, belakang, serta samping kiri dan kanan. Kubah masjid ini berbentuk segi empat dengan dekorasi bulan sabit di ujung atapnya. Selain itu, dinding-dindingnya memiliki dekorasi floral yang dicat dengan cat minyak.

8. Salju Panas Dolok Tinggi Raja

Tempat Wisata Salju Panas Dolok Tinggi Raja
Berlokasi di Desa Dolok Tinggi Raja, Sumatera Utara, Salju Panas Dolok Tinggi Raja murupakan sebuah kawasan bukit kapur dengan warna yang unik. Mirip dengan sebuah danau, Salju Panas Dolok Tinggi Raja memiliki warna tanah yang unik yaitu bewarna putih sehingga menyerupai salju. Selain itu, di tengah-tengah kawasan ini terdapat danau air panas yang berwarna biru kehijauan.

Salju Panas Dolok Tinggi Raja adalah salah satu tempat wisata paling menarik di Sumatera Utara yang belum terkenal namun sangat menarik untuk dikunjungi, namun perlu diingat bahwa jalan menuju Salju Panas Dolok Tinggi Raja kualitasnya kurang bagus bahkan banyak warga setempat yang meminta uang.

9. Danau Siombak

Wisata Danau Siombak
Danau Siombak berlokasi di Kelurahan Paya Pasir, Medan Marelan, Medan. Danau Siombak merupakan danau buatan dengan luas mencapai 40 hektar yang terletak di antara Sungai Deli dan Sungai Terjun. Meskipun danau ini merupakan danau buatan, akan tetapi airnya sangat jernih dengan warna biru kehijauan. Hal ini ini karena di dasar danau ditumbuhi oleh lumut dan ganggang.

Anda bisa melakukan aktivitas memancing di sini. Anak-anak juga bisa berenang di kolam mini atau bermain di kolam mandi bola. Biaya masuk Danau Siombak hanya 2.000 Rupiah saja.

10. Taman Buaya Asam Kumbang

Wisata Taman Buaya Asam Kumbang
Jika Anda ingin mendapatkan pengalaman liburan yang berbeda, cobalah untuk mengunjungi Taman Buaya Asam Kumbang. Taman ini adalah taman buaya terbesar di Indonesia di mana terdapat setidaknya 2.500 buaya dengan berbagai ukuran. Selain taman buaya terbesar di Indonesia, taman buaya ini juga menjadi yang terbesar di Asia Tenggara.

Menurut informasi, tempat penangkaran ini mulanya dikelola keluarga yang memelihara beberapa jenis buaya di halaman belakang rumah mereka. Tak disangka buaya di penangkaran ini semakin banyak dan akhirnya dijadikan tempat penangkaran buaya. Lokasi dari taman buaya ini di Desa Asam Kumbang.

11. Wisata Aek Sijornih

Wisata Aek Sijornih
Aek Sijornih mungkin kurang populer di telinga wisatawan karena memang tempat ini kurang diperhatikan pemerintah. Aek Sijornih adalah sebuah tempat wisata di Sumatera Utara berupa air terjun.

Aek Sijornih adalah sebuah nama dari bahasa batak yang mempunyai arti air jernih. Berlokasi di Desa Aek Libung, Aek Sijornih terdiri dari dua buah air terjun berukuran kecil yang melewati tebing miring dengan kandungan kapur.

12. Maha Vihara Adhi Maitreya

Obyek wisata religi paling menarik yang dapat anda kunjungi tatkala liburan ke Medan adalah Maha Vihara Adhi Maitreya. Nama lain dari obyek wisata ini yaitu Vihara Cemara Asri. Ya, orang-orang menyebutnya demikian karena lokasi vihara memang berada di kompleks Perumahan Cemara Asri.

Datang ke tempat ibadah agama budha ini, tidak perlu membayar atau gratis. Akan tetapi perlu diperhatikan untuk tetap menjaga ketenangan. Suasana vihara begitu tenang, damai, asri, rapi. Vihara ini adalah yang terbesar di Indonesia dan berdiri di lahan seluas 4,5 hektar.

Di dalam vihara terdapat 3 buah patung suci, yaitu Patung Budha, Hakim Bao, serta Dewi Kwan Im. Aktivitas yang dapat dilakukan di sini selain beribadah bagi umat budha adalah mengambil foto, karena lokasinya yang indah dan menarik sebagai obyek.

Alamat : Jalan Cemara Boulevard Utara No. 8.

13. Pulau Samosir

Lokasi Wisata Pulau Samosir
Tempat wisata Pulau Samosir dengan Danau Toba menjadi satu dan tak terpisahkan karena letak pulau yang berada di tengah danau. Pesona alam yang masih alami dari Pulau Samosir menjadi daya tarik utama obyek wisata alam yang satu ini. Pulau ini memiliki tinggi 1000 meter di atas permukaan air laut.

Apa saja sih yang ada di Pulau Samosir? Di sini kita dapat belajar sejarah Suku Batak, terdapat pula baju, aksesoris, sampai dengan kain tradisional Batak yang dijual untuk wisatawan/umum. Tempat yang wajib dikunjungi tatkala berlibur di Samosir adalah Tuktuk. Tuktuk merupakan tempat persinggungan antara dua pulau yaitu Sumatera da Samosir.

Apabila kita dari Parapat, dapat naik kapal feri untuk mencapainya. Cara terbaik menikmati panorama alam eksotis Samosir adalah dengan jelajah perbukitan hijau seraya menatap pemandangan danau biru yang jernih.

Alamat : Kabupaten Samosir.

14. Air Terjun Telaga Sibolangit

Air Terjun Telaga Sibolangit Tempat Wisata Menarik di Sumatera Utara
Bagi anda yang menyukai wisata alam, tempat wisata paling menarik ini tak boleh dilewatkan. Namanya Air Terjun Telaga Dwi Warna Sibolangit atau Air Terjun Sibolangit. Jika ditempuh dari Kota Medan, butuh waktu 2 jam perjalanan.

Sibolangit adalah pegunungan dengan hawa yang segar dan keindahan alam sangat eksotis. Air terjunnya ada dalam hutan Sibolangit. Sesuai namanya, air terjun ini memang mempunyai dua warna yaitu putih untuk air hangat dan biru untuk air dingin. Jika anda berada di Sibolangit dan ingin mencapai lokasi air terjun, dapat menempuh perjalanan selama 3 jam. Oh, ya, kalau anda suka camping, bisa dilakukan di sini juga lho. Menyenangkan, bukan?

Alamat : Durin Sirugun, Kec. Sibolangit, Deli Serdang.

15. Taman Wisata Rohani Salib Kasih

Tempat Wisata Rohani Di Sumatera Utara
Monumen yang berbentuk salib ini dibangun di atas Dolok Siatas Barita. Tujuan pembangunan monumen adalah untuk mengenang jasa serta pengabdian Dr. Ingwer Ludwig Nommensen yang merupakan missionaris dari Jerman Utara. Dialah yang membawa ajaran kristen di Tanah Batak, sehingga masyarakat terbebas dari keterbelakangan peradaban dan kepercayaan animisme.

Di puncak Dolok ini, Nommensen pernah hendak dibunuh oleh warga Batak yang saat itu sedang melakukan ritual menyembah Simbaon Siatas Barita (roh alam). Pemimpin ritual meminta para pengikut untuk membunuh. Tetapi Nommensen menolak dan mengatakan roh alam adalah roh setan.

Tiket masuk Salib Kasih sebesar Rp 2.000,- per orang. Salib ini tingginya 30 meter dan berhias lampu, sehingga monumen yang berdiri di Kaki Bukit Siatas Barita itu dapat terlihat dengan jelas dari Kota Tarutung. Apa saja yang ada di Taman Wisata Rohani Salib Kasih? Ada Rumah Doa (untuk memanjatkan doa) yang berukuran kecil, tempat duduk yang biasa dipakai untuk kebaktian berkapasitas 600 orang, dan lain-lain. Salib Kasih merupakan salah satu tempat wisata rohani yang paling menarik di sumatera utara.

Alamat : Bukit Siatas Barita, Tarutung.

16. Kota Tarutung

Tempat Wisata Di Kota Tarutung
Ibukota Kabupaten Tapanuli Utara ini merupakan pusat wisata keagamaan di daerah Sumatera Utara. Kota Tarutung dengan hawa dingin dan keindahan alam mempesona, mempunyai beberapa tempat wisata menarik, diantaranya adalah pemandian air soda bernama Aek Rara Tarutung.

Perlu diketahui bahwa pemandian ini hanya ada dua buah di dunia, yang satu lagi ada di Venezuela. Selanjutnya ada Sijaba Huta Ginjang, salah satu taman wisata alam yang ada di Sumatera Utara dan menghadap ke Danau Toba, juga Taman Wisata Rohani Salib Kasih.

Alamat : Kabupaten Tapanuli Utara.

17. Air Terjun Sipiso-piso

Tempat Wisata Air Terjun Sipiso-piso
Obyek wisata alam lain yang terkenal adalah Air Terjun Sipiso-piso. Magnet dari air terjun ini yaitu letaknya yang begitu dekat dengan Gunung Sipiso-piso, tinggi air terjun sampai dengan 120 meter.

Di samping itu, kita pun dapat menyaksikan panorama alam cantik Danau Toba dari lokasi air terjun. Apabila anda ingin menikmati air terjun dari bawah, anda harus menuruni 1000 anak tangga berliku lebih dahulu.

Alamat : Desa Tongging, Kabupaten Karo.

18. Bukit Lawang

Lokasi Wisata Bukit Lawang
Lokasi wisata Bukit Lawang selalu ramai dikunjungi wisatawan. Jika menempuh perjalanan dari Kota Medan, kita akan menghabiskan waktu selama 3 jam untuk sampai ke sini. Tempat wisata yang satu ini sangat cocok bagi anda yang suka menjelajah hutan serta melihat kehidupan satwa liar secara langsung. B

ukit Lawang merupakan sejenis hutan tropis yang ada di pintu masuk Taman Nasional Gunung Leuser. Aktivitas lain yang bisa dilakukan keik berada di Bukit Lawang dalah trekking dan rafting.

Alamat : Kecamatan Bohorok, Kabupaten Langkat.

19. Gunung Sibayak

Wisata Alam Gunung Sibayak
Gunung ini adalah salah satu gunung api yang masih aktif. Keindahan alamnya menjadi daya tarik para wisatawan. Keindahan Kota Medan akan tampak jelas dari gunung ini. Dan bagi anda yang ingin menyaksikan matahari terbit atau sunset, dapat kunjungi obyek wisata ini.

Perlu diketahui bahwa Gunung Sibayak dikenal pula dengan nama Gunung Raja. Untuk mencapainya, kita dapat ke Brastagi lebih dahulu yang jaraknya 77 km dari Kota Medan dan dapat ditempuh dalam kurun waktu 2 jam. Yang ingin mendaki Gunung Sibayak dikenakan tiket seharga Rp 4.000,- per orang.

Alamat : Kecamatan Sei Bingai, Langkat.

20. Air Terjun Sigura-gura

Tempat wisata Air Terjun Sigura-gura
Air terjun paling tinggi di Indonesia dengan suara air yang dapat terdengar sampai jauh dan aliran yang deras. Ketinggiannya mencapai 250 meter dan letaknya dekat dengan Danau Toba. Memiliki hawa sejuk dan menyegarkan.

Beberapa kegiatan yang biasa dilakukan di sini adalah berkemah, rafting, mengambil foto dengan latar belakang keindahan air terjun, dan sebagainya.

Alamat : Kabupaten Toba Samosir.

21. Graha Santa Maria Annai Velangkanni

Tempat Wisata Graha Santa Maria Annai Velangkanni
Salah satu obyek wisata rohani di Medan yang terkenal. Gereja umat katolik yang mempunyai bentuk unik, mirip dengan kuil hindu. Gereja ini awalnya dibangun untuk umat katolik tamil yang ada di Kota Medan, tetapi lama-kelamaan terbuka juga untuk umum.

Annai Velangkanni (Bunda Velangkanni) dibangun dengan tujuan sebagai persembahan untuk Bunda Maria yang pernah terlihat ada di daerah pesisir Velangkanni, Tamil Nadu, India abad ke-17. Selain berdoa, di sini banyak pengunjung yang menyempatkan diri untuk mengambil gambar. Sudut lain dari tempat wisata rohani ini adalah Kapel Maria yang biasa dipakai untuk berdoa pada Bunda Maria.

Alamat : Jalan Sakura III No.7-10 Tanjung Selamat, Kecamatan Medan Tuntungan.

22. Taman Alam Lumbini

Taman Alam Lumbini
Obyek wisata alam dengan udara sejuk ini dapat dikunjungi tanpa harus bayar tiket. Lokasinya di Kaki Gunung Sibayak, mempunyai keunikan berupa pagoda paling tinggi di Indonesia. Pagodanya merupakan replika Pagoda Shwedago Myanmar.

Ciri khas ada pada stupa budha yang tingginya mencapai 46,8 meter dengan panjang 69 meter. Di sini ada 2.500 patung budha dengan cat warna kuning emas. Keliling lokasi ini akan sangat menyenangkan.

Alamat : Desa Tongkoh, Kecamatan Dolat Rakyat, Brastagi, Karo.

23. Huta Siallagan

Tempat Wisata Huta Siallagan
Ketika berkunjung ke lokasi wisata yang satu ini, dapat anda saksikan pemandangan berupa deretan rumah bolon dan sopo. Keunikan terletak pada adanya batu parsidangan, yaitu deretan kursi batu yang mengintari meja batu. Letak batu ada di tengah kampung, bawah pohon hariara yang tergolong pohon suci. Batu parsidangan terletak di 2 lokasi.

Pertama di bawah pohon, melingkar dan tertata dengan rapi yang dimanfaatkan sebagai tempat rapat. Kursinya diperuntukkan bagi raja, permaisuri, tetua adat, raja dari huta tetangga, serta orang pintar (pemilik ilmu kebatinan). Yang kedua, batu parsidangan untuk tempat eksekusi. Sebenarnya sama dengan batu parsidangan pertama, tetapi ditambah dengan batu besar panjang untuk berbaring para terdakwa yang hendak dipenggal.

24. Museum TB Silalahi

Museum TB Silalahi
Tempat wisata paling menarik di Sumatera Utara selanjutnya ada Museum TB Silahi. Apabila kita berkunjung ke museum ini, kita akan diajak untuk kenal budaya batak dengan lebih dekat. Lokasinya dekat Danau Toba, tak heran kalau panorama alamnya sungguh cantik.

Museum ini memiliki 3 lantai, dengan desain interior modern berbalut ukiran gorga. Di lantai 2 dan 3, dapat anda saksikan panorama Danau Toba dan lanskap kawasan Balige yang begitu jelas.

Alamat : Jalan Pagar Batu 88 Balige, Sumatera Utara.

25. Danau Lau Kawar

Tempat Wisata Danau Lau Kawar
Banyak gunung api yang statusnya masih aktif di nusantara ini, ada sekitar 100 buah. Salah satu gunung api yang pernah meletus dan menelan korban jiwa adalah Gunung Sinabung. Akan tetapi di balik itu semua, dekat Gunung Api Sinabung ada sebuah danau yang pesona alamnya begitu memikat bernama Danau Lau Kawar.

Danau yang memiliki keindahan alam yang berlatar belakang pegunungan dengan pepohonan rindang ini menjadi list pariwisata yang wajib dikunjungi. Tepat ini juga sering kali digunakan untuk berkemah, sangat cocok untuk liburan keluarga maupun camping bersama teman-teman.

Alamat : Desa Kuta Gugung, Kecamatan Simpang empat, Karo.

26. Menara Padang Tele Samosir

Tempat Wisata Menarik
Untuk menikmati indahnya Danau Toba dan Pulau Samosir memang dapat dilakukan dari berbagai lokasi. Salah satunya adalah dari Menara Padang Tele Samosir.

Tempat ini menjadi tempat paling pas untuk melihat semua keindahan pulau samosir. Lokasinya yang berada di ketinggian di tambah lagi menara yang bertingkat-tingkat ini membuat siapa saja yang melihat keindahan pulau samosir dari tempat ini akan terkagum-kagum. Terutama pada saat matahari terbenam, akan menambah view yang luar biasa bagusnya. Keindahan danau toba dan pulau samosir akan tergambarkan dari menara padang tele samosir ini.

27. Pantai Pandan

Tempat Wisata Menarik
Wisata Pantai Pandan memiliki ombak yang biru bergulung dengan hamparan pasir lembut. Wisata pantai menjadi salah satu lokasi wisata favorit bagi semua orang. Indonesia yang merupakan negara kepulauan, tak heran kalau punya banyak pantai nan indah dan menarik untuk dikunjungi. Salah satunya adalah Pantai Pandan ini.

View yang cukup indah membuar para pengunjung akan betah beralama-lama dan kembali lagi untuk menikmati keindahan laut yang cukup mempesona. Pastinya pantai ini akan sangat menarik untuk di jarikan surfing para peselancar.

28. Danau Linting

Tempat Wisata Menarik
Di Sumatera Utara ternyata tak hanya obyek wisata Danau Toba yang memiliki keindahan alam nan eksotis. Bergeser sedikit dari lokasi Danau Toba, kita akan jumpai sebuah danau dengan warna hijau kebiruan dan alam sekitar yang asri sejuk bernama Danau Linting.

Bagi anda yang ingin relaksasi sambil bersantai memanjakan mata, sangat tepat memilih destinasi wisata ini. Keindahan alam di Danau Linting cukup berbeda dengan danau lainnya, karena air yang sedikit berwarna hijau toska ini cukup menarik perhatian para pengunjung.

29. Air Terjun Sikulikap

Tempat Wisata Menarik
Tempat wisata paling menarik di Sumatera Utara yang terakhir adalah Air Terjun Sikulikap. Untuk mencapai lokasi Air Terjun Sikulikap, kita harus menempuh perjalanan dari gapura Air Terjun Sikulikap di sebelah kiri jalan dekat Gerbang Selamat Datang di Kabupaten Karo. Turun lewat anak tangga tak jauh dari gapura tersebut, butuh waktu sekitar 20 menit.

Setelah melewati hutan, barulah sampai di Air Terjun Sikulikap. Air terjun dengan ketinggian 30 meter ini memiliki banyak tebing di sekeilingnya. Banyak yang menggunakan tebing-tebing tersebut untuk olahraga panjat tebing.
Demikian info tentang Tempat Wisata Paling Menarik di Sumatera Utara yang Wajib Dikunjungi, semoga menjadi tempat destinasi anda untuk berwisata di Sumatera Utara sobat Traveller.
Baca Juga: